Logo Lintasterkini

Kadis Pendidikan Sulsel dan Siswa Setuju UN Dihapuskan

Abdul Gaffar Mattola
Abdul Gaffar Mattola

Selasa, 29 November 2016 23:15

Pemerintah berencana menghapus sitem Ujian Nasional (UN).
Pemerintah berencana menghapus sitem Ujian Nasional (UN).

MAKASSAR – Pemerintah saat ini berencana menghapus sistem Ujian Nasional (UN). Hal itu disampaikan Menteri Pendidikan Nasional, Muhajir Effendi, Jumat (25/11/2016).

Saat ini realisasi penghapusan UN ini masih menunggu Instruksi Presiden (Inpres) yang tinggal ditandatangani Presiden Joko Widodo. Pro dan kontra dari berbagai kalangan bermunculan terkait rencana penghapusan sistem UN tersebut.

Rencana penghapusan UN ternyata mendapat respon positip dari Kepala Dinas Pendidikan Sulsel, Irman Yasin Limpo, Selasa (29/11/2016). Menurutnya, keputusan tersebut sangat tepat, terlebih lagi karena tidak meratanya mutu pendidikan di Indonesia.

Selain itu, jika terjadi kesalahan pada soal ujian, akan lebih mudah memperbaikinya jika ujian dilakukan oleh masing-masing provinsi. Dengan demikian, adik kandung Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo ini sangat setuju dengan penghapusan UN tersebut.

Dia berpendapat, akan lebih efektif bila standar yang diterapkan dari pusat, namun dilaksanakan oleh provinsi. Sehingga jika terjadi kesalahan cetak pada soal ujian akan lebih mudah memperbaikinya.

“Selain itu, standar soal dari pusat belum tentu sesuai standar anak-anak yang berada di desa terpencil, misalnya saja di Jawa yang sudah memenuhi tujuh standar, sedangkan di Papua hanya memenuhi dua standar, maka siswa akan menghadapi kesulitan,” urainya.

Muhammad Fadli Haris, seorang pelajar kelas XII di SMA 14 Makassar mengatakan akan lebih mudah jika UN dihapuskan dan digantikan dengan ujian praktek. Alasannya, karena UN bukan satu-satunya yang menentukan masa depan.

“Setuju kalau UN dihapuskan karena UN tidak menentukanji masa depan. Lebih bagus kalau digantikan dengan ujian praktek karena lebih mudah diingat langsung,” katanya. (*)

 Komentar

 Terbaru

Bersama Melawan Covid-1930 Juli 2021 00:02
Sinergitas dengan Kampus, Kapolrestabes Makassar Ajak Mahasiswa Vaksin
Witnu juga menambahkan bahwa semoga vaksin yang disalurkan untuk mahasiswa STMIK Handayani akan mencover sehingga tidak mudah untuk terpapar pandemi c...
Hukum & Kriminal29 Juli 2021 23:48
Polda Sulsel Akhirnya Tetapkan Tersangka Kasus Dugaan Korupsi RS Batua Makassar
MAKASSAR– Kasus dugaan korupsi proyek RS Batua Makassar terus berlanjut dalam penyelidikan polisi. Kali ini, Kepolisian Daerah (Polda) Sulsel ki...
News29 Juli 2021 23:09
Plt Gubernur Apresiasi Kakek 67 Tahun di Makassar yang Bersepeda Belasan Kilo demi Vaksinasi
MAKASSAR– Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, menemui seorang kakek yang rela bersepeda untuk mendapatkan vaksin. Perjuangannya diapres...
News29 Juli 2021 22:53
Wali Kota Makassar Bakal Naikkan Insentif Satgas Pengangkut Jenazah Corona
MAKASSAR– Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan (Danny) Pomanto akan menaikkan insentif tim satgas pengangkut jenazah covid-19. Tingginya kasus kemati...