Logo Lintasterkini

PDIP Didekati Karena Demokrat “Miskin’ Capres

Muh Syukri
Muh Syukri

Sabtu, 29 Desember 2012 16:30

PDIP Didekati Karena Demokrat “Miskin’ Capres

JAKARTA – Pertemuan Susilo Bambang Yudhoyono dengan Taufiq Kiemas di Istana Negara masih menyisakan teka-teki politik mengenai koalisi Demokrat dan PDIP.

Pengamat politik dari LIPI Syamsuddin Haris berpendapat Demokrat tengah menjajaki pendekatan dengan PDIP untuk kepentingan Pemilu 2014. Tapi koalisi kedua partai, sebutnya tidak mungkin terjadi saat ini.

“Jauh kemungkinan koalisi sekarang sebab saat ini posisi PDIP oposisi, tidak menjadi bagian koalisi yang dibangun SBY,” kata Haris di Hotel Gren Alia Cikini, Jakpus, Sabtu (29/12/2012).

Koalisi Demokrat dengan PDIP kemungkinan besar terjadi pada tahun 2014. Secara ideologis, kedua partai tidak memiliki perbedaan pandangan politik.

Selain itu, Demokrat kata Haris, punya kepentingan menggandeng partai lain khususnya untuk mencalonkan presiden.

“Saya menduga ada hubungan dengan Pilpres. Saat ini Demokrat kan belum memiliki capres dengan elektabilitas yang tinggi,” ujarnya.

Sebelumnya Wakil Sekjen Demokrat, Ramadhan Pohan mengungkapkan partainya berpeluang untuk berkoalisi dengan partai yang dipimpin Megawati Soekarnoputri.

“Jadi soal potensi bisa saja koalisi PD-PDIP terwujud, koalisi cantik itu namanya,” katanya.

(dtc)

 Komentar

 Terbaru

Nasional24 Oktober 2024 20:04
Bakamla RI Intercept China Coast Guard Coba Masuk Kembali ke Wilayah Yurisdiksi Indonesia
Berselang satu hari, Kapal China Coast Guard (CCG) 5402 kembali memasuki wilayah Yurisdiksi Indonesia, tepatnya di Laut Natuna Utara, pada Kamis (24/1...
Pemerintahan24 Oktober 2024 18:12
Bupati Adnan Minta Alat Kelengkapan Dewan Segera Dibentuk
GOWA – Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan didampingi Wakil Bupati Gowa, Abdul Rauf Malaganni, menghadiri Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Pimpi...
Pendidikan24 Oktober 2024 18:06
FK Unhas-LUMC Belanda Gelar Research Internship 2024, Fokus Penelitian Infeksi pada Siswa SD di Kota dan Desa
MAKASSAR -Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin (FK UNHAS) kembali menggelar program Research Internship 2024 sebagai bagian dari kerjasama denga...
Pemerintahan24 Oktober 2024 16:30
Pjs Wali Kota Makassar Ucapkan Selamat Kepada Anggota DPRD Baru, Tekankan Amanah dan Tanggung Jawab
MAKASSAR – Pjs Wali Kota Makassar, Andi Arwin Azis, menyampaikan ucapan selamat kepada anggota DPRD Makassar yang baru saja dilantik dalam Rapat...