Logo Lintasterkini

Kenapa Air Putih Penting Diminum Saat Bangun Pagi, ini Manfaatnya!

Budi S
Budi S

Minggu, 31 Januari 2021 16:39

Ilustrasi/Istimewa
Ilustrasi/Istimewa

JAKARTA – Air merupakan sumber kehidupan makhluk hidup, yang memiliki banyak manfaat. Bagi manusia, air putih perlu diminum secukupnya setiap hari.

Jangan sampai kita terlalu malas meminum air putih, bisa mengakibatkan dehidrasi. Kalau sudah dehidrasi, akan ada banyak komplikasi yang bisa membahayakan kesehatan.

Ada waktu ideal kita diharuskan untuk meminum air putih setiap hari. Salah satunya saat baru bangun dari tidur di pagi hari.

Selain itu, satu jam sebelum makan. Dikutip dari buku seni diet bahagia ala Hiromi Sinya, juga baiknya kita perlahan meminum air hangat saat udara dingin.

Jadi, ada baiknya untuk mulai membiasakan minum air putih setelah bangun pagi. Dengan kebiasaan dan rutinitas ini, kita bisa mendapat sejumlah manfaat.

Kita bisa merasakan sejumlah perubahan positif saat rutin minum air putih tiap pagi. Ini alasan tips kesehatan itu:

1. Laju Metabolisme Tubuh Bisa Meningkat

Mengutip laman lifehack.org, minum air putih saat perut dalam keadaan kosong bisa meningkatkan laju metabolisme setidaknya sebanyak 24%.
Ini sangat penting bagi kita, khususnya yang sedang menjalani program diet. Meningkatnya laju metabolisme bisa meningkatkan sistem pencernaan tubuh.

2. Sistem Pencernaan Bisa Lebih Mudah Menyerap Nutrisi

Minum air putih saat perut kosong pada pagi hari bisa bantu membersihkan usus.

Apa efeknya? Dengan begini, sistem pencernaan akan lebih siap dan lebih mudah menyerap nutrisi yang akan masuk dari makanan yang akan kita konsumsi pada hari tersebut.

3. Kulit Bisa Tampak Lebih Cerah

Ingin mendapatkan kulit yang lebih sehat dan tampak lebih cerah? Yuk, mulai biasakan minum air putih tiap pagi. Air bisa membantu mengeluarkan racun-racun dari dalam darah. Hal ini bisa berdampak langsung pada kulit kita. Kulit bisa tampak lebih cerah dan bersinar.

4. Rambut Lebih Sehat dan Lembut

Dehidrasi bisa berdampak sangat buruk pada pertumbuhan rambut. Minum banyak air putih bisa menutrisi rambut dari dalam ke luar. Air menyusun hampir 1/4 dari berat setiap helai rambut.

Kekurangan cairan bisa menyebabkan rambut rapuh dan tipis. Minum air putih setiap bangun pagi bisa bantu meningkatkan kualitas rambut. Sehingga rambut bisa menjadi lebih sehat dan lembut.

5. Kekebalan Tubuh Meningkat

Di tengah cuaca yang kurang bersahabat atau mungkin pola hidup yang kurang baik, sangatlah penting untuk selalu memastikan kebutuhan cairan tubuh tercukupi. Minum air putih dalam keadaan perut kosong bisa bantu menyeimbangkan sistem limfa. Hal ini pun bisa meningkatkan kekebalan tubuh kita. Kekebalan tubuh yang kuat dapat mengurangi risiko terkena berbagai penyakit.

6. Menurunkan Risiko Terkena Batu Ginjal

Minum air putih setelah bangun pagi sangat penting untuk mencegah batu ginjal dan infeksi kandung kemih. Minum air putih dapat mengencerkan kandungan asam pembentuk batu ginjal. Minum air putih yang cukup dapat mencegah kita terkena infeksi kandung kemih yang disebabkan oleh racun.

7. Tubuh Terasa Lebih Segar

Sering merasa lemas tiap bangun pagi? Yuk, coba langsung minum segelas air putih. Mengutip laman everydayhealth.com, minum segelas air putih setelah bangun tidur dapat membantu membersihkan sistem sirkulasi tubuh dari radikal bebas dan residu bekas kalori yang terbakar pada metabolisme yang berlangsung saat malam hari. Tubuh pun akan terasa lebih segar. (*)

 Komentar

 Terbaru

Miniatur F8 Bakal Sambut Muhibah Budaya dan Festival Rempah 2021
Wisata dan Budaya22 April 2021 04:23
Miniatur F8 Bakal Sambut Muhibah Budaya dan Festival Rempah 2021
Danny Pomanto mengapresiasi dan mendukung rencana festival pelayaran tersebut....
5 Pasangan Bukan Pasutri Kepergok Pesta Miras di Gowa
Ramadhan22 April 2021 03:39
5 Pasangan Bukan Pasutri Kepergok Pesta Miras di Gowa
Tim UKL 02 telah mengamankan lima pasangan pria dan wanita di salah satu indekos di wilayah Kecamatan Somba Opu....
Danny Maknai Hari Kartini Teladan Emansipasi Wanita Masa Kini
News22 April 2021 03:35
Danny Maknai Hari Kartini Teladan Emansipasi Wanita Masa Kini
Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan "Danny" Pomanto menyampaikan harapannya pada peringatan Hari Kartini, Rabu (21/04/2021)....
Di Hari Kartini, Kapolsek Parangloe Berbagi Sembako ke Warga
News22 April 2021 00:38
Di Hari Kartini, Kapolsek Parangloe Berbagi Sembako ke Warga
Tidak hanya menyasar keluarga prasejahtera, bantuan bingkisan sembako itu juga diberikan kepada marbot Masjid....