Logo Lintasterkini

Polres Barru Gagalkan Upaya Penyelundupan 30 Kg Sabu

Muh Syukri
Muh Syukri

Senin, 29 April 2024 15:06

Penampakan barang bukti yang diamankan. (ist)
Penampakan barang bukti yang diamankan. (ist)

BARRU  Aparat Polres Barru menggagalkan upaya penyeludupan narkotika jenis Methamphetamine atau sabu-sabu, Rabu (24/4/2024) lalu.  Upaya penyeludupan ini terjadi di Pelabuhan Awerrange, Kecamatan Soppeng Riaja Kabupaten Barru.

Informasi yang dihimpun, awalnya ada informasi bahwa adanya upaya penyeludupan narkoba yang akan masuk melalui pelabuhan di Kabupaten Barru.

Menerima infomrasi itu, Kapolres Barru AKBP Dodik Susianto, S.I.K langsung menginstruksikan jajaran Satuan Reserse Narkoba untuk melakukan penyelidikan pada dua pelabuhan yakni Pelabuhan Garongkong dan Pelabuhan Awerrange.

Menindak lanjuti instruksi, Kanit Opsnal Resnarkoba Polres Barru Ipda Khaeruddin dan Tim melakukan penyelidikan di Pelabuhan Awerrange, sekitar pukul 07.15 Wita. Selanjutnya, Ipda Khaeruddin memberi informasi kepada Kasat Resnarkoba Iptu Boby Bahwa ada kapal KLM Bukit Arafah yang memuat rumput laut dan kiriman barang berupa paket dari Tarakan Kalimatan Utara.

Pukul 09.00 Wita, Kasat Resnarkoba Iptu Boby tiba di Pelabuhan Awerrange dan langsung menuju kapal KLM Bukit Arafah bertemu dengan Kanit Opsnal Ipda Khaeruddin dan Tim yang sedang melakukan pemerikasaan terhadap barang kiriman. Hasil pemeriksaan menemukan 3 box barang kiriman yang dicurigai berisikan narkoba jenis sabu-sabu.

Berselang tiga jam, sekitar pukul 12.30 Wita, pelaku yang berinisial MZN datang dengan mengendarai mobil Honda Brio merah dengan nomor plat B 1783 XX. Setelah memarkir mobil, MZN menghampiri salah satu ABK (Anak buah kapal) dan mengambil 1 box paket berwana putih, kemudian menyimpannya di bagasi mobil.

Selanjutnya, anggota Reserse Narkoba Polres Barru menghampiri dan menanyakan apa isi box yang diambilnya. Pelaku kemudian diamankan dan diperintahkan untuk membuka box dan ditemukan 3 bungkusan dengan kemasan sanck durian, dari dalam kemasan ditemukan bongkahan kristal putih yang diduga narkoba jenis sabu.

Kemudian Tim langsung mengamankan pelaku dan memanggil seorang ABK KLM Bukit Arafah berinisial BA.

BA mengatakan bahwa masih ada 2 kotak lainnya milik MZN di atas kapal. Tim ditemani ABK kemudian mengambil semua paket yang masih ada di atas kapal. Pelaku MZN membenarkan bahwa paket itu yang dia akan jemput.

Paket yang diamankan oleh Satuan Reserse Narkoba Polres Barru, terdiri dari 1 box ukuruan kecil dengan isi 3 bungkus sabu, 1 box ukuran sedang dengan isi 4 bungkus, dan 1 box ukuran besar dengan isi sekitar 23 bungkus.

Jumlah keseluruan adalah 30 bungkus sabu dengan berat timbangan 30 Kilogram.

Setelah pelaku dan barang bukti diamankan, Kasat Resnarkoba Iptu Boy menghubungi Kanit Idik 1 Iptu Mudhaffar beserta Tim untuk merapat ke Pelabuhan Awerrange untuk membantu melakukan penyelidikan dan pengembangan.

Saat ini pelaku dan barang bukti diamankan di Polres Barru untuk pengembangan penyelidikan. (*)

 Komentar

 Terbaru

Ekonomi & Bisnis15 Juli 2024 18:40
Ekspansi ke IKN, Kalla Beton Turut Berkontribusi Dalam Pembangunan Infrastruktur
PENAJAM – Kalla Beton terus melakukan ekspansi bisnis di berbagai wilayah. Selain di wilayah Sulawesi, kini perusahaan manufaktur milik KALLA in...
Pemerintahan15 Juli 2024 17:21
Pembangunan Gedung Makassar Government Center Siap Dilanjutkan ke Tahap Kedua
MAKASSAR – Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto mengatakan pembangunan gedung Makassar Government Center atau MGC siap dilanjutkan ke tahap ke...
Pemerintahan15 Juli 2024 13:52
Dorong Kreatifitas Program Kerja Remaja Masjid, Kesra Makassar Beri Pelatihan
MAKASSAR – Bagian Kesejahteraan Masyarakat (Kesra) Sekretariat Daerah Kota Makassar memberi pelatihan kepada 1.500 remaja masjid di Kota Makassa...
Pemerintahan15 Juli 2024 11:11
Sukses Terselenggara, Event Beautiful Malino 2024 Berhasil Tarik Minat Pengunjung
GOWA – Pelaksanaan Beautiful Malino 2024 yang digelar sejak tanggal 12-14 Juli 2024 berjalan lancar dan meriah. Kegiatan yang dipusatkan di Huta...