Logo Lintasterkini

Tiga Kabupaten di Sulsel Diterjang Banjir

Muh Syukri
Muh Syukri

Minggu, 29 Agustus 2021 15:52

Ilustrasi hujan
Ilustrasi hujan

MAKASSAR – Akibat hujan deras mengguyur Sulawesi Selatan sejak Jumat lalu, tiga kabupaten diterjang banjir bandang.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulsel Ni’mal Lahamang mengatakan banjir terjadi di Luwu Utara, Bone dan Wajo. Saat ini tim sedang melakukan pendataan.

“Tim sementara melakukan assessment di tiga kabupaten yang masuk laporannya,” ujarnya, Sabtu, 28 Agustus 2021.

Ni’mal menjelaskan banjir terjadi karena tingginya curah air hujan. Hal tersebut mengakibatkan meluapnya air sungai di sejumlah wilayah.

Di Luwu Utara misalnya, banjir terjadi di Radda. Lokasi ini titik banjir terbesar tahun 2020 lalu.

Hal tersebut mengakibatkan jalan trans Sulawesi terputus. Karena ketinggian air di atas satu meter.

“Sejauh ini masih bisa ditangani. Masyarakat di sekitaran sungai kita minta mengungsi dulu,” tutur Ni’mal.

Sementara di Wajo, banjir terjadi karena tingginya air dari hulu sungai yang bermuara di Danau Tempe. Hal tersebut mengakibatkan sawah dan rumah penduduk terendam.

“Sejauh ini tidak ada korban jiwa. Tapi kami tetap memantau karena hujan masih terus terjadi,” ujar Ni’mal.

Baca Juga: Perkara Banjir Gubernur Anies Digugat Warga ke PTUN, Diminta Ganti Rugi Rp 1 Miliar

Sementara, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) wilayah IV Makassar mengeluarkan peringatan dini terkait hujan sedang hingga lebat yang disertai kilat/petir dan angin kencang di wilayah Malili, Sengkang, Watansoppeng, dan sebagian Watampone.

Kepala Sub Bagian Pelayanan BMKG Wilayah IV Makassar, Siswanto mengatakan pada pagi hari, hujan ringan terjadi di wilayah Malili, Sengkang, Watansoppeng. Sementara, sebagian Watampone, akan hujan sedang hingga lebat. Sedangan wilayah Selayar berawan.

Di siang hari dan sore hari,diperkirakan berawan. Hujan ringan berpotensi terjadi di wilayah Palopo, Belopa, Rantepao, Makale, Sengkang, Sidenreng, Maros, Makassar, Gowa, Takalar, Watampone, Sinjai, dan Bulukumba. Sementara hujan sedang diprediksi terjadi di wilayah Malili dan Masamba.

Untuk malam hari, diperkirakan berawan. Hujan ringan berpotensi terjadi di wilayah Palopo, Masamba, Sengkang, Watampone, Sinjai, dan Bulukumba.

Sedangkan pada dini hari, diprediksi akan berawan. Hujan ringan dapat terjadi di wilayah Watampone, Sinjai, dan Bulukumba.

 Komentar

 Terbaru

Hukum & Kriminal18 September 2021 09:22
Tiga Tersangka Arisan Online, Korbannya 300 Orang
Kasat Reskrim Polrestabes Makassar, Kompol Jamal Fathur Rakhman, mengatakan, ketiganya sudah diamankan dan ditahan di Mapolrestabes Makassar untuk pem...
Peristiwa18 September 2021 08:57
Rumah Sekaligus Bengkel Terbakar di Paccerakkang, Kerugian Capai Rp 200 Juta
Satu unit rumah yang juga merupakan bengkel hangus terbakar di BTN Mangga Tiga, Kelurahan Paccerakkang, Kecamatan Biringkanaya, Makassar, Jumat (17/9/...
News17 September 2021 19:23
Ini Harapan Ketua PMI Makassar di HUT PMI Ke-76 Tahun
MAKASSAR – Memperingati hari palang merah Indonesia (PMI) ke-76, PMI Makassar mengikuti upacara bersama PMI pusat yang dilaksanakan secara virtu...
Nasional17 September 2021 16:57
Kompolnas Dorong Polri Terapkan Layanan Berbasis Online di Bidang Lalu Lintas
MAKASSAR– Demi memudahkan masyarakat dalam mengakses layanan polisi Lalu Lintas secara online, Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) mendorong ...