Logo Lintasterkini

Resmob Polda Sulsel Amankan 3 Pelaku Perampasan Mobil di Bulukumba

Herwin Bahar
Herwin Bahar

Kamis, 31 Agustus 2023 12:23

Tiga tersangka (duduk) diamankan tim Resmob Polda Sulsel
Tiga tersangka (duduk) diamankan tim Resmob Polda Sulsel

BULUKUMBA – Tiga orang yang diduga melakukan perampasan mobil diamankan aparat Resmob Polda Sulsel, Senin (28/8/2023) dini hari. Penangkapan dipimpin langsung Kanit Resmob Polda Sulsel Kompol Dharma Negara beserta Panit 1 Iptu Sunardi.

Penangkapan dilakukan sesuai dengan nomor polisi LP / B / 285 / III / 2023 / SPKT / POLDA SULSEL. Para pelaku diamankan ditiga tempat berbeda. Yakni BTN Sanur Park Kecamatan Gantarang Kabupaten Bulukumba, Jalan Bontomanai Kecamatan Bulukumpa Kabupaten Bulukumba dan Jalan Poros Desa Mattoanging Kecamatan Kajang Kabupaten Bulukumba. Tiga pelaku yang diamankan yakni Syamsir (41), Muhammad Ramli (41) dan Dedi Bin Lahamid (52).

Informasi yang dihimpun, sesuai dengan keterangan pelapor bernama Muhammad Arifin yang berprofesi sebagai petani, berawal ketika korban membeli satu unit mobil Dalhatsu B400RS-GMDEJ 1.0 MT dengan nopol DD 1175 XAW seharga Rp 105.000.000.

Diketahui mobil tersebut hasil lelang yang di selenggarakan oleh negara karena barang rampasan Negara, sesuai putusan pengadilan nomor 1097/Pid.Sus/2020/PN Mks, dan hasil kutipan risalah lelang nomor : 119/72/2022 tanggal 21 Februari 2022.

Selanjutnya pada tanggal 25 Maret 2023, para pelaku merampas mobil tersebut dari tangan korban, dengan alasan mobil tersebut menunggak di pembiayaan Adira Finance.  Saat itu, korban kemudian memperlihatkan BPKB mobil kepada para pelaku.

Namun para pelaku mengatakan bahwa BPKB tersebut palsu. Selanjutnya mobil tersebut langsung dibawa paksa oleh para pelaku. Korban yang merasa dirugikan langsung melaporkan kejadian itu ke polisi.

Pihak Resmob Polda Sulsel yang menerima laporan informasi selanjutnya melakukan penyelidikan. Setelah mendapatkan informasi keberadaan ketiga pelaku di rumahnya di daerah Bulukumba, tim kemudian bergerak ke lokasi tersebut dan berhasil mengamankan terduga pelaku berikut barang bukti. Selanjutnya terduga pelaku beserta barang bukti diamankan ke Posko Resmob Polda Sulsel.

“Tiga pelaku berhasil diamankan. Sementara satu orang berinisial SB sementara DPO,” ujar Kanit Resmob Polda Sulsel Kompol Dharma Negara, Kamis (31/8/2023).

Hasil interogasi, para pelaku mengakui mengambil mobil tersebiut secara paksa dengan alasan mobil tersebut di cari oleh salah satu pembiayaan lantaran pembayaran cicilannya menunggak. Saat  mengambil mobil tersebut, para pelaku memperlihatkan SK (Surat Kuasa)  kepada korban.

Saat ini, ketiga pelaku sudah diamankan bersama barang bukti untuk keperluan penyidikan lebih lanjut. Sementara seorang yang menjadi DPO masih dalam pengejaran polisi. (*)

 Komentar

 Terbaru

Ekonomi & Bisnis15 Juni 2024 23:05
Pembukaan Kalla Toyota Expo, Pengunjung Membeludak Ingin Melihat Rangga
MAKASSAR – Toyota Expo by Kalla Toyota resmi dibuka. Pameran otomotif kali ini hadir dengan tema Rangga, Ekspresikan Dirimu. Event kali ini akan...
Ekonomi & Bisnis15 Juni 2024 22:57
HUT ke-54 Astra Motor Manjakan Konsumen dengan Promo Menarik
JAKARTA – Astra Motor selaku Main Dealer motor Honda berikan berbagai promosi menarik bagi konsumen setia pada perayaan hari ulang tahun (HUT) k...
Hukum & Kriminal15 Juni 2024 22:53
Kelanjutan Kasus Dugaan Pencabulan Caleg Terpilih Di Pinrang Menunggu Hasil Gelar Perkara
PINRANG — kasus dugaan pencabulan yang menyeret KA, seorang Caleg Terpilih di Kabupaten Pinrang masih terus berlanjut dan didalami penyidik Unit...
News15 Juni 2024 20:04
Lebaran Iduladha, Dishub Makassar Siapkan Rekayasa Lalu Lintas dan Ratusan Personel
MAKASSAR – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Makassar proaktif dalam persiapan personel dan rekayasa lalu lintas dalam menghadapi perayaan Lebaran...