Logo Lintasterkini

Mantap! Rahmat Erwin Abdullah Lifter Asal Makassar Ukir Rekor di Olimpiade Tokyo 2020

Maulana Karim
Maulana Karim

Kamis, 29 Juli 2021 11:28

Rahmat Erwin Abdullah Lifter Asal Makassar Ukir Rekor di Olimpiade Tokyo 2020.
Rahmat Erwin Abdullah Lifter Asal Makassar Ukir Rekor di Olimpiade Tokyo 2020.

TOKYO– Lifter Indonesia asal Makassar, Rahmat Erwin Abdullah menorehkan pencapaian yang membanggakan, ia berhasil mengukir rekor di Olimpiade Tokyo 2020 dengan melakukan angkatan 190 kg clean dan jerk (dua tahap) di awal sesi.

Total 342 kg dicetak Rahmat dari 152 kg di angkatan snatch, dan 190 kg (clean & jerk). Rahmat Erwin Abdullah hanya kalah dari Shi Ziyong (China) dengan angkatan 364 kg dan Julio Mayora (Venezuela) dengan angkatan 346 kg.

Performa Rahmat Erwin Abdullah sangat luar biasa berhasil mengangkat beban dalam kondisi cedera. Rahmat, yang terpilih untuk mewakili Asia bersama dengan lifter China, Jepang, dan Korea Selatan pada Olimpiade 2020 ini, mengaku tak mengalami kesulitan untuk melakukan angkatan tersebut.

“(Mengangkat) 190 kg cukup mudah. Saya ingin mencoba 195 kg, dan mungkin bahkan 200 kg dalam upaya terakhir saya, tetapi saya mengalami cedera di paha kanan saya,” kata Rahmat dilansir Reuters, Rabu (28/7/2021).

Rahmat membeberkan masa persiapan sebelum tampil di Tokyo. “Karena pandemi, saya telah tinggal di kompleks pelatihan selama hampir 18 bulan. Saya makan dan tidur dan berlatih di tempat yang sama,” tutur Rahmat.

“Saya berharap upaya saya akan menghasilkan medali hari ini,” ujar Rahmat.

Rahmat tampil di Tokyo International Forum, berhasil mengalahkan empat lifter pesaingnya. Mereka adalah Jorge Cardenas (Meksiko), Mahmoud Alhumayd (Arab Saudi), Brandon Wakeling (Australia) dan Abderrahim Moun (Maroko).

Penampilan Rahmat Erwin Abdullah di Olimpiade Tokyo merupakan yang perdana dalam karirnya. Meski baru pertama kali, lifter peraih medali emas SEA Games 2019 ini sanggup meraih medali perunggu bagi Indonesia.

Total sejauh ini, Indonesia telah merebut tiga medali Olimpiade Tokyo 2020, dengan perincian satu perak dan dua medali perunggu.

Atlet kelahiran Kota Makassar ini bisa lolos dan meraih tiket Olimpiade melalui jalan yang tak mudah. Berdasarkan data IWF pada April 2021, Rahmat Erwin Abdullah berada pada peringkat 22 sementara setiap kelasnya hanya 13 lifter yang bisa lolos ke Tokyo. Ke-13 lifter itu terdiri dari delapan lifter masuk jajaran delapan besar dunia, dan lima lifter lainnya wakil dari setiap kontinen atau benua.

Walau berada di luar dari delapan besar, Rahmat Erwin Abdullah berhasil memperbaiki peringkat dari peringkat 22 menjadi perinkat 11, itu setelah IWF memberinya kesempatan memperbaiki peringkatnya dengan mengambil bagian World Junior Championship 2020 di Tashkent bulan Mei lalu. Kejuaraan ini merupakan kualifikasi terakhir bagi cabor angkat besi.(*)

 

Penulis : Mul

 Komentar

 Terbaru

News20 September 2021 14:25
Kapolda Sulsel Tinjau Vaksinasi di SMAN 11 Makassar
Vaksinasi yang dilaksanakan ini berjalan dengan lancar dengan menargetnya sekira 1.600 vaksinasi kepada siswa gabungan dari beberapa sekolah. "Beberap...
Hukum & Kriminal20 September 2021 11:55
Hanya Gegara Korek, Oknum RT Aniaya Mahasiswa dan Sekretariatnya
Kanit Reskrim Polsek Rappocini, Iptu Ahmad Rizal mengatakan, kejadiannya berawal dari pelaku datang menemui korban meminta korek. Namun karena pada sa...
News20 September 2021 00:04
Perda Kepemudaan Lahirkan Pemuda yang Beriman
“Jadi tujuan perda ini, pemerintah ingin membentuk pemuda yang tangguh dengan katakteristik religius, berkreasi atau berinovasi,” jelas Budi Hastu...
News19 September 2021 22:18
Kebakaran di Jalan Haji Kalla 2 Makassar, Sejumlah IRT Sempat Histeris
Kebakaran terjadi di Jalan Haji Kalla 2, Campagayya Kelurahan Panaikang Kecamatan Panakkukang, Kota Makassar, Minggu (19/9/2021) sekira pukul 19.13 wi...