Logo Lintasterkini

Vaksin Covid-19 Efektif Meski Virus Bermutasi

Abdul Gaffar Mattola
Abdul Gaffar Mattola

Kamis, 31 Desember 2020 01:04

Vaksinolog, dr. Dirga Sakti Rambe.
Vaksinolog, dr. Dirga Sakti Rambe.

JAKARTA — Kehadiran 1.2 juta vaksin ke Indonesia memberikan harapan bagi penanganan Covid-19 di Indonesia. Sementera Pemerintah menunggu hasil uji klinik fase III dan evaluasi Badan Pengawas Obat dan Makanan (Badan POM) sebagai dasar untuk mengeluarkan izin penggunaan vaksin Covid-19. Di sisi lain, perkembangan informasi yang simpang siur di masyarakat terkait vaksin seringkali menyesatkan.

Informasi yang kurang tepat dan tidak sesuai mempengaruhi tingkat penerimaan masyarakat terhadap vaksin. Oleh karena itu perlu untuk meluruskan informasi kepada masyarakat agar menjawab keragu-raguan.

Terkait mutasi virus Covid-19 di Inggris, dr. Dirga Sakti Rambe, Vaksinolog sekaligus Spesialis Penyakit Dalam menerangkan, bahwa hal tersebut merupakan sifat alami dari virus. Menurut dokter ini bahwa Virus itu pasti bermutasi.

Dia melanjutkan, supaya virus tidak bermutasi terus-menerus, masyarakat harus meminimalisir atau menghentikan penyebaran penyakit. Sampai saat ini mutasi-mutasi yang ada itu tidak berdampak pada efektivitas vaksin.

“Tapi kita tidak tahu, satu tahun lagi bagaimana dampak dari mutasi ini. Oleh karena itu saya tekankan bahwa kita harus konsisten menerapkan protokol pencegahan 3M (Memakai masker, Mencuci tangan, dan Menjaga jarak) supaya penyebaran Covid-19 ini bisa kita cegah,” terang dr. Dirga Sakti Rambe, Selasa (29/12/2020).

dr. Dirga menjelaskan bahwa vaksin Covid-19 tergolong dalam jenis vaksin mati. Vaksin mati artinya vaksin yang diberikan kepada tubuh kita tidak berisiko atau risikonya nol untuk menyebabkan penyakit.

“Jadi tidak mungkin ada orang setelah divaksinasi Covid-19 menjadi sakit Covid-19. Itulah keunggulan dari vaksin mati,” ujarnya. (*)

 Komentar

 Terbaru

Tenaga Ahl BNPB Ungkap Doni Monardo belum Divaksin Covid-19
Bersama Melawan Covid-1924 Januari 2021 03:17
Tenaga Ahl BNPB Ungkap Doni Monardo belum Divaksin Covid-19
“Ini untuk meluruskan informasi bahwa Pak Doni sudah menjalani vaksinasi pada 13 Januari 2021. Padahal beliau akan divaksinasi pada pekan depan bers...
Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Tertular Virus Corona Saat Makan Bersama
Bersama Melawan Covid-1924 Januari 2021 02:52
Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Tertular Virus Corona Saat Makan Bersama
“Karena saat makan kita pasti lepas masker dan celah penularan terbuka. Sebaiknya saat makan, tidak ada orang lain di sekitar kita untuk mencegah te...
Update 23 Januari, Pasien Covid-19 Meninggal Dunia Capai 27.664 Jiwa
Bersama Melawan Covid-1924 Januari 2021 00:49
Update 23 Januari, Pasien Covid-19 Meninggal Dunia Capai 27.664 Jiwa
JAKARTA — Perkembangan harian penanganan Covid-19 per hari ini, Sabtu (23/1/2021) kembali mencatat tambahan pada angka pasien yang meninggal dun...
Dirjendikti Percayakan LLDIKTI IX Salurkan Bantuan Gempa Mamuju
News24 Januari 2021 00:20
Dirjendikti Percayakan LLDIKTI IX Salurkan Bantuan Gempa Mamuju
"Dengan kepercayaan ini, LLDikti Wilayah IX lebih bersemangat lagi untuk menyalurkan program bantuan untuk korban dan lebih khusus lagi program recove...