Logo Lintasterkini

Hidup Miskin, Nenek Sawe Kerap Makan Tanah

Muh Syukri
Muh Syukri

Sabtu, 29 Juli 2017 16:38

Kondisi Nenek Sawe yang kerap makan tanah untuk mengganjal perutnya
Kondisi Nenek Sawe yang kerap makan tanah untuk mengganjal perutnya
PINRANG – Sungguh memiriskan, disaat bantuan untuk warga miskin terus dikucurkan pemerintah, ditambah angka jumlah warga miskin yang juga dilaporkan semakin berkurang, malah ada seorang nenek tua renta yang karena kemiskinannya terkadang harus mengganjal perutnya dengan tanah.
Ini dialami nenek Sawe (80), yang tinggal seorang diri di gubuk reyot tak layak huninya di jalan Gajah, Kelurahan Maccorawalie Kecamatan Watang Sawitto Kabupaten Pinrang. Untuk bertahan hidup, nenek Sawe (80) hanya mengandalkan bantuan tetangganya dan seorang anaknya yang diketahui berdomisili di Kecamatan Paleteang Kabupaten Pinrang.
Dikunjungi awak media, Sabtu (29/7/2017) di gubuknya yamg berdindingkan seng bekas beralaskan tanah, nenek Sawe tetap terlihat tersenyum dibalik kepedihan hidup yang dijalaninya. Meski kondisinya yang sudah cukup pikun, semangat hidup ditunjukkan nenek Sawe.
Naini, salah seorang tetangganya menuturkan, untuk makan sehari-hari, nenek Sawe yang sudah renta dan tidak mampu bekerja lahmgi hanya mengandalkan pemberian makan dari anaknya yang bernama Takko. Terkadang juga, beberapa tetangga ikut memberikan bantuan makanan buatnya.
“Nenek Sawe sudah puluhan tahun menempati rumahnya tersebut seorang diri. Sedihnya, saya pernah lihat dia memakan tanah untuk mengganjal laparnya,” kata Naini dengan sedihnya.
Olehnya ia berharap, Pemerintah Daerah mau memiliki kepedulian sedikit akan masalah ini.
“Dulu nenek Sawe kerja sebagai buruh tani (Maddaros). Namun karena tenaganya yang sudah tak kuat lagi, ia kini hanya tinggal sebatang kara di gubuknya” ungkapnya. (*)

 Komentar

 Terbaru

Nasional27 Juli 2021 12:45
Mendagri : Jika Kepala Daerah Turun Langsung salurkan Bansos, Masyarakat Jadi Lebih Tenang
"Daerah memiliki kapasitas untuk itu dan daerah memiliki tanggung jawab juga untuk itu, tidak hanya pemerintah pusat. Kenapa? Karena ada anggaran," uj...
Bersama Melawan Covid-1927 Juli 2021 12:03
Vaksinasi Lintas Agama Digelar Muhammadiyah dan Polda Sulsel
Vaksinasi ini menargetkan sebanyak 2.500 warga disuntik dan berdasarkan data dari pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, vaksinasi di Sulsel baru menca...
Hukum & Kriminal27 Juli 2021 11:26
Mengaku Digilir di Hotel, Wanita di Makassar Polisikan 2 Oknum Pegawai Bank BUMN
MAKASSAR– Sungguh malang nasib yang dialami seorang wanita berinisial N di Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel). Wanita 22 tahun itu diduga ...
Hukum & Kriminal26 Juli 2021 23:52
Dalam Sepekan, Satuan ResNarkoba Polres Pinrang Ungkap Empat Kasus
PINRANG – Dalam sepekan, Satuan ResNarkoba Polres Pinrang berhasil mengungkap 4 kasus penyalahgunaan narkoba di wilayahnya. Dari pengungkapan te...