Logo Lintasterkini

PWI Punya Peran Strategis Membentuk Kompetensi Wartawan

Muh Syukri
Muh Syukri

Jumat, 30 Oktober 2015 15:42

Konferda PWI Sulsel dihadiri sejumlah muspida.
Konferda PWI Sulsel dihadiri sejumlah muspida.

MAKASSAR – Wali Kota Makassar, Moh. Ramdhan ‘Danny’ Pomanto menghadiri Konferensi Provinsi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sulawesi Selatan (Sulsel) di

Gedung PWI, Jumat (30/10/2015). Bagi Danny Pomanto, forum yang akan melahirkan pemimpin baru di organisasi wartawan Sulsel itu berperan strategis dalam membentuk insan pers yang memiliki kompetensi dan profesionalisme.

“Kompetensi dan profesionalisme mutlak dibutuhkan oleh insan pers. Kualitas karya jurnalistik sangat ditentukan oleh dua hal itu. Kehadiran organisasi pers dibutuhkan untuk menempa wartawan memiliki profesionalisme dan kompetensi dalam menjalankan tanggung jawab profesi,” tuturnya.

Kegiatan yang dihelat setiap lima tahun sekali oleh PWI Sulsel itu, bertujuan memilih ketua baru yang akan memimpin organisasi tempat berhimpunnya wartawan Sulsel hingga lima tahun ke depan, periode 2015 – 2020.

Ada tiga kandidat yang akan bertarung memperebutkan 472 suara yang berasal dari anggota biasa 462 hak suara, dan anggota seumur hidup 10 hak suara. Ketiga kandidat itu, M. Dahlan Abubakar, Agussalim Alwi Hamu, dan Andi Pasamangi Wawo.

Ketua PWI Sulsel Periode 2010 – 2015, Zulkifli Gani Ottoh menyampaikan selama lima tahun periode kepengurusannya, Ia fokus pada peningkatan kualitas SDM (Sumber Daya Manusia) melalui pendidikan jurnalistik berbagai tingkatan (jurnalistik abu-abu, jurnalistik dasar, dan lanjutan), serta Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang telah digelar hingga tujuh kali.

Sementara itu Ketua PWI Pusat, Margiyono, memuji PWI Sulsel sebagai organisasi PWI yang paling dinamis di Indonesia. Ia berpesan agar organisasi yang sebentar lagi memasuki masa regenerasi itu, mampu memahami dan mendiskusikan permasalahan aktual yang dihadapi wartawan.

Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo, mengakui kehadiran media sangat dibutuhkan oleh sebuah bangsa, “Media menjadi pilar sebuah bangsa atau daerah dalam membangun citra daerah. Tidak ada kemajuan di daerah tanpa kehadiran media,” tutur Syahrul dalam sambutan pembukaan.

Lebih lanjut Syahrul menuturkan, selain sebagai jendela informasi, media juga menjadi filter bagi kehidupan berbangsa dan bernegara dengan tidak meninggalkan jiwa nasionalisme dalam pemberitaannya. Ia berharap PWI Sulsel dapat menjadi filter yang kuat, memiliki budaya, adat, dan jiwa nasionalisme.

Konferensi Provinsi PWI mengusung tema ‘Memotivasi Kompetensi Wartawan, Mewujudkan Kesejahteraan Wartawan’. Turut hadir pada forum itu,
Kapolda Sulselbar, Irjen Pol Pudji Hartanto, Penasehat PWI Pusat, Alwi Hamu, Penasehat PWI Sulsel, Syamsu Nur, Ketua Dewan Kehormatan PWI Pusat, Ilham Bintang, Ketua Dewan Kehormatan Sulsel, Ronald Ngantung, dan Ketua DPD Apindo Sulsel, La Tunreng.

Saat ini PWI Sulsel telah terbentuk di 15 kabupaten/kota di Sulsel diantaranya, Makassar, Takalar, Gowa, Toraja Utara, Pinrang, Sidrap, Soppeng, Wajo, dan Bone. Tersisa empat kabupaten yang belum membentuk kepengurusan, diantaranya Bantaeng, dan Selayar.
Penulis : Azho

 Komentar

 Terbaru

Ekonomi & Bisnis25 Oktober 2024 18:53
KN SAR Kamajaya Evakuasi 4 Penumpang Kapal Tenggelam di Pulau Samalona
MAKASSAR – Penumpang kapal jolloro dengan rute Pulau Kodingareng – Dermaga kayu Bangkoa dilaporkan tenggelam di sebelah selatan Pulau Sama...
Ekonomi & Bisnis25 Oktober 2024 14:29
SPKLU Semakin Mudah Dijangkau, BYD dan Haka Auto Dukung Ekosistem Kendaraan Listrik di Indonesia
JAKARTA – Di tahun ini, dua hal yang menjadi keraguan umum dari masyarakat Indonesia terkait kemampuan daya jelajah dan ketersediaan fasilitas pengi...
News25 Oktober 2024 13:03
Rumah Pengusaha Skincare Mirahayati Disegel, Tidak Kantongi IMB
MAKASSAR – Dinas Tata Ruang dan Bangunan Kota Makassar mendatangi bangunan mewah yang diduga milik pengusaha kosmetik Mirahayati pada Jumat (25/...
Ekonomi & Bisnis25 Oktober 2024 12:47
Late Nite Shopping TSM Makassar Hadir dengan Diskon Spesial hingga 70%
MAKASSAR – Merayakan HUT Trans Studio Mall (TSM) Makassar yang ke-14, TSM akan menggelar program Late Nite Shopping pada Sabtu, 26 Oktober 2024....