Logo Lintasterkini

Bawa Sabu 23,8 Gram, Wadir Narkoba Polda Kalbar Dicopot Dari Jabatannya

Muh Syukri
Muh Syukri

Senin, 30 Juli 2018 11:15

AKBP Hartono, SiK saat diamankan
AKBP Hartono, SiK saat diamankan

PONTIANAK – Seorang perwira menengah polisi diamankan pihak keamanan Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Sabtu (28/7/2018) pagi. Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Barat, Inspektur Jenderal Polisi Drs Didi Haryono SH MH menjelaskan, seorang perwira polisi diamankan di Bandara Soekarno Hatta, adalah AKBP Hartono, SiK yang menjabat sebagai Wadir Reserse Narkoba Polda Kalimantan Barat.

Kapolres Bandara Soetta AKBP Viktor Togi Tambunan membenarkan kejadian ini. Menurut dia, pihaknya hanya membantu pengamanan, sementara untuk pembuktian, dilakukan oleh Biro Pengamanan Internal Polri (Paminal) Polri.

“Saya hanya membenarkan. Untuk yang tangani dari Paminal Mabes Polri,” kata dia, Minggu (29/7/2018). Dia menambahkan, saat diamankan, pamen itu sedang berada di Terminal 1A.

Sementara itu, dari data yang didapat pamen tersebut bertugas sebagai Wadir Narkoba Polda Kalimantan Barat. AKBP Hartono SiK diamankan Sabtu pagi pada pukul 06.20 Wib, oleh petugas Aviation Security. Saat itu, petugas mendapatkan pelaku membawa sabu-sabu seberat 23,8 gram.

Atas aib yang memalukan Polri ini, Kopolri melalui As SDM Irjen Pol Drs Arief Sulistyanto M.Si langsung mengeluarkan telegram yang ditujukan ke Kapolda Kalbar. Memberhentikan AKBP Hartono SIK dengan jabatan Wadir Resnarkoba Polda Kalbar dimutasikan sebagai pamen Yanma Polri dalam rangka untuk pemeriksaan atas pelanggaran yang dilakukan.

“Telah mencopot AKBP Hartono sebagai Wadir Direktur Narkoba Polda Kalbar, sebagaimana tertuang dalam surat Telegram Kapolri nomor: ST/1855/VII/2018 tanggal 28 Juli 2018,” kata Inspektur Jenderal Polisi Drs Didi Haryono SH MH.

Dijelaskan, bahwa AKBP Hartono sekarang dimutasi untuk dilakukan pemeriksaan lanjutan guna penyidikan. “Mendukung upaya pemberantasan peredaran gelap narkoba,” kata Inspektur Jenderal Polisi Drs Didi Haryono SH MH. “Akan menindak tegas jajarannya yang terlibat dalam kejahatan narkoba. Bahkan memastikan, AKBP Hartono yang diamankan di Bandara Soekarno Hatta akan mendapatkan sanksi,”.

Inspektur Jenderal Polisi Drs Didi Haryono SH MH mengaku, “Saya selaku Kapolda terkait kejahatan narkoba, siapa pun yang berafiliasi dan bersindikasi, termasuk di jajaran kami, dengan tindakan tegas akan kami proses sebagaimana aturan hukum yang berlaku,”. tegasnya.

Kini, AKBP Hartono berada di Mabes Polri untuk dilakukan pemeriksaan di Pusat Pengamanan Internal Divisi Propam Polri. ((*)

Penulis : Slamet

 Komentar

 Terbaru

Hukum & Kriminal20 Januari 2022 14:54
Polisi Tangkap Penyebar Video Mesum Pelajar di Tana Toraja
TORAJA – Aparat Reskrim Polres Tana Toraja melakukan penangkapan terhadap YP (22) karena diduga merekam dan menyebarkan video mesum. YP (22), ad...
News20 Januari 2022 13:30
Sampah di Jalan Deppasawi Dalam Dibersihkan, Warga Apresiasi Camat Tamalate
"Hampir setiap hari warga membuang sampah di lokasi tersebut karena melihat ada penumpukan sampah. Jadi warga mengira kalau tempat itu jadi tempat sam...
Hukum & Kriminal20 Januari 2022 10:08
Sempat Ditahan di Polres Palopo, Warga Palopo ini Minta Keadilan ke Presiden Jokowi
"Selama 56 hari dari sejak tanggal 31 Desember 2020 sampai dengan tanggal 28 Februari 2021 saya ditersangkan membuat dan memalsukan surat kematian ole...
Hukum & Kriminal20 Januari 2022 01:35
Klinik Kecantikan di Makassar Ini Sudah Palsukan 100 Lembar Hasil PCR
Ia ditahan setelah disangkakan dugaan pemalsuan hasil tes PCR COVID-19. Pelaku diamankan Polrestabes Makassar di klinik miliknya pada Jumat (14/1/2022...