Logo Lintasterkini

Pj Gubernur Sulsel Bentuk Satgas Kesehatan Jaga Keselamatan Petugas Pemilu 2024

Redaksi
Redaksi

Rabu, 31 Januari 2024 09:05

Pj Gubernur Sulsel Bentuk Satgas Kesehatan Jaga Keselamatan Petugas Pemilu 2024

MAKASSAR – Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, menunjukkan komitmennya dalam menjaga keselamatan dan kesehatan para petugas Pemilu 2024 melalui pembentukan Satgas Kesehatan Petugas Pemilu. Sulsel merupakan provinsi pertama di Indonesia yang memiliki satgas kesehatan seperti ini.

Hal itu terungkap dalam Rakor Kesiapsiagaan Bidang Kesehatan Pemilu dan Pilkada Serentak 2024 yang dirangkaikan penandatanganan perjanjian kinerja perangkat daerah 2024 di Hotel Four Points by Sheraton, Jalan Andi Djemma, Makassar, Selasa (30/1/2024).

Hadir Forkopimda Sulsel, bupati dan wali kota se-Sulsel, jajaran KPU dan Bawaslu Sulsel, pimpinan instansi vertikal, kepala unit kesehatan unsur TNI/Polri se-Sulsel, pimpinan perguruan tinggi, ketua organisasi profesi kesehatan, serta pimpinan rumah sakit pemerintah dan swasta.

“Hanya provinsi Sulsel di Indonesia yang punya satgas seperti ini,” kata Pj Gubernur Bahtiar.

Dia mengungkapkan kehadiran Satgas Kesehatan Petugas Pemilu ini sebagai hasil refleksi dari banyaknya petugas penyelenggara pemilu yang meninggal dunia pada Pemilu 2019 lalu. Total ada 894 petugas yang meninggal dunia dan 5.175 petugas mengalami sakit akibat kelelahan.

“Kita tidak mau kejadian tahun 2019 yang banyak petugas kelelahan, lalu ada yang meninggal dan sakit, itu terulang. Upaya antisipasi dan pencegahan harus dilakukan,” ujarnya.

Pj Gubernur Bahtiar mengatakan dengan adanya pos pembantu kesehatan di tiap TPS, maka petugas medis bisa segera sigap dan cepat memberikan pertolongan pertama jika ada petugas yang sakit.

“Alhamdulillah luar biasa, dukungan juga dari Polda Sulsel, saya tahu petugas medisnya juga ikut, Kodam XIV Hasanuddin seluruh petugas medisnya juga turut serta, Angkatan Laut dan Angkatan Udara juga ikut, perguruan tinggi dan relawan kesehatan di Sulsel,” imbuhnya.

Kepala Dinas Kesehatan Sulsel, Ishaq Iskandar, mengatakan layanan kesehatan ini akan hadir pada 20 ribu TPS lebih. Di posko kesehatan, ada dokter, para medis, apoteker dan ambulans.

“Dengan begitu, kita bisa mengantisipasi jika ada petugas yang sakit ataupun kelelahan,” tuturnya.

 Komentar

 Terbaru

Ekonomi & Bisnis21 Februari 2024 22:00
Indosat Ooredoo Hutchison-Lintasarta Jalin Kerjasama Strategis Terkait Implementasi Digitalisasi Faskes
LAMPUNG –  PT Indosat Tbk (Indosat Ooredoo Hutchison, Indosat, atau IOH) melalui Authorized Channel Partner (ACP) Indosat Business yaitu PT Dis...
News21 Februari 2024 21:35
Pangdam XIV/Hasanuddin Sambut Kedatangan RI 1 di Lanud Sultan Hasanuddin
MAROS – Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Bobby Rinal Makmun selaku Panglima Komando Satgas Gabungan Terpadu (Pangkogasgabpad) Pam VVIP menyambu...
Nasional21 Februari 2024 21:07
Jokowi Resmi Lantik AHY Jadi Menteri ATR/BPN
JAKARTA Presiden Joko Widodo melantik secara resmi Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang/Ba...
Kuliner21 Februari 2024 20:32
Nikmati Menu Serba Rp15 Ribu di Lokarasa Eats & Drink Pengayoman 
MAKASSAR — Lokarasa Eats & Drink menawarkan enam ragam menu spesial dengan harga Rp15 ribu. Program harga terjangkau ini berlaku hingga akhir F...