Logo Lintasterkini

Teror Bom Masjid di Makassar, Diduga Peneror Lewat Telfon Berhasil Diamankan

Maulana Karim
Maulana Karim

Kamis, 31 Desember 2020 14:23

Lokasi kejadian.
Lokasi kejadian.

MAKASSAR – Masjid Mujahidin yang terletak di Jalan Maccini Sawah, Kelurahan Maccini, Kecamatan Makassar ini digegerkan teror oleh orang tak dikenal (OTK) yang menelfon mengaku telah menyimpan bom didalam Masjid tersebut, Kamis malam (30/12/2020) malam.

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun, Lintasterkini.com, sejumlah personel Gegana dari Satuan Brimob Polda Sulawesi Selatan (Sulsel) sudah berada di lokasi untuk melakukan pemeriksaan benda mencurigakan tersebut. Terlihat juga mobil dari Reserse Mobile (Resmob) Polda Sulsel berada di lokasi untuk sterilisasi lokasi.

Menurut Ir. Ila H Muhammad salah satu pengurus masjid Mujahidin, sekitar pukul 17.15 wita, dirinya ditelpon oleh orang tak dikenal OTK. Dalam percakapan orang tersebut mempertanyakan kalo di mesjid tersebut ada kalender

”Awalnya pelaku bertanya ke saya lewat telepon, “ada kalender, saya jawab tidak ada lalu pelaku berkata tidak saya cari kalender Masjid mujahidin, lalu saya jawab. Maaf Masjid mujahidin tidak bikin kalender untuk dibagikan, lalu dijawab pelaku ok pale sudahmi sambil memutuskan teleponya,” ungkap H Muhammad.

Berselang beberapa menit, Menurut Ir. Ila H Muhammad bahwa pelaku peneror tersebut kembali menelpon dengan nomor yang sama, tapi pengurus masjid ini tidak menjawab panggilan tersebut.

Lantaran penasaran ingin tahu siapa penelpon tersebut, H Muhammad menelpon kembali pelaku, kali ini menggunakan Handphone milik anaknya.

Setelah terjadi percakapan via telephon antara H Muhammad dengan pelaku, kata H Muhammad pelaku peneror mengakui jika ia teroris dan mengancam ingin menghancurkan mesjid Mujahidin.

“Saya teroris dan mau hancurkan masjjid Mujahidin” tutur H Muhammad yang menirukan peneror tersebut.

Akibat ancaman yang disampaikan pelaku tersebut, H Muhammad berinsiatif melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Makassar.

Setelah mendapatkan laporan personil Opsnal Polsek Makassar langsung menuju lokasi tempat kejadian perkara (TKP).

Kapolsek Makassar, Kompol Muh Kodrat yang mendapatkan informasi tersebut mengatakan langsung kordinasi dengan Jibom satuan Detasemen Gegana Brimob Polda Sulsel.

“Setelah menerima laporan tersebut kami melakukan penyelidikan awal dan melakuakan kordinasi dengan Jatanras Polda Sulsel, Jatanras Polrestabws Makassar dan Detasemen Gegana Brimob Polda Sulsel, untuk menindak lanjuti laporan dan setibanya tim jibom langsung melakukan strilisasi sekitar mesjid tersebut,” tuturnya

Kodrat juga menambahkan bahwa pria bernama Zulkifli ini diamankan di sekitar kawasan Jalan A P Pettarani Makassar, tidak lama setelah petugas gabungan menyelidiki kasus tersebut.

“Terduga pelakunya satu. Diamankan tadi saat tim sebagian yang melakukan pengejeran,” kata Kapolsek Makassar, Kompol Kodrat Hartanto kepada wartawan saat ditemui di kantornya, Rabu malam.

Kata Kodrat, pria yang berumur 21 tahun itu kini sementara menjalani pemeriksaan lebih lanjut di Mako Polrestabes Makassar guna mengetahui motif dibalik aksi teror tersebut.

“Modusnya yang bersangkutan menelfon mengancam dengan mengatakan ada benda yang diletakkan dan mengancam akan meledakkan masjid. Masih kita dalami sementara kita introgasi pelaku ini,” ungkapnya.

Lanjut, Muh Kodrat menambahkan bahwa diduga pelaku teror yang menelfon telah diamankan dan di bawah ke Polrestabes Makassar guna proses hukum lebih lanjut.(*)

 Komentar

 Terbaru

Pekan ini, AUHM dan Sapma PP Sulsel Salurkan Bantuan Gempa Sulbar
News20 Januari 2021 18:52
Pekan ini, AUHM dan Sapma PP Sulsel Salurkan Bantuan Gempa Sulbar
Posko bantuan telah didirikan sejak Minggu (17/01/2021). Bertempat di Ratu Karaoke, Jalan Gunung Latimojong....
9 Fraksi di Komisi III DPR RI Setuju Komjen Listyo Jabat Kapolri
Nasional20 Januari 2021 17:27
9 Fraksi di Komisi III DPR RI Setuju Komjen Listyo Jabat Kapolri
Rabu (20/01/2021) tadi, Komjen Listyo mengikuti fit and proper test atau uji kelayakan di Komisi III DPR RI....
CSC Indonesia Turut Bantu Korban Gempa Sulbar
News20 Januari 2021 17:06
CSC Indonesia Turut Bantu Korban Gempa Sulbar
Sebelum bantuan itu diberangkatkan lanjut Deby, pihaknya terus berkoordinasi dengan relawan dokter IDI Makassar...
Kabur ke Hutan, Dua Pencuri Tabung Gas di Barru Dibekuk
Hukum & Kriminal20 Januari 2021 16:40
Kabur ke Hutan, Dua Pencuri Tabung Gas di Barru Dibekuk
Aksi keduanya juga terungkap, tidak hanya di Barru. Juga pernah melakukan aksi serupa di Pangkep baru-baru ini....