Logo Lintasterkini

Pj Gubernur Sulsel Pimpin Upacara Peringatan HUT Korpri, Serahkan Penghargaan untuk 810 ASN

Redaksi
Redaksi

Kamis, 30 November 2023 09:10

(Foto: Pemprov Sulsel)
(Foto: Pemprov Sulsel)

MAKASSAR – Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, memimpin upacara peringatan HUT ke-52 Korpri di lapangan upacara rumah jabatan Gubernur Sulsel, Rabu (29/11/2023).

Pada kesempatan ini, Bahtiar juga menyerahkan penghargaan Satya Lencana Karya Satya untuk ASN yang telah mengabdi 30 tahun, 20 tahun, dan 10 tahun. Total, 810 ASN di lingkup Pemprov Sulsel yang menerima penghargaan ini.

Usai upacara, Bahtiar menyampaikan harapannya agar ASN bisa memperkuat kemampuan bekerja sama, berdasarkan sistem berlaku di dalam birokrasi pemerintahan.

Menurutnya, sehebat apa pun pejabat politik, seperti gubernur ataupun bupati, jika tidak didukung birokrasi yang kuat, tidak akan berhasil.

“Teman-teman Korpri juga harus melihat dan menyesuaikan dengan perubahan sesuai era digital,” ujarnya.

Bahtiar kembali mengingatkan tugas ASN sebagai pelayan masyarakat. Ia menilai, ASN di lingkup Pemprov Sulsel relatif maju dari sisi kualitas SDM. Hanya, masih ada kelemahan dari sisi kemampuan bekerja sama.

“Pintar, tapi belum terkonsolidasi kemampuan bekerja sama. Sebenarnya, kemampuan kerja sama ini bisa diikat dengan teknologi. Teknologi ini bisa menjadi sistem yang memaksa orang untuk bekerja sama sehingga tidak sporadis dan semua bisa kontinu dan simultan,” lanjutnya.

Menurut Bahtiar, dalam menggerakkan perbaikan menuju perubahan, khususnya peningkatan kesejahteraan masyarakat Sulsel, juga harus dibarengi dengan kemampuan ASN.

“Yang lebih penting bagi saya sebagai Pj Gubernur Sulsel adalah mengubah dan mengembalikan muruah para pegawai ini agar dekat dengan rakyat,” imbuhnya.

“ASN harus berani turun berjabat tangan bersama rakyat, jangan jauh dari mereka. Jangan mau didatangi, tapi datangi masyarakat. Ini yang sedang kita lihat di teman-teman Provinsi Sulsel,” tuturnya.

Untuk 2024 mendatang, Bahtiar berpesan agar 80 persen kegiatan harus di daerah, jangan menumpuk di Makassar. “Rakyat itu ada di seluruh kabupaten/kota. Kawan-kawan harus lebih banyak turun di lapangan. Sulsel itu 24 kabupaten/kota, jadi ngurus provinsi ini tidak boleh di Urip Sumoharjo saja. Teman-teman ASN harus lebih dekat dengan masyarakat,” pesannya.

 Komentar

 Terbaru

News22 Februari 2024 23:59
Presiden Jokowi Bagikan Bantuan Pangan ke 1.000 KPM di Maros
MAROS – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyalurkan Cadangan Beras Pemerintah untuk Bantuan Pangan Tahap 1 Tahun 2024 kepada 1.000 Keluarga Penerima M...
News22 Februari 2024 23:44
Presiden Jokowi Janjikan Pembangunan Stadion Baru di Makassar
MAKASSAR – Kabar gembira untuk masyarakat pecinta olahraga di Sulawesi Selatan. Presiden Republik Indonesia Joko Widodo menjajikan akan membangun se...
Ekonomi & Bisnis22 Februari 2024 23:14
CIMB Niaga Apresiasi Nasabah Istimewa di Makassar Lewat Gelaran Wealth Xpo
MAKASSAR – PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) menghadirkan signature event Wealth Xpo mengusung tema The Prospect of Indonesia’s Economy ...
Nasional22 Februari 2024 22:12
Muhammadiyah Tetapkan 1 Ramadan 11 Maret 2024 dan Idul Fitri 10 April 2024
JAKARTA – Awal puasa atau 1 Ramadan 1445 H akan segera ditetapkan oleh pemerintah melalui sidang isbat. Sidang isbat tersebut digelar oleh Kemen...