Logo Lintasterkini

Waspadai Penyebaran Virus Corona Varian Baru, WNA Dilarang Masuk Indonesia

Abdul Gaffar Mattola
Abdul Gaffar Mattola

Selasa, 29 Desember 2020 15:06

Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi memberi keterangan pers.
Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi memberi keterangan pers.

JAKARTA — Saat ini di negara Eropa, khususya di Inggris berkembang virus corona jenis baru. Diduga penyebaran virus varian baru ini lebih cepat.

Mengantisipasi masuknya virus corona varian baru tersebut, maka Pemerintah dengan tegas melarang Warga Negara Asing (WNA) masuk ke Indonesia untuk sementara waktu. Pelarangan ini dilakukan dengan menutup sementara pintu masuk bagi seluruh WNA dari semua negara per 1 Januari 2021.

“Menutup sementara dari tanggal 1 sampai 14 Januari 2021 masuknya WNA dari semua negara ke Indonesia,” kata Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi dalam konferensi pers virtual, Senin, (28/12/2020).

Aturan ini dikecualikan bagi pejabat negara asing setingkat menteri ke atas. Namun bagi Pejabat asing yang berkunjung ke Indonesia harus disertai dengan penerapan protokol pencegahan Covid-19 secara ketat.

“Warga asing yang tiba di Indonesia pada hari ini, hingga tanggal 31 Desember 2020, masih diizinkan masuk dengan ketentuan hasil tes PCR negatif dari negara asalnya, yang berlaku maksimal 2×24 jam sebelum jam keberangkatan, serta tes PCR ulang setelah tiba di Indonesia,” tambah Menlu Retno.

Jika terbukti negatif dalam kedua tes PCR tersebut, WNA diminta melakukan karantina wajib selama lima hari. Setelah melakukan karantina (isolasi), WNA tersebut harus kembali menjalani tes PCR.

Apabila hasilnya negatif, maka pengunjung diperkenankan meneruskan perjalanan di Indonesia. Sementara semua warga negara Indonesia (WNI) yang hendak pulang dari luar negeri, diizinkan masuk, dengan ketentuan melakukan tes PCR sampai dua kali. (*)

 Komentar

 Terbaru

News20 September 2021 14:25
Kapolda Sulsel Tinjau Vaksinasi di SMAN 11 Makassar
Vaksinasi yang dilaksanakan ini berjalan dengan lancar dengan menargetnya sekira 1.600 vaksinasi kepada siswa gabungan dari beberapa sekolah. "Beberap...
Hukum & Kriminal20 September 2021 11:55
Hanya Gegara Korek, Oknum RT Aniaya Mahasiswa dan Sekretariatnya Dirusak
Kanit Reskrim Polsek Rappocini, Iptu Ahmad Rizal mengatakan, kejadiannya berawal dari pelaku datang menemui korban meminta korek. Namun karena pada sa...
News20 September 2021 00:04
Perda Kepemudaan Lahirkan Pemuda yang Beriman
“Jadi tujuan perda ini, pemerintah ingin membentuk pemuda yang tangguh dengan katakteristik religius, berkreasi atau berinovasi,” jelas Budi Hastu...
News19 September 2021 22:18
Kebakaran di Jalan Haji Kalla 2 Makassar, Sejumlah IRT Sempat Histeris
Kebakaran terjadi di Jalan Haji Kalla 2, Campagayya Kelurahan Panaikang Kecamatan Panakkukang, Kota Makassar, Minggu (19/9/2021) sekira pukul 19.13 wi...