Logo Lintasterkini

Pemkab Pinrang Segera Berlakukan Pajak Air Tanah

Aroelk Lintas Terkini
Aroelk Lintas Terkini

Senin, 29 April 2024 11:00

Asisten III Bidang Administrasi Umum Setda Kabupaten Pinrang Syamsumarlin
Asisten III Bidang Administrasi Umum Setda Kabupaten Pinrang Syamsumarlin

PINRANG — Penarikan Pajak dari pemanfaatan air tanah khususnya yang digunakan untuk kepentingan bisnis akan segera diberlakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pinrang. Hal ini sebagai tindak lanjut dari Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Pinrang nomor 1 tahun 2024 tentang retribusi dan pajak daerah yang saat ini mulai disosialisasikan.

Pemasukan dari Pajak Air Tanah (PAT) ini nantinya diharapkan bisa ikut mendongkrak Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Pinrang.

Asisten III Bidang Administrasi Umum Setda Kabupaten Pinrang Syamsumarlin mengatakan, pajak air tanah merupakan pajak yang cukup prospektif, lantaran pemanfaatan air tanah yang terus meningkat dan dari waktu ke waktu.

“Pajak ini dikenakan kepada pengguna yang memanfaatkan air tanah untuk tujuan dan kepentingan komersil atau usaha, bukan pada konsumen biasa seperti rumah dan keperluan pribadi,” jelas Syamsumarlin.

Mantan Kabag Organisasi Setda Kabupaten Pinrang ini mencotohkan, PAT ini nantinya akan ditarik dari usaha seperti pencucian kendaraan, laundry, air galon isi ulang,perhotelan dan lainnya sesuai ketentuan yang ditetapkan.

“Sekarang Perda yang mengatur masih tahap sosialisasi. Semoga kebijakan ini dapat meningkatkan pendapatan daerah,” ungkapnya. (*)

 Komentar

 Terbaru

Peristiwa16 Juni 2024 20:38
BREAKING NEWS – Malam Takbiran, Rumah Warga di Jalan Muhajirin Terbakar
MAKASSAR  – Kebakaran menimpa rumah warga di Jalan Muhajirin 1 lorong 1, Kelurahan Mangasa Kecamatan Tamalate, Kota Makassar, Minggu (16/6/2024...
News16 Juni 2024 12:08
Polres Sidrap Intensifkan Penindakan Pengendara Mobil di Jalan Raya
SIDRAP, – Setelah melakukan penertiban terhadap pengendara sepeda motor, Satuan Lalu Lintas (Sat Lantas) Polres Sidrap kini mengalihkan fokus me...
News16 Juni 2024 03:49
Astra Motor Sulsel Intens Tumbuhkan Generasi #Cari_Aman Kepada Pelajar
MAKASSAR – Astra Motor Sulawesi Selatan selaku main dealer sepeda motor Honda untuk wilayah Sulawesi Selatan, Barat, Tenggara, dan Ambon, intens...
Ekonomi & Bisnis15 Juni 2024 23:05
Pembukaan Kalla Toyota Expo, Pengunjung Membeludak Ingin Melihat Rangga
MAKASSAR – Toyota Expo by Kalla Toyota resmi dibuka. Pameran otomotif kali ini hadir dengan tema Rangga, Ekspresikan Dirimu. Event kali ini akan...