Logo Lintasterkini

BNN RI Gelar Rapat Kerja Bidang Rehabilitasi Tingkatkan Layanan Melalui Kolaborasi

Muh Syukri
Muh Syukri

Selasa, 30 Agustus 2022 23:37

Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) RI, Komjen Pol Dr Petrus Reinhard Golose
Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) RI, Komjen Pol Dr Petrus Reinhard Golose

MAKASSAR – Badan Narkotika Nasional Republik Indonesia (BNN RI) menggelar rapat kerja Deputi Bidang Rehabilitasi Tahun Anggaran 2022 pada 29 – 31 Agustus 2022 di hotel Claro Makassar, Sulawesi Selatan. Rapat kerja ini sekaligus menjadi kegiatan temu ilmiah layanan rehabilitasi berbasis bukti, serta ajang pemberian penghargaan bidang rehabilitasi tahun 2022.

Rapat kerja yang mengusung tema “Praktik berbasis bukti (evidence-based practices) dalam pelaksanaan rehabilitasi penyalah guna narkoba menuju Indonesia Bersih Narkoba” dibuka oleh Kepala BNN RI, Dr. Petrus Reinhard Golose dengan dihadiri oleh sejumlah pejabat tinggi BNN, para koordinator bidang rehabilitasi BNN provinsi seluruh Indonesia, FORKOPIMDA Sulawesi Selatan, perwakilan lembaga rehabilitasi komponen masyarakat, perwakilan Ikatan Konselor Adiksi Indonesia (IKAI), perwakilan Agen Pemulihan (AP), dan stakeholder lainnya.

Kegiatan rapat kerja yang juga merupakan temu ilmiah layanan rehabilitasi berbasis bukti ini menghadirkan beberapa narasumber dari kalangan praktisi dan akademisi baik dari dalam maupun luar negeri pada workshop bidang rehablitiasi. Selain itu, pada kesempatan ini juga diselenggarakan kompetisi paper challenge: “Evidence-based Treatment Practices Towards Drug-Free Indonesia” yang mana telah terpilih empat karya tulis terbaik dan akan dilakukan pemilihan juara.

Deputi Bidang Rehabilitasi BNN dalam rapat kerja tersebut juga memberikan penghargaan kepada petugas rehabilitasi terbaik yang terpilih atas profesionalismenya dalam memberikan layanan rehabilitasi. Penghargaan juga diberikan kepada kepala satuan kerja dengan kebijakan serta program bidang rehabilitasi terbaik dalam leadership award in rehabilitation.

Selain memberikan penghargaan, pada rapat kerja ini BNN juga menerima penghargaan dari Global Centre of Credentialing & Certification (GCCC) atas dukungan terhadap program sertifikasi para praktisi bidang rehabilitasi bagi penyalah guna narkoba.

Melalui rapat kerja ini, BNN khususnya Deputi Bidang Rehabilitasi berharap dapat mengidentifikasi sumber daya dan inovasi dalam pemberian layanan rehabilitasi yang berkualitas bagi penyalah guna narkoba serta meningkatkan kualitas petugas pelaksana rehabilitasi agar professional dan menjunjung etika profesi untuk mewujudkan Indonesia Bersinar (Bersih Narkoba). (*)

Penulis : Azho

 Komentar

 Terbaru

News25 September 2022 20:04
Yasir Machmud: Anggaran KONI Sulsel Sesuai Peruntukannya
MAKASSAR – Sebanyak Rp 5 Milyar anggaran KONI Sulsel untuk tahun 2022 yang dipertanyakan oleh anggota DPRD Sulsel, ditanggapi oleh Yasir Machmud...
Hukum & Kriminal25 September 2022 17:12
Bekuk Pengedar Narkoba Asal Sidrap, Polisi Nyamar Jadi Pembeli
SIDRAP – Aparat kepolisian berhasil menangkap seorang pengedar narkoba asal Sidrap, Sulawesi Selatan (Sulsel), berinisial AM alias Bidin (52). P...
Wisata dan Budaya25 September 2022 16:39
Sunset Keren di Pantai Indah Bosowa yang Eksotik
MAKASSAR – Pantai Indah Bosowa selalu memberikan keindahan yang eksotik. Apalagi pada sore hari kalian bisa sunset keren di tempat ini. Suasana ...
News25 September 2022 13:29
Satpolair Polres Bontang Amankan Pria Asal Barru Serta 30 Kg Daging Penyu
BONTANG – Aparat Satpolair Polres Bontang menangkap pelaku perburuan penyu dilindungi berinisial R (50), Jumat (23/9/2022). Dari tangan pria asa...