Logo Lintasterkini

Siswa Tak Lulus PPDB di Makassar Difasilitasi Masuk Sekolah Swasta Gratis

Andi Nur Isman
Andi Nur Isman

Selasa, 29 Juni 2021 12:27

Siswa Tak Lulus PPDB di Makassar Difasilitasi Masuk Sekolah Swasta Gratis

MAKASSAR — Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Makassar membuka opsi pendidikan gratis di sekolah swasta. Sebagai upaya memberi keringanan kepada mereka yang tidak lolos PPDB.

Seperti diketahui, ribuan siswa sudah dipastikan tak bisa masuk sekolah negeri. Sebab, kapasitas sekolah negeri di Makassar masih minim. Khususnya sekolah menengah pertama (SMP).

“Kami sudah berkoordinasi dengan pihak swasta, sudah ada kurang lebih 150 sekolah swasta yang siap menampung, bahkan komitmen untuk gratis,” kata Plt Kepala Dinas Pendidikan, Nielma Palamba, Selasa (29/6/2021).

Namun tidak semua sekolah swasta bisa memberi fasilitas tersebut. Makanya, pihaknya juga sudah meminta ada keringanan dalam pembayaran.

Kata Nielma, ada beberapa sekolah yang siap menampung dengan SPP Rp100.000 hingga Rp150.000 per siswa.

Nielma mengakui, masih banyak siswa yang tak bisa tertampung di sekolah negeri lantaran tidak berimbangnya jumlah SD dan SMP di Kota Makassar. Ditambah lagi persaingan yang cukup ketat antarpelajar.

“Orang tua tidak usah kecewa, karena sekarang swasta atau negeri juga hampir sama. Selain itu pandemi Covid ini membatasi jumlah siswa dalam satu kelas,” ujarnya.(*)

 Komentar

 Terbaru

Bersama Melawan Covid-1930 Juli 2021 00:02
Sinergitas dengan Kampus, Kapolrestabes Makassar Ajak Mahasiswa Vaksin
Witnu juga menambahkan bahwa semoga vaksin yang disalurkan untuk mahasiswa STMIK Handayani akan mencover sehingga tidak mudah untuk terpapar pandemi c...
Hukum & Kriminal29 Juli 2021 23:48
Polda Sulsel Akhirnya Tetapkan Tersangka Kasus Dugaan Korupsi RS Batua Makassar
MAKASSAR– Kasus dugaan korupsi proyek RS Batua Makassar terus berlanjut dalam penyelidikan polisi. Kali ini, Kepolisian Daerah (Polda) Sulsel ki...
News29 Juli 2021 23:09
Plt Gubernur Apresiasi Kakek 67 Tahun di Makassar yang Bersepeda Belasan Kilo demi Vaksinasi
MAKASSAR– Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, menemui seorang kakek yang rela bersepeda untuk mendapatkan vaksin. Perjuangannya diapres...
News29 Juli 2021 22:53
Wali Kota Makassar Bakal Naikkan Insentif Satgas Pengangkut Jenazah Corona
MAKASSAR– Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan (Danny) Pomanto akan menaikkan insentif tim satgas pengangkut jenazah covid-19. Tingginya kasus kemati...