Logo Lintasterkini

Toko Modern Kembali Bertambah, Bupati Pinrang Dituding Ingkar Janji Dan Tidak Pro Rakyat Kecil

Aroelk Lintas Terkini
Aroelk Lintas Terkini

Rabu, 29 Agustus 2018 21:57

Toko Modern Indomaret yang baru saja beroperasi di wilayah Jampue Lanrisang Pinrang
Toko Modern Indomaret yang baru saja beroperasi di wilayah Jampue Lanrisang Pinrang
PINRANG — Sikap tegas dan janji Bupati Pinrang, Aslam Patonangi yang tidak akan mengakomodir lagi penambahan titik Toko Modern seperti Alfa Midi, Alfa Mart dan Indomaret di wilayah Kabupaten Pinrang demi kelangsungan hidup toko-toko kecil ternyata hanya sebatas janji politik. Pasalnya, dari data yang dihimpun Upeks, jumlah toko modern akan kembali bertambah 10 unit di Kabupaten Pinrang. Malahan, satu toko modern baru yakni Indomaret telah beroperasi di wilayah Jampue Kecamatan Lanrisang Kabupaten Pinrang, belum lama ini.
Hal itulah yang kemudian mengundang keprihatinan sejumlah kalangan dan pengusaha kecil di Kabupaten Pinrang. Mereka menilai, Bupati Pinrang telah ingkar janji dan tidak pro kepada rakyat kecil atau pelaku ekonomi lemah.
“Yach, kami sangat sayangkan adanya penambahan ini. Sekarang saja, toko modern sudah merambah seluruh wilayah Kecamatan di Pinrang dan jumlahnya juga cukup banyak yang beroperasi di wilayah Kota Pinrang,” kata Abdul Haris, salah satu tokoh pemuda dan mantan aktifis mahasiswa di Kabupaten Pinrang kepada awak media, Rabu (29/8/2018).
Haris menilai, kehadiran toko modern yang jumlahnya telah mencapai dua puluhan saat ini, sudah sangat dirasakan dampaknya oleh toko-toko kelontong kecil di sekitarnya.
“Sudah banyak toko-toko kelontong kecil maupun sedang yang harus gulung tikar dengan beroperasinya toko modern di wilayahnya. Harusnya ini menjadi acuan dan pertimbangan Pemerintah Daerah jika memang berpihak pada rakyatnya,” ucapnya dengan sedih.
Terpisah, Kabag Humas Setda Pinrang, H Murseng yang dikonfirmasi mengenai hal ini berjanji akan segera menindaklanjuti dengan meminta jawaban atau klarifikasi dari instansi berkompeten yaitu Perizinan dan Disperindag Kabupaten Pinrang.
Untuk diketahui, sikap tegas dan janji Bupati Pinrang, Aslam Patonangi yang tidak mentolerir lagi adanya penambahan toko modern di Kabupaten Pinrang telah dibuktikannya dengan menutup paksa Operasional Alfa Midi jalan Abdullah sebanyak dua kali (2016 dan 2017). Namun komitemen keras Bupati Aslam Patonangi yang ditunjukkan selama dua tahun tersebut, akhirnya kendor dan dan luluh di tahun 2018 atau di akhir masa jabatannya. Kuat dugaan, luluhnya komitmen tersebut dikarenakan besarnya uang mahar dari izin prinsip yang disediakan pihak Manajenen toko modern asalkan jumlah tokonya bisa terus bertambah serta adanya permainan dari oknum-oknum Pejabat instansi berkompeten yang meraup keuntungan besar dari hal ini. (*)

 Komentar

 Terbaru

Larang Salat Id di Karebosi, Ini Klarifikasi Danny Pomanto
Bersama Melawan Covid-1908 Mei 2021 00:19
Larang Salat Id di Karebosi, Ini Klarifikasi Danny Pomanto
Menurutnya, Pemkot Makassar tidak ingin terjadi konsentrasi massa dalam jumlah besar saat salat id berlangsung nanti....
ASN Nekat Mudik Lebaran 2021? Awas, Masyarakat Bisa Laporkan
Nasional07 Mei 2021 23:36
ASN Nekat Mudik Lebaran 2021? Awas, Masyarakat Bisa Laporkan
“Pemerintah meminta partisipasi masyarakat sebagai pengawas eksternal untuk melaporkan ASN yang terbukti mudik saat lebaran tahun ini,” kata Rini....
Iuran BPJS Ketenagakerjaan Diupayakan Bisa Dibayar Lewat Bank Sampah
News07 Mei 2021 23:34
Iuran BPJS Ketenagakerjaan Diupayakan Bisa Dibayar Lewat Bank Sampah
"Tekhnisnya ini, warga membawa sampah yang dikumpulkan untuk dijadikan iuran BPJS Ketenagakerjaan sebesar Rp 16.800 per bulan. Dan banyak sekali manfa...
Lindungi Masyarakat dari Pandemi, Godrej Indonesia Keluarkan Produk Saniter
Bersama Melawan Covid-1907 Mei 2021 23:07
Lindungi Masyarakat dari Pandemi, Godrej Indonesia Keluarkan Produk Saniter
"Kami menggabungkan keduanya menjadi satu elemen fungsi utama untuk mempercepat inovasi dalam upaya memastikan pengembangan produk secara progresif de...