Logo Lintasterkini

Perayaan Hallowen di Itaewon, 146 Orang Tewas

Herwin Bahar
Herwin Bahar

Minggu, 30 Oktober 2022 08:33

Perayaan Hallowen di Itaewon
Perayaan Hallowen di Itaewon

SEOUL – Perayaan Hallowen di Itaewon berbuah tragedi. Sebanyak 146 orang dilaporkan meninggal dunia dan 150 orang terluka dalam perayaan pesta Hallowen di Itaewon, Yongsan-gu, Seoul, Korea Selatan, Minggu (30/10/2022) pukul 03.00 waktu setempat.

Informasi yang diperoleh, pihak Departemen Kebakaran Seoul menerima laporan sebagian massa pawai perayaan Halloween kesulitan bernapas sekitar pukul 22.22, Sabtu (29/10/2022).

Sekitar pukul 11.30, petugas memberikan pertolongan pertama kepada puluhan orang yang tidak sadarkan diri di dekat Hamilton Hotel in Itaewon.

“Sekitar 50 pasien mengalami henti jantung,” demikian laporan yang dipublikasi Koreaherald, Minggu (30/10/2022).

Kali pertama pengguna media sosial riuh melaporkan pawai massa bagian dari perayaan Halloween sejak Sabtu tengah malam, menjelang Minggu.

Diunggah pula beberapa foto dan video pertolongan terhadap korban. Unggahan lebih lanjut juga menunjukkan bagaimana kantong berwarna biru dijajar di tepian jalan. Kantong yang membungkus jasad mereka yang tidak lagi bernapas.

Koreanherald melaporkan sekitar 100.000 orang merayakan pekan Halloween dengan turun ke jalan.

Merespons kejadian tragis ini, Presiden Korea Selatan Yoon Suk-yeol memerintahkan semua kementerian dan lembaga, dipimpin Menteri Pelayanan Publik dan Administrasi, harus memberikan segala upaya untuk membantu korban.

Pernyataan Presiden Yoon Sul-yeol menurut Lee Jae-myung, wakil Juru Bicara Kepresiden, diikuti pula dengan instruksi untuk mengambil langkah mengantisipasi kerawanan akibat perayaan Halloween di seluruh negeri.

Belum ada informasi dari otoritas, mengapa massa berkumpul di satu lokasi dan menyebabkan sebagian di antaranya gagal bernapas.

Otoritas menyebutkan dari 120 orang meninggal, perinciannya 74 orang dibawa ke rumah sakit, 46 orang dibawa ke gedung multiguna.

Para korban sedang diidentifikasi. Korban meninggal berkisar pada usia 20-an tahun.

Departemen Pemadam Kebakaran menerjunkan 848 personel, termasuk 364 petugas pemadan kebakaran, untuk dimobilisasi dalam penanganan kecelakaan ini.

Sebanyak 142 ambulans juga disiagakan. Tragedi yang menelan ratusan korban jiwa dalam perayaan Hallowen berpusat di sekitar Hamilton Hotel di Itaewon.

Sebelumnya, sekitar pukul 23.30, di lokasi tersebut dilaporkan puluhan orang kesulitan bernapas karena padatnya kerumunan orang. (*)

 Komentar

 Terbaru

Hukum & Kriminal27 November 2022 19:46
‘Angin Segar’, Kejari Pinrang Wacanakan Restoratif Justice Untuk Kasus Narkoba
PiNRANG — Peningkatan signifikan kasus narkoba di Kabupaten Pinrang ternyata menjadi perhatian serius dari institusi Kejaksaan Negeri (Kejari) P...
News27 November 2022 15:54
Polres Palopo Bubarkan Aksi Balap Liar yang Kerap Meresahkan
PALOPO –Timsus Presisi Polres Palopo lakukan Penyisiran dan pembubaran aksi Balapan Liar sejumlah pemuda dibeberapa titik yang kerap dijadikan arena...
News27 November 2022 10:05
SMA Katolik Cenderawasih Gelar Festival Kearifan Lokal
MAKASSAR – SMA Katolik Cenderawasih menggelar “Festival Kearifan Lokal” sebagai Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Berbasis N...
News27 November 2022 10:03
Spectacular November bersama Hyundai Stargazer
MAKASSAR – Hyundai Gowa menggelar Showroom Event dengan tajuk Spectacular November Bersama Hyundai Stargazer pada hari Sabtu 26 November 2022 ...