Logo Lintasterkini

Penularan Capai 8.290 Kasus Sehari, Malaysia Putuskan Lockdown Total

Andi Nur Isman
Andi Nur Isman

Sabtu, 29 Mei 2021 11:35

Foto: AP/Vincent Thian
Foto: AP/Vincent Thian

KUALA LUMPUR — Malaysia dalam kondisi darurat Covid-19. Penularan mencatat rekor dengan 8.290 kasus pada Jumat (28/5/2021) kemarin.

Perdana Menteri Malaysia Tan Sri Muhyiddin Yasin pun memutuskan untuk melakukan lockdown secara total pada (1-14/5/2021).

Sebelumnya, Direktur Jenderal Kesehatan Tan Sri Dr Noor Hisham Abdullah melalui akun Twitternya mengumumkan bahwa 8.290 kasus Covid-19 baru tersebut merupakan yang tertinggi yang pernah tercatat.

Dengan penambahan tersebut, Malaysia mencatat total kasus Covid-19 sebanyak 549.514 kasus.

Dilansir dari Malay Mail, selama masa lockdown, semua kegiatan sosial dan ekonomi dilarang. Kantor Perdana Menteri mengumumkan, hanya sektor ekonomi dan jasa penting yang dapat beroperasi selama masa lockdown.

NSC atau Majelis Keselamatan Negara Malaysia lah yang akan mendaftar sektor yang boleh beroperasi. Perdana Menteri mengatakan, jika lockdown fase satu berhasil mengurangi kasus harian Covid-19, pemerintah akan melanjutkan ke fase kedua.

“Fase Dua akan memungkinkan pembukaan kembali sektor ekonomi yang tidak melibatkan pertemuan massal dan di mana jarak fisik dapat dipertahankan,” kata Perdana Menteri seperti dikutip Malay Mail.

Fase Dua ini menurut rencana akan berlangsung selama empat minggu, sebelum akhirnya diberlakukan Fase Ketiga.

“Setelah berakhirnya lockdown fasa kedua, langkah seterusnya ialah memasuki fasa ketiga, yaitu melaksanakan Perintah Kawalan Pergerakan (PKP) seperti pada masa sekarang,” kata Perdana Menteri Muhyidin.

Fase Ketiga ini masih melarang semua aktivitas sosial, namun memperbolehkan aktivitas hampir semua sektor ekonomi, namun tetap menggunakan SOP yang ketat dengan membatasi kehadiran fisik di tempat kerja.

PM Muhyidin mengatakan, keputusan untuk berpindah antar fase akan bergantung pada penilaian risiko Kementerian Kesehatan berdasarkan kasus Covid-19 baru dan kemampuan sistem kesehatan publik negara itu untuk merawat orang yang terinfeksi.(*)

 Komentar

 Terbaru

Hukum & Kriminal25 Juli 2021 21:23
Tak Diberi Uang Saat Mau Gadai Barang, Penjual Ikan di Pinrang Tikam Korbannya Pakai Badik
PINRANG– Seorang pria berinisial NA 34 tahun di Kabupaten Pinrang diringkus polisi usai melakukan penganiayaan dengan menikam korbannya mengguna...
Hukum & Kriminal25 Juli 2021 20:12
Gara-gara Tersinggung, Dua Pria di Pinrang Aniaya Tiga Pemuda Pakai Celurit
PINRANG– Dua pria di Kabupaten Pinrang diamankan jajaran Resmob Satreskrim Polres Pinrang lantaran telah melakukan pengeroyokan. Kedua pria itu ...
Hukum & Kriminal25 Juli 2021 16:24
Kenalan Lewat Game Online, Pemuda Sidrap Setubuhi dan Bawa Lari Gadis di Bawah Umur
MAKASSAR– Unit Jatanras Kepolisian Resor Kota Besar Makassar berhasil mengamankan seorang pemuda yang melarikan anak di bawah umur. Pelaku adala...
News25 Juli 2021 13:27
Besok, Makassar Sudah Terapkan PPKM Level IV, Apa Saja yang Dibatasi?
Dalam rapat tersebut terungkap penerapan PPKM level IV juga akan diberlakukan di Sulawesi Selatan ( Sulsel ). Untuk di Makassar, pemberlakuan dilaksan...