Logo Lintasterkini

Hentikan Bentrok, TNI Lepas Tembakan ke Udara

Muh Syukri
Muh Syukri

Minggu, 30 Desember 2012 08:38

ilustrasi
ilustrasi

ilustrasi

KAIRATU – Puluhan personel TNI dari Batalyon 512 dan Brimob Polda Maluku dikerahkan ke lokasi bentrokan antarwarga di Desa Hualoy, Kecamatan Kairatu, Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), Maluku. Hal itu menyusul terjadinya bentrokan antarwarga yang mengakibatkan sejumlah orang meninggal dunia, Sabtu (29/12/2012) petang.

Danrem 151 Binaya Kolenel Asep Kusnaidi saat dihubungi, Sabtu malam, mengatakan, pengerahan pasukan TNI dan Brimob itu untuk meredam adanya bentrok susulan warga kedua desa tersebut.

“Sudah ada 1 SSP (Satuan Setingkat Pleton, red) aparat Satgas TNI dari Batalyon 512 dan 1 SSP dari Brimob Polda Maluku yang dikerahkan ke lokasi bentrokan,” kata Asep.

Ia mengungkapkan, aparat TNI yang tiba lebih awal di lokasi kejadian sempat mengeluarkan tembakan peringatan untuk membubarkan kedua warga yang terlibat bentrokan. Ia juga menjelaskan, hingga kini akses jalan ke Desa Hualoy masih diblokade warga setempat.

“Untuk membubarkan masa yang saling menyerang, aparat TNI sempat mengeluarkan tembakan ke udara secara berulang kali,” katanya.

Meski akses jalan dari dan menuju Desa Hualoy masih diblokade warga, namun menurutnya, saat ini kondisi di lokasi bentrokan sudah dapat dikuasai oleh aparat keamanan. Ia pun mengajak warga agar tidak terprovokasi oleh berbagai hasutan orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Ia juga meminta warga agar menyerahkan sepenuhnya masalah tersebut ke aparat keamanan.

“Saya mengajak warga yang terlibat bentrok agar dapat menahan diri dan tidak terprovokasi. Saya juga mengajak pemuka agama dan tokoh masyarakat agar dapat menenangkan warganya,” pinta Danrem. (kpc)

 Komentar

 Terbaru

Pemerintahan28 Mei 2024 23:51
Pemkab Banggai Kagumi Inovasi Smart City di War Room Makassar
MAKASSAR – Bupati Kabupaten Banggai, Amirudin Tamoreka, melakukan kunjungan ke War Room Pemerintah Kota Makassar untuk mempelajari penerapan kon...
News28 Mei 2024 20:17
Inspektorat Daerah Makassar Tampilkan 4 Inovasi Pengawasan di Expo Pengawasan Intern Tahun 2024
MAKASSAR – Inspektorat Daerah Kota Makassar mengikuti Expo Pengawasan Intern 2024 di Jakarta. Makassar menjadi salah satu dari 30 Pemerintah Pro...
Gaya Hidup28 Mei 2024 16:00
Bugis Waterpark Adventure Kembali Gelar Kompetisi Zumba, Pesertanya Tembus Ribuan Orang
MAKASSAR – Ribuan orang mengikuti kompetisi zumba yang terselenggarakan pada Minggu, 26 Mei 2024. Kompetisi ini digelar di Main Foodcourt Bugis ...
News28 Mei 2024 14:25
KBO Satnarkoba Polres Sidrap Beri Penyuluhan Hukum Tentang Narkoba ke Masyarakat Sereang
SIDRAP – Kaur Bin Ops (KBO) Satnarkoba Polres Sidrap IPDA Amdaryono Saputra, SH memberikan Penyuluhan Hukum tentang Narkoba kepada masyarakat di...