Logo Lintasterkini

PDIP Didekati Karena Demokrat “Miskin’ Capres

Muh Syukri
Muh Syukri

Sabtu, 29 Desember 2012 16:30

PDIP Didekati Karena Demokrat “Miskin’ Capres

JAKARTA – Pertemuan Susilo Bambang Yudhoyono dengan Taufiq Kiemas di Istana Negara masih menyisakan teka-teki politik mengenai koalisi Demokrat dan PDIP.

Pengamat politik dari LIPI Syamsuddin Haris berpendapat Demokrat tengah menjajaki pendekatan dengan PDIP untuk kepentingan Pemilu 2014. Tapi koalisi kedua partai, sebutnya tidak mungkin terjadi saat ini.

“Jauh kemungkinan koalisi sekarang sebab saat ini posisi PDIP oposisi, tidak menjadi bagian koalisi yang dibangun SBY,” kata Haris di Hotel Gren Alia Cikini, Jakpus, Sabtu (29/12/2012).

Koalisi Demokrat dengan PDIP kemungkinan besar terjadi pada tahun 2014. Secara ideologis, kedua partai tidak memiliki perbedaan pandangan politik.

Selain itu, Demokrat kata Haris, punya kepentingan menggandeng partai lain khususnya untuk mencalonkan presiden.

“Saya menduga ada hubungan dengan Pilpres. Saat ini Demokrat kan belum memiliki capres dengan elektabilitas yang tinggi,” ujarnya.

Sebelumnya Wakil Sekjen Demokrat, Ramadhan Pohan mengungkapkan partainya berpeluang untuk berkoalisi dengan partai yang dipimpin Megawati Soekarnoputri.

“Jadi soal potensi bisa saja koalisi PD-PDIP terwujud, koalisi cantik itu namanya,” katanya.

(dtc)

 Komentar

 Terbaru

Nasional18 Mei 2022 13:47
Soal UAS Ditolak Masuk Singapura, Abu Janda Bilang Pemerintah Jangan Bela
JAKARTA – Kali ini penggiat media sosial Permadi Arya atau yang akrab disapa Abu Janda kembali berkomentar terkait dengan kebijakan Singapura ya...
Hukum & Kriminal18 Mei 2022 11:28
Arfandi Tewas Setelah Ditangkap Polisi, Kabid Humas : Belum Ada Tersangka
MAKASSAR – Sebanyak enam orang oknum polisi masih diamankan pihak Propam Polda Sulsel terkait kematian Muh Arfandi (18), warga yang tewas usai d...
News17 Mei 2022 22:18
Mahasiswa Bima Gelar Aksi Solidaritas di Makassar
MAKASSAR – Puluhan Mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Bima dan Dompu (AMBD) Sulawesi Selatan menggelar aksi unjuk rasa di Flyover ...
Peristiwa17 Mei 2022 17:22
Empat Rumah di Jalan Sunu Makassar Terbakar
MAKASSAR – Sebanyak empat rumah di Jalan Sunu Lorong 1A, Kecamatan Tallo, Kota Makassar terbakar, Selasa (17/5/2022). Tidak ada korban jiwa dala...