Logo Lintasterkini

Reviewer Kurikulum Merdeka Belajar Kemendikbud Monev di Unismuh Makassar

Abdul Gaffar Mattola
Abdul Gaffar Mattola

Senin, 30 November 2020 22:18

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melakukan monitoring dan evaluasi (monev) implementasi program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) 2020, Senin (30/11/2020).
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melakukan monitoring dan evaluasi (monev) implementasi program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) 2020, Senin (30/11/2020).

MAKASSAR — Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melakukan monitoring dan evaluasi (monev) implementasi program bantuan bagi program studi menerapkan kerjasama kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) 2020, Senin (30/11/2020).

Kegiatan monev ini berlangsung secara daring dan luring. Khusus di Wilayah III di tempatkan di Lantai 17 Gedung Iqra Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar.

Kegiatan luring di kampus Unismuh Makassar ini dihadiri Koordinator Pembelajaran Belmawa Kemendikbud Dewi Wulandari, SS bersama rombongan.

Pada acara itu Prodi Ilmu Pemerintahan (IP) Fisip Unismuh Makassar diberi kesempatan pertama memaparkan capaian kegiatan dengan memilih program pertukaran mahasiswa, magang dan KKN Tematik.

Ketua Prodi IP Fisip Unismuh Makassar, Dr. Nuryanti Mustari, S.IP, M.Si memaparkan perkeembangan mahasiswa ilmu pemerintahan yang telah ikut program pertukaran mahasiswa dengan kuliah di Prodi Ilmu Pemerintahan Universitas Muhammadiyah Malang.

Dijelaskan juga dokumen yang telah dihasilkan pada program ini, termasuk evaluasi kurikulum, profil lulusan prodi, capaian pembelajaran prodi, Struktur kurikulum prodi, implementasi kurikulum merdeka belajar.

Reviewer monev Kurikulum MBKM, Prof. Dr. Ir Hendrawan Soetanto, M.Rur.Sc dalam penilaiannya mengatakan, Prodi Ilmu Pemerintahan Unismuh Makassar patut diberikan apresiasi yang tinggi. Hal itu dikatakan melihat hasil evaluasi yang dilakukannya selama ini.

“Prodi Ilmu Pemerintahan Universitas Muhammadiyah Makassar sangat siap pelaporannya, gerakan yang cepat, sehingga perlu diberi apresiasi dan patut di contoh,” ungkap Guru Besar di Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya Malang ini.

Hal senada Reviewer monev kurikulum MBKM lainnya, Alim Setiawan Slamet. Ia khusus menyampaikan ucapan selamat atas capaian pelaksanaan program kurikulum MBKM prodi ilmu pemerintahan yang dinilai bergerak cepat.

Ketua Lembaga Pendidikan dan Pengembangan Aktivitas Instruksional (LP2AI) Unismuh Makassar, Dr. Khaeruddin, S.Pd, M.Pd menambahkan, Unismuh Makassar meloloskan empat proposal Program Bantuan Program Studi Menerapkan Kerjasama Kurikulum MBKM yang diumumkan tanggal 31 Agustus 2020.

Keempat prodi itu yakni : Prodi S1 Ilmu Komunikasi, S1 Ilmu Pemerintahan, S1 Pendidikan Agama Islam dan S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

Koordinator Pembelajaran Belmawa Kemendikbud Dewi Wulandari, SS dan rombongan sebelum melakukan monev, diterima langsung oleh Rektor Unismuh Makassar, Prof. Dr. H. Ambo Asse, M.Ag. Rektor didampingi Ketua (LP2AI) Unismuh Makassar, Dr. Khaeruddin, S.Pd, M.Pd.

Turut hadir mengikuti monev dari Unismuh Makassar yakni Prodi Ilmu Komunikasi dengan Ketua Tim Dr. Muhammad Yahya, M.Si dan anggota tim Syukri, S.Sos, M.Si, Ahmad Syarif, S.Sos, M.I.Kom, Arni, S.Kom, Indah Elza Putri, S.Sos, M.I.Kom.

Untuk Prodi Ilmu Pemerintahan diketuai, Dr.Nuryanti Mustari, S.IP,M.Si. Anggota tim antara lain, Ahmad Harakan S.IP,M.HI, Hamrun,S.IP, M.Si.

Ketua Tim Prodi PAI, diketuai Dr. Amirah Mawardi, M.Si dan Ketua Tim Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia, Dr. Munirah, M.Pd. Selain itu juga hadir Sekretaris LP2AI) Unismuh Makassar, Nasrun, S.Pd, M.Pd. (*)

 Komentar

 Terbaru

Pengungsi Gempa Sulbar di Makassar Batal Pulang karena Positif Covid-19
News25 Januari 2021 10:41
Pengungsi Gempa Sulbar di Makassar Batal Pulang karena Positif Covid-19
Herman mengatakan, para pengungsi gempa Sulbar saat tiba di Makassar menjalani pemeriksaan PCR yang difasilitasi Dinas Kesehatan Sulsel. Selama di Mak...
26 Januari-8 Februari, Mendagri Perpanjang PPKM Jawa-Bali 
Bersama Melawan Covid-1925 Januari 2021 02:56
26 Januari-8 Februari, Mendagri Perpanjang PPKM Jawa-Bali
JAKARTA — Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Jawa dan Bali belum menunjukkan perkembangan menggembirakan. Untuk itulah, Pemerint...
Posko Daerah Berperan Tangani Krisis Pandemi dan Bencana
Bersama Melawan Covid-1925 Januari 2021 01:50
Posko Daerah Berperan Tangani Krisis Pandemi dan Bencana
"Keberadaan posko daerah ini berperan penting sebagai pusat bantuan dan koordinasi dalam masa darurat. Melalui posko ini, kami yakin penanggulangan pa...
Masyarakat di Lokasi Gempa Sulbar Abaikan Protokol Kesehatan
Bersama Melawan Covid-1925 Januari 2021 01:30
Masyarakat di Lokasi Gempa Sulbar Abaikan Protokol Kesehatan
"Kondisi di lapangan terlihat, masyarakat masih terlalu cuek dengan wabah (Covid-19) dan tidak menggunakan masker," kata Zecky Eko Triwahyudi, Minggu,...