Logo Lintasterkini

Rektor UMI Ajak Civitas Akademika Teladani Sifat Nabi Muhammad SAW

Abdul Gaffar Mattola
Abdul Gaffar Mattola

Senin, 28 November 2016 19:32

UMI Makassar menggelar Maulid Nabi Muhammad SAW sekaligus seminar internasional.
UMI Makassar menggelar Maulid Nabi Muhammad SAW sekaligus seminar internasional.

MAKASSAR – Keluarga Besar Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar memperingati Maulid Nabi Besar Muhammad SAW 1438 Hijriyah di Auditorium Al-Jibra, Senin (28/11/2016).  Peringatan Maulid Rasulullah sekaligus dirangkai dengan kegiatan seminar internasional ini bertema ‘Spiritualisme Islam Mengenang Kembali Hakikat Maulid Rasul Melalui Al-Qur’an dan Hadits’.

Rektor UMI Prof Dr Hj Masrurah Mokhtar, MA mengatakan, kegiatan memperingati Maulid Rasulullah Muhammad SAW tersebut bertujuan memperbaiki ahlak budi pekerti manusia melalui dua pusaka besar yaitu Al-Qur’an dan Al-hadits.

“Dalam Islam mengajarkan kita mengikuti dan menjalankan ahlak Rasulullah SAW, khususnya bagi mahasiswa dan civitas akademika UMI perlu menteladani akhlakulkarimah junjungan kita Rusulullah Muhammad SAW,” papar Masrurah dalam sambutanya.

Lebih lanjut Rektor UMI dua periode ini menjelaskan, peringatan Maulid Nabi sudah menjadi tradisi yang rutin dilaksanakan dalam lingkup UMI Makassar. Untuk itu, setiap peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW harus ada pesan dan kesan yang dapat diperoleh sebagai hikmah dan harus diimplementasikan dalam kehidupan bermasyarakat.

“Banyak hikmah dan tauladan yang dapat diambil dari kisah kehidupan dan perjalanan Rasulullah Muhammad SAW dalam berbagai aspek kehidupan yang bernilai ibadah di sisi Allah SWT,” tuturnya.

Selain itu, mantan Dekan Fakultas Sastra UMI ini menambahkan, kegiatan ini sebagai bentuk kesyukuran atas prestasi yang disandang UMI selama ini. Menurutnya, berbagai prestasi yang ditorehkan mahasiswa UMI merupakan hal yang patut disyukuri.

“UMI saat ini mengalami kemajuan pesat. Ini sebabnya kita imbangi dengan kegiatan Islami, juga menteladani sifat Nabi dan Rasul,” ungkapnya.

Dalam kegiatan tersebut, pembawa hikmah maulid yakni Pembina Jamiyatul Islamiyah, KH. Dr. Aswin Rose Yusuf. Dia mengatakan, zaman modern sekarang banyak yang hanya memikirkan urusan duniawi semata, tanpa memikirkan akhirat. Menteladani sifat Rasululullah, kata dia, sangat penting untuk mengingatkan kita pada akhirat kelak. (*)

 Komentar

 Terbaru

Pendidikan18 April 2024 10:50
Ide Gagasan paling Rasional, Ivan Kalalembang Didukung Sejumlah Angkatan 
MAKASSAR – Calon Ketua IKA SMA Negeri 8 Makassar (Smandel) Ivan Kalalembang telah mendapatkan dukungan sejumlah angkatan. Dengan demikian dipast...
Hukum & Kriminal18 April 2024 10:40
Polres Sidrap Bekuk TO Kasus Pencurian dengan Pemberatan
SIDRAP – Tim Resmob Satuan Reserse Kriminal (Sat Reskrim) Polres Sidrap berhasil mengungkap kasus pencurian dengan pemberatan yang terjadi di dua lo...
News18 April 2024 07:36
Halal Bihalal IKA SMANSA 81 Momentum Lepas Rindu Sesama Alumni
MAKASSAR – Alumni SMAN 1 Makassar berkumpul dan melepas rindu di kediaman pribadi Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto Jalan Amirullah, Rabu (...
News17 April 2024 21:38
Jelang Masa Kepemimpinan AIH Berakhir, BKPSDM Pinrang Pastikan Tidak Ada Mutasi
PINRANG — Kabar akan adanya mutasi atau pergeseran jabatan di Lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pinrang jelang berakhirnya masa jabatan Bupa...