Logo Lintasterkini

Hidup Miskin, Nenek Sawe Kerap Makan Tanah

Muh Syukri
Muh Syukri

Sabtu, 29 Juli 2017 16:38

Kondisi Nenek Sawe yang kerap makan tanah untuk mengganjal perutnya
Kondisi Nenek Sawe yang kerap makan tanah untuk mengganjal perutnya
PINRANG – Sungguh memiriskan, disaat bantuan untuk warga miskin terus dikucurkan pemerintah, ditambah angka jumlah warga miskin yang juga dilaporkan semakin berkurang, malah ada seorang nenek tua renta yang karena kemiskinannya terkadang harus mengganjal perutnya dengan tanah.
Ini dialami nenek Sawe (80), yang tinggal seorang diri di gubuk reyot tak layak huninya di jalan Gajah, Kelurahan Maccorawalie Kecamatan Watang Sawitto Kabupaten Pinrang. Untuk bertahan hidup, nenek Sawe (80) hanya mengandalkan bantuan tetangganya dan seorang anaknya yang diketahui berdomisili di Kecamatan Paleteang Kabupaten Pinrang.
Dikunjungi awak media, Sabtu (29/7/2017) di gubuknya yamg berdindingkan seng bekas beralaskan tanah, nenek Sawe tetap terlihat tersenyum dibalik kepedihan hidup yang dijalaninya. Meski kondisinya yang sudah cukup pikun, semangat hidup ditunjukkan nenek Sawe.
Naini, salah seorang tetangganya menuturkan, untuk makan sehari-hari, nenek Sawe yang sudah renta dan tidak mampu bekerja lahmgi hanya mengandalkan pemberian makan dari anaknya yang bernama Takko. Terkadang juga, beberapa tetangga ikut memberikan bantuan makanan buatnya.
“Nenek Sawe sudah puluhan tahun menempati rumahnya tersebut seorang diri. Sedihnya, saya pernah lihat dia memakan tanah untuk mengganjal laparnya,” kata Naini dengan sedihnya.
Olehnya ia berharap, Pemerintah Daerah mau memiliki kepedulian sedikit akan masalah ini.
“Dulu nenek Sawe kerja sebagai buruh tani (Maddaros). Namun karena tenaganya yang sudah tak kuat lagi, ia kini hanya tinggal sebatang kara di gubuknya” ungkapnya. (*)

 Komentar

 Terbaru

News16 Oktober 2021 23:55
Kasus Covid-19 Sudah Menurun, Kini Masuk ke Sulsel Cukup dengan Tes Usap
MAKASSAR– Memasuki wilayah Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) kini tidak perlu lagi menunjukkan hasil tes swab PCR. Cukup dengan menunjukkan has...
Hukum & Kriminal16 Oktober 2021 23:50
Parah! Calon Kepala Desa Petahana di Jeneponto Diduga Pakai Ijazah Palsu
JENEPONTO– Seorang pria berinisial RT yang mencalonkan diri sebagai Calon Kepala Desa Pappalluang, Kabupaten Jeneponto diduga memakai ijazah pal...
News16 Oktober 2021 23:22
Pengunjung Warkop di Parepare Jatuh dari Kursi Lalu Meninggal Dunia usai Minum Es Kopi
PAREPARE– Pengunjung Warung Kopi (Warkop) yang terletak di Jalan Andi Mappatola, Kelurahan Ujung Sabbang, Kecamatan Ujung, Kota Parepare dikejut...
News16 Oktober 2021 23:03
Puting Beliung Terjang Pinrang, 17 Rumah Rusak dan 1 Kubah Masjid Terbang
PINRANG – Warga Desa Leppangang sore tadi, dibuat panik akibat bencana anging puting beliung, tepatnya di Kecamatan Patampanua, Kabupaten Pinran...