Logo Lintasterkini

Kapolda Sulsel Apresiasi MUI Sulsel Soal Maklumat Bagi Pengantar Jenazah

Muh Syukri
Muh Syukri

Sabtu, 29 Januari 2022 19:48

Kapolda Sulsel, Irjen Pol Nana Sudjana saat melakukan kunjungan silaturahmi ke MUI Sulsel di Sekretariat MUI Sulsel Jalan Masjid Rayat, Jumat (28/1/2022)
Kapolda Sulsel, Irjen Pol Nana Sudjana saat melakukan kunjungan silaturahmi ke MUI Sulsel di Sekretariat MUI Sulsel Jalan Masjid Rayat, Jumat (28/1/2022)

MAKASSAR – Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sulsel sebenarnya sudah pernah mengeluarkan maklumat terkait dengan pengantar jenazah. MAklumat itu dirilis pada 12 November 12 lalu yang mengimbau agar pengantar jenazah mematuhi aturan lalu lintas dan beradab saat di jalan raya.

Hal ini pun mendapat tanggapan positif dari Kapolda Sulsel Irjen Pol Nana Sudjana. Orang nomor satu di Polda Sulsel ini, mengapresiasi MUI Sulsel yang telah membantu aparat kepolisian untuk menertibkan kegiatan pengantaran jenazah.

Hal itu disampaikan Kapolda Sulsel, Irjen Pol Nana Sudjana saat melakukan kunjungan silaturahmi ke MUI Sulsel di Sekretariat MUI Sulsel Jalan Masjid Rayat, Jumat (28/1/2022) kemarin. Ia mengaku, dengan dukungan dari MUI Sulsel diharapkan para pengentar jenazah tidak lagi ugal-ugalan di jalanan yang bisa membahayakan pengendara lainnya.

“Selanjutnya, kami akan perketat pengawalan mulai dari tingkat kecamatan dengan meningkatkan pengawalan untuk pengantaran jenazah hingga ke daerah. Pengawealan ini gratis,” ujar Irjen Pol Nana Sudjana.

Selain membahas soal pengantar jenazah, Kapolda Sulsel juga berharap dukungan penuh pengurus dan tokoh ulama MUI untuk percepatan vaksinasi yang diprogramkan oleh Pemprov Sulsel. Dijelaskan, target vaksin pertama harus direalisasikan secepatnya mengingat Sulsel masuk rangking vaksin ke-23 terendah di Indonesia.

Diungkapkan mantan Kapolda Sulut, salah satu faktor rendahnya vaksinasi di Sulsel akibat adanya berita hoax yang tersebar di masyarakat. “Padahal vaksin itu tujuannya sangat baik,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua Umum MUI Sulsel Prof. Najamuddin MA mengaku siap membantu dan bersinergi dengan Polda Sulsel. Termasuk selalu memberikan imbauan positif kepada para masyarakat terkait pengantaran jenazah yang baik dan tidak mengganggu pengendara lainnya.

Terkait dengan program vaksinasi, pihaknya juga menyampaikan program vaksin dilakukan MUI Sulsel bersama ormas lintas agama untuk lansia sebanyak 2.000 orang melalui Forum Kemanusiaan Lintas Agama (FKLA) Sulsel.

FKLA merupakan forum yang diprakarsai oleh MUI Sulsel yang bergerak di bidang kemanusiaan. Forum ini terdiri dari semua ormas lintas agama di Sulsel.

Dikatakan, pihaknya juga meminta bantuan stok vaksin dari Polda Sulsel untuk pengadaan vaksin baksos FKLA yang rencananya akan di gelar pada 10 Februari mendatang untuk menyambut Hari Imlek.

Pengurus MUI yang hadir KH Ruslan Wahab MA (Ketua Bidang Fatwa MUI) dan Ir H Andi Thaswin Abdulllah (Bendahara Umum MUI). Hadir Juga Direktur Intel Polda Kombes Pol Yudi Hermawan dan Dirbinmas Polda Sulsel Kombes Pol Andi Heru Santo. (*)

 

 Komentar

 Terbaru

News16 Mei 2022 07:49
40 Tahun Wafatnya Hadji Kalla dan Hj. Athirah, Masyarakat Mengenang Berbagai Keteladanan Beliau
Rangkaian acara haul ini diantaranya terdiri dari, khataman Quran, pembacaan Ayat Suci AlQuran, pembacaan surat yasin & tahlil, sambutan keluarga oleh...
Hukum & Kriminal16 Mei 2022 07:08
Soal Lebam di Jenazah Bandar Sabu 2 Gram, Polisi Belum Bisa Jelaskan Penyebabnya
Hanya saja saat ditanya terkait lebam di tubuh Arfandi, Kasat Narkoba Polrestabes Makassar Kompol Doli Martua yang ditemui wartawan saat release kasus...
Hukum & Kriminal16 Mei 2022 03:49
Remaja Tewas Usai Ditangkap Polrestabes Makassar, Polisi Sebut Bandar, Barang Bukti 2 Gram
Dari video jenazah yang diperoleh wartawan di RS Bhayangkara, terdapat luka lebam di sejumlah tubuhnya. Antara lain, wajah, dan lengannya....
Hukum & Kriminal15 Mei 2022 13:42
Tiga Pelaku Tawuran Ditangkap, Mereka Ketakutan dan Sembunyi di Kolong Ranjang
Aparat kepolisian mengamankan tiga orang pelaku tawuran di Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel). Mereka diringkus usai menerobos masuk ke rumah warga d...