Logo Lintasterkini

Kas Pemprov Sulsel Tekor Rp1,96 M, Hilang di 3 OPD

Andi Nur Isman
Andi Nur Isman

Sabtu, 29 Mei 2021 12:04

Kas Pemprov Sulsel Tekor Rp1,96 M, Hilang di 3 OPD

MAKASSAR — Pemprov Sulsel mendapat catatan kurang baik. Ada anggaran sebesar Rp1,96 miliar tidak disetor ke kas daerah. Terjadi di tiga Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Catatan tersebut diungkapkan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) sesuai isi Laporan Hasil Pengawasan (LHP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Pemprov Sulsel Tahun Anggaran 2020.

Kepala BPK RI Perwakilan Sulsel, Wahyu Triono mengatakan, pemeriksaan lebih lanjut atas sisa kas tersebut sudah tidak ada di bendahara pengeluaran.

Sehingga hal ini tidak memenuhi definisi kas di bendahara pengeluaran sebagaimana yang dinyatakan dalam standar akuntansi pemerintah.

“Adanya sisa kas sebesar Rp1,96 miliar yang merupakan kas di bendahara pengeluaran pada tiga OPD yang belum disetorkan ke kas daerah sampai dengan 31 Desember tahun 2020. Pemeriksaan lebih lanjut atas sisa kas tersebut sudah tidak dikuasai oleh bendahara pengeluaran,” katanya.

Dia mengemukakan, posisi saldo di kas bendahara pengeluaran untuk tiga OPD tidak menunjukkan keadaan yang sebenarnya hingga (31/12/2020). Padahal seharusnya masih ada saldo kas.

“Tapi uangnya sudah enggak ada. Sudah nggak tahu di mana, sudah digunakan mana. Itu ada di satuan, kemudian ada di Badan Penghubung dan ada di Dinas PU. Totalnya ketiga OPD itu ada kekurangan kas atau kas tekor 1,96 miliar,” ujarnya.

Terpisah, untuk tiga OPD yang dinilai bermasalah tersebut, Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman meyebutkan, belum mengetahui secara pasti.

“Saya belum baca (LHP, red). Kan baru diserahkan. Saya belum dikasih. Saya tidak bisa melihat pemeriksaan sampai diserahkan. Nanti kita lihat setelahnya,” tutur pria kelahiran Bone itu.

Namun, dia mengatakan akan melakukan evaluasi dan perbaikan-perbaikan sesuai yang direkomendasikan oleh pihak BPK.(*)

 Komentar

 Terbaru

Hukum & Kriminal25 Juli 2021 20:12
Gara-gara Tersinggung, Dua Pria di Pinrang Aniaya Tiga Pemuda Pakai Celurit
PINRANG– Dua pria di Kabupaten Pinrang diamankan jajaran Resmob Satreskrim Polres Pinrang lantaran telah melakukan pengeroyokan. Kedua pria itu ...
Hukum & Kriminal25 Juli 2021 16:24
Kenalan Lewat Game Online, Pemuda Sidrap Setubuhi dan Bawa Lari Gadis di Bawah Umur
MAKASSAR– Unit Jatanras Kepolisian Resor Kota Besar Makassar berhasil mengamankan seorang pemuda yang melarikan anak di bawah umur. Pelaku adala...
News25 Juli 2021 13:27
Besok, Makassar Sudah Terapkan PPKM Level IV, Apa Saja yang Dibatasi?
Dalam rapat tersebut terungkap penerapan PPKM level IV juga akan diberlakukan di Sulawesi Selatan ( Sulsel ). Untuk di Makassar, pemberlakuan dilaksan...
News25 Juli 2021 13:04
Si Jago Merah Hanguskan Tempat Laundry di Makassar, 11 Damkar Diterjunkan
MAKASSAR– Si jago merah kembali mengamuk dan menghanguskan sebuah rumah warga di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Ahad (25/7/2021) sekitar pukul...