Logo Lintasterkini

MPR RI Sosialisasi Empat Pilar di UIN Alauddin Makassar

Abdul Gaffar Mattola
Abdul Gaffar Mattola

Rabu, 29 Maret 2017 00:23

Sosialisasi empat pilar MPR RI.
Sosialisasi empat pilar MPR RI.

MAKASSAR – Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI menggelar sosialisasi empat pilar, Selasa (28/3/2017), dengan UIN Alauddin Makassar selaku tuan rumah. Kegiatan sosialisasi empat pilar ini diikuti oleh 100 mahasiswa dari 15 Universitas di Sulawesi Selatan.

Sulawesi selatan merupakan salah satu provinsi yang kali pertama di tahun 2017 diselenggarakannya Sosialisasi Empat Pilar. Sebelumnya di tahun 2016 telah dilaksanakan di tiga provinsi.

Sosialisasi empat pilar ini yang diselenggarakan langsung MPR RI ini dengan metode outbond. Adapun narasumber terdiri dari Pimpinan dan Anggota MPR RI sebanyak 15 orang.

Sejumlah Perguruan Tinggi yang berpartisipasi dalam kegiatan ini yakni dari UIN, Unhas, UNM, UIM, Unismuh, UMI, STIE Nobel, Universitas Bosoa 45, YPUP MAkassar, STMIK Akba, Institut Parahikma, Universitas Patria Artha, STAI Yapis Takalar, IAIN Sinjai dan STAIN Palopo.

Kegiatan ini berlangsung dari tanggal 24 Maret – 26 Maret 2017 di Hotel Four Points By Sheraton Makassar, yang meliputi, free tes, pos tes, silaturrahmi serta sosialisasi, penyampaian materi, diskusi atau study kasus, outbond, dan renungan.

Sosialisasi empat pilar MPR RI dengan metode outbond dilakukan dengan memadukan kegiatan yang sifatnya pengetahuan tentang nilai-nilai dan norma fundamental yang diselingi dengan permainan pembangunan yang lebih rileks dan menyenangkan. Metode ini dimaksudkan agar perpaduan tersebut dapat lebih mudah dicerna dan dipahami oleh para peserta.

Rektor Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Prof. Dr. H. Musafir, M.Si mengatakan bahwa dengan diadakannya sosialisasi Eempat pilar MPR RI, dirinya merasa bangga bisa menjadi tuan rumah dalam pelaksanaan kegiatan sosialisasi ini. Ia berharap, agar kegiatan ini dapat menambah dan memperluas wawasan kebangsaan mahasiswa, mempererat rasa persatuan dan kesatuan, serta tali silaturrahmi antar Mahasiswa.

Dengan begitu, tambah Rektor UIN Alauddin ini lagi, sehingga dapat mendorong terbentuknya kader-kader muda penerus bangsa yang memiliki integritas terhadap bangsa dan negara, serta memiliki nasionalisme dan petriotisme.

“egiatan ini merupakan langkah konkrit MPR RI dalam rangka mengembangkan sasaran sosialisasi, agar nilai-nilai dan norma fundamental negara dapat diketahui dan dipahami oleh mahasiswa dan generasi muda,” kata Pimpinan Badan Sosialisasi Prof. Dr. Bachtiar Aly, MA, yang sekaligus memberikan sambutan dan membuka secara resmi kegiatan ini. (*)

 Komentar

 Terbaru

Bersama Melawan Covid-1930 Juli 2021 00:02
Sinergitas dengan Kampus, Kapolrestabes Makassar Ajak Mahasiswa Vaksin
Witnu juga menambahkan bahwa semoga vaksin yang disalurkan untuk mahasiswa STMIK Handayani akan mencover sehingga tidak mudah untuk terpapar pandemi c...
Hukum & Kriminal29 Juli 2021 23:48
Polda Sulsel Akhirnya Tetapkan Tersangka Kasus Dugaan Korupsi RS Batua Makassar
MAKASSAR– Kasus dugaan korupsi proyek RS Batua Makassar terus berlanjut dalam penyelidikan polisi. Kali ini, Kepolisian Daerah (Polda) Sulsel ki...
News29 Juli 2021 23:09
Plt Gubernur Apresiasi Kakek 67 Tahun di Makassar yang Bersepeda Belasan Kilo demi Vaksinasi
MAKASSAR– Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, menemui seorang kakek yang rela bersepeda untuk mendapatkan vaksin. Perjuangannya diapres...
News29 Juli 2021 22:53
Wali Kota Makassar Bakal Naikkan Insentif Satgas Pengangkut Jenazah Corona
MAKASSAR– Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan (Danny) Pomanto akan menaikkan insentif tim satgas pengangkut jenazah covid-19. Tingginya kasus kemati...