Logo Lintasterkini

Makanan yang Seharusnya Disimpan di Kulkas yang Banyak Orang Belum Ketahui

Redaksi
Redaksi

Sabtu, 29 Juli 2023 10:08

Ilustrasi. (Pixabay)
Ilustrasi. (Pixabay)

LintasTerkini.com – Dalam kehidupan sehari-hari, kulkas menjadi perangkat wajib yang ada di hampir tiap rumah tangga. Fungsi utamanya adalah untuk menjaga makanan tetap segar dan aman untuk dikonsumsi.

Namun, banyak orang sering kali tidak menyadari bahwa beberapa makanan seharusnya disimpan di dalam kulkas untuk menjaga kualitas dan keamanannya.

Berikut beberapa makanan yang sebaiknya disimpan di dalam kulkas yang mungkin belum banyak diketahui banyak orang.

1. Tomat
Banyak orang cenderung menyimpan tomat di luar kulkas karena menganggap suhu dingin akan merusak tekstur dan rasa tomat. Namun, faktanya, menyimpan tomat di dalam kulkas dapat membantu mempertahankan kualitasnya lebih lama. Suhu rendah di kulkas akan memperlambat proses pematangan dan meminimalkan kerusakan pada tomat.

2. Bawang
Bawang seringkali disimpan di tempat terbuka atau di dalam wadah terbuka di dapur. Padahal, bawang lebih baik disimpan di dalam kulkas, terutama setelah sudah dipotong atau dibelah. Dengan disimpan di kulkas, bawang akan tetap segar lebih lama, dan bau aromanya tidak akan menyebar ke makanan atau tempat lain di sekitarnya.

3. Kacang-kacangan
Kacang-kacangan seperti almond, kenari, atau kacang tanah memiliki kandungan lemak yang tinggi dan mudah teroksidasi oleh udara. Kulkas membantu melindungi kacang-kacangan dari perubahan rasa yang tidak diinginkan dan memperpanjang umur simpannya. Pastikan untuk menyimpan kacang-kacangan dalam wadah kedap udara untuk hasil yang optimal.

4. Telur
Meskipun banyak negara menyimpan telur di rak di luar kulkas di toko-toko, namun untuk menjaga kesegaran dan menghindari risiko bakteri, lebih baik menyimpan telur di dalam kulkas. Suhu rendah kulkas membantu mencegah pertumbuhan bakteri yang dapat menyebabkan kerusakan pada telur.

5. Selai Kacang
Selai kacang adalah makanan yang sering digunakan dalam hidangan sarapan atau camilan. Namun, karena tidak mengandung pengawet, selai kacang dapat dengan mudah basi atau berubah rasa. Untuk menjaga selai kacang tetap segar dan lezat, simpanlah di dalam kulkas setelah dibuka.

6. Produk Olahan Susu
Produk susu seperti yogurt, kefir, dan sour cream harus selalu disimpan di dalam kulkas untuk mencegah pertumbuhan bakteri berbahaya. Meskipun beberapa produk susu memiliki kandungan probiotik yang membantu menjaga kesehatan pencernaan, namun suhu kulkas tetap diperlukan untuk memperlambat pertumbuhan bakteri merugikan.

Menggunakan kulkas secara tepat untuk menyimpan makanan adalah keputusan yang bijaksana untuk menjaga kualitas, kesegaran, dan keamanan makanan. Beberapa makanan, seperti tomat, bawang, kacang-kacangan, telur, selai kacang, dan produk olahan susu, sebaiknya disimpan di dalam kulkas untuk memaksimalkan manfaatnya.

Dengan cara ini, Anda dapat mengurangi pemborosan makanan dan memastikan setiap hidangan yang kita sajikan tetap segar, lezat, dan aman untuk dinikmati seluruh keluarga.

 Komentar

 Terbaru

Ekonomi & Bisnis15 Juni 2024 23:05
Pembukaan Kalla Toyota Expo, Pengunjung Membeludak Ingin Melihat Rangga
MAKASSAR – Toyota Expo by Kalla Toyota resmi dibuka. Pameran otomotif kali ini hadir dengan tema Rangga, Ekspresikan Dirimu. Event kali ini akan...
Ekonomi & Bisnis15 Juni 2024 22:57
HUT ke-54 Astra Motor Manjakan Konsumen dengan Promo Menarik
JAKARTA – Astra Motor selaku Main Dealer motor Honda berikan berbagai promosi menarik bagi konsumen setia pada perayaan hari ulang tahun (HUT) k...
Hukum & Kriminal15 Juni 2024 22:53
Kelanjutan Kasus Dugaan Pencabulan Caleg Terpilih Di Pinrang Menunggu Hasil Gelar Perkara
PINRANG — kasus dugaan pencabulan yang menyeret KA, seorang Caleg Terpilih di Kabupaten Pinrang masih terus berlanjut dan didalami penyidik Unit...
News15 Juni 2024 20:04
Lebaran Iduladha, Dishub Makassar Siapkan Rekayasa Lalu Lintas dan Ratusan Personel
MAKASSAR – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Makassar proaktif dalam persiapan personel dan rekayasa lalu lintas dalam menghadapi perayaan Lebaran...