859 Personel Gabungan TNI-Polri Siap Amankan Hari Buruh di Makassar

859 Personel Gabungan TNI-Polri Siap Amankan Hari Buruh di Makassar

MAKASSAR — Personel gabungan TNI-Polri siap mengamankan Hari Buruh di Kota Makassar, Sabtu (1/5/2021). Sebanyak 859 personel akan disebar di sejumlah titik.

Kasubag Humas Polrestabes Makassar, AKP Landok mengatakan sudah ada beberapa pemberitahuan aksi yang diterima Polrestabes Makassar. Giatnya akan dilaksanakan di beberapa titik.

Polrestabes Makassar juga sudah membuat rencana pengaman dengan berdasarkan surat yang masuk. Termasuk pertimbangan lainnya. Personel yang akan melakukan pengamanan juga sudah disebar di titik-titik aksi.

“Untuk menjamin keamanan selama pelaksanaan aksi memperingati May Day tanggal 1 Mei 2021, maka jajaran Polrestabes Makassar akan melibatkan 859 Personil gabungan, termasuk back TNI,” ujarnya kepada Lintasterkini.com, Jumat (30/4/2021).

Landok menjelaskan, pada pengamanan Hari Buruh ini aparat akan bertidnak preventif, persuasif, dan humanis.

Dia menambahkan, selama pelaksanaan giat, Polrestabes Makassar juga mengimbau agar semua elemen yang terlibat secara langsung atau tidak untuk tetap mematuhi protokol kesehatan.

“Serta tetap menjaga suasana yang aman, nyaman, dan damai, apalagi saat ini dalam suasana bulan suci Ramadan,” ucap mantan Wakapolsek Tamalate itu.

Sebelum melaksanakan pengamanan, lanjutnya, personel akan mendapatkan arahan dari pimpinan. Hal ini untuk menghindari terjadinya konflik antara aparat dan massa aksi.

“Arahan dari pimpinan tentang cara-cara bertindak selama melaksanakan tugas sesuai SOP (standar operasional prosedur) yang berlaku guna menghindari adanya ekses,” tutupnya.(*)