Verdianto Bitticaca, Putra Sulsel Asal Toraja Ini Jabat Jenderal Bintang Tiga, Ini Sosoknya

Verdianto Bitticaca, Putra Sulsel Asal Toraja Ini Jabat Jenderal Bintang Tiga, Ini Sosoknya

JAKARTA – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memimpin upacara serah terima jabatan dan kenaikan pangkat bagi sejumlah perwira tinggi Polri dalam momen yang penuh kejutan. Upacara ini berlangsung di gedung Rupattama Mabes Polri, Jakarta Selatan.

“Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memimpin pelantikan pejabat utama Mabes Polri dan para kapolda, serta upacara laporan kenaikan pangkat ke dan dalam golongan pati Polri,” ungkap Kabag Penum Divhumas Polri Kombes Erdi Chaniago, Sabtu (28/9/2024).

Salah satu momen penting dalam upacara ini adalah pengukuhan Komjen Verdianto Bitticaca sebagai Asisten Utama Kapolri Bidang Operasi (Astamaops) dan Komjen Wahyu Hadiningrat yang kini menjabat sebagai Asisten Utama Kapolri Bidang Perencanaan Umum dan Anggaran (Astamarena).

Upacara serah terima jabatan ini dilakukan sesuai dengan surat telegram nomor: ST/2098/IX/KEP./2024 hingga ST/2101/IX/KEP./2024 tertanggal 20 September 2024, yang menjadi dasar dari rotasi besar ini.

Komjen Pol. Drs. Verdianto Iskandar Bitticaca, M.Hum, begitu nama lengkapnya. Ia merupakan salah satu perwira tinggi di Kepolisian Republik Indonesia (Polri) yang berpengalaman di bidang Brigade Mobil (Brimob). Lahir pada 4 Januari 1967, Verdianto telah meniti karier panjang di berbagai posisi strategis dalam kepolisian.

Pada 20 September 2024, Verdianto dipercaya menjabat sebagai Asisten Utama Kapolri Bidang Operasi (Astamaops Kapolri). Sebelum mengemban posisi ini, ia pernah menjabat sebagai Asisten Operasi Kapolri (Asops Kapolri).

Verdianto merupakan putra daerah Sulawesi Selatan, tepatnya dari Makale, Tana Toraja. Ia merupakan lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) tahun 1988, yang kemudian melanjutkan pendidikan di berbagai institusi, termasuk PTIK (1997), Sekolah Staf dan Pimpinan Polri (Sespim), serta Sekolah Staf dan Pimpinan Tinggi Polri (Sespimti).

Sepanjang kariernya, Komjen Pol. Verdianto Iskandar Bitticaca telah menempati berbagai posisi penting di Polri, di antaranya:

  1. Komandan Kompi (Danki) 5129 Satbrimob Ditsamapta Polda Sumut (1993)
  2. Kasat Brimob Polda DI Yogyakarta (2002)
  3. Kapolres KP3 Belawan, Polda Sumut (2007)
  4. Kapolres Binjai, Polda Sumut (2007)
  5. Kasat Brimob Polda Sumut (2008)
  6. Komandan Pasukan Pelopor Korps Brimob Polri (2018)
  7. Kepala Korps Kepolisian Perairan dan Udara Baharkam Polri (2020)
  8. Kapolda Sulawesi Barat (2022)
  9. Asisten Operasi Kapolri (2023)
  10. Asisten Utama Kapolri Bidang Operasi (Astamaops Kapolri) (2024)

Selama lebih dari tiga dekade di kepolisian, Verdianto telah melalui berbagai jenjang kepangkatan, mulai dari Letnan Dua Polisi (1988) hingga mencapai pangkat tertinggi bintang tiga sebagai Komisaris Jenderal Polisi pada tahun 2024.

Sebagai seorang perwira tinggi yang berpengalaman dan berdedikasi, Komjen Pol. Verdianto Iskandar Bitticaca terus menunjukkan kontribusinya bagi Polri, terutama dalam bidang operasi kepolisian. Karier panjang dan prestasinya menjadikannya salah satu putra terbaik Tana Toraja yang sukses berkiprah di tingkat nasional. (*)