Logo Lintasterkini

Bersama BBPOM, Aliyah Mustika Ilham Ingatkan Efek Samping Penggunaan Obat dan Pangan Ilegal

Muh Syukri
Muh Syukri

Jumat, 29 September 2023 09:46

 Aliyah Mustika Ilham Ingatkan Efek Samping Penggunaan Obat dan Pangan Ilegal
Aliyah Mustika Ilham Ingatkan Efek Samping Penggunaan Obat dan Pangan Ilegal

MAKASSAR – Anggota Komisi IX DPR RI, Aliyah Mustika Ilham bersama BBPOM gelar sosialisasi pemberdayaan masyarakat melalui KIE tentang obat, obat tradisional, suplemen makanan dan pangan olahan yang aman.

Sosialisasi digelar di Asrama Polisi Toddopuli, dan dihadiri oleh masyarakat sekitar dan juga warga Aspol Toddopuli, Kamis (28/09/2023).

Dalam kesempatan tersebut, Aliyah Mustika Ilham kembali mengingatkan akan efek dari mengkonsumsi pangan tanpa memperhatikan komposisi kandungan yang ada di dalamnya, begitupun dengan obat-obatan.

“Waspada dengan semakin banyaknya peredaran obat dan makanan ilegal (tidak mengantongi izin edar dari BBPOM) yang dilakukan melalui jalur perdagangan online,” ujarnya.

Salah satu efek yang kini banyak ditemui yakni banyaknya ditemukan anak dan remaja yang menderita penyakit diabetes, ginjal, ataupun penyakit lainnya karena kekurang hati-hatian dalam mengkonsumsi berbagai pangan olahan,” tuturnya.

Hal senada diungkapkan perwakilan dari BBPOM di Makassar, Drs Ahmad Yani, Apt, yang menyampaikan agar para orang tua lebih memperhatikan jajanan anak-anak mereka, saat dilingkungan sekolah dan tempat bermain, ataupun saat berbelanja online.

Sosialisasi ini juga menghadirkan pemateri dari BBPOM, Ana Adriani,S.Si,Apt,M.Si, yang membahas terkait kosmetik yang berbahaya bagi kesehatan.

“Maraknya produk kosmetik yang beredar, mengharuskan konsumen lebih cerdas dalam memilih produk, jangan mudah tergiur iklan yang menjanjikan hasil instan,” ungkapnya.

Setiap produk yang mendapatkan label aman dari BPOM telah melalui uji klinis, dan dinyatakan aman untuk digunakan, dengan tetap memperhatikan cek KLIK, cek kemasan, cek label, izin edar dan kadaluarsa. (*)

Penulis : Azho

 Komentar

 Terbaru

Politik03 Mei 2024 13:21
KPU Pinrang Tetapkan 40 Caleg Terpilih Hasil Pemilu 2024
PINRANG  —  Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pinrang menetapkan 40 Calon Legislatif (Caleg) terpilih hasil Pemilu 2204 yang nantinya akan...
Pemerintahan03 Mei 2024 12:53
Hadir di Pembukaan MTQ Sulsel, Adnan-Kio Berikan Semangat ke Kontingen Gowa
GOWA – Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan bersama Wakil Bupati Gowa, Abdul Rauf Malaganni menghadiri Pembukaan MTQ XXXIII Tingkat Provinsi Sulaw...
News03 Mei 2024 11:53
Perumda Pasar Makassar-Kejari Teken Perpanjangan MoU Terkait Perkara Data dan Tata Usaha Negara
MAKASSAR – Perumda Pasar Makassar Raya (Karya) kembali menggelar penandatanganan Nota Kesepahaman (MOU) dengan pihak Kejaksaan Negeri (Kejari) K...
News03 Mei 2024 11:24
Polisi Sidrap Bersiap Evakuasi Korban Banjir di Wilayah Terdampak
SIDRAP, – Sebagai respons cepat terhadap banjir yang melanda wilayah Sidrap, Kapolres Sidrap AKBP Erwin Syah. S.I.K.,MH melalui Kepala Bagian Operas...