Logo Lintasterkini

Dansatgas Pamtas Resmikan Bangunan Baru Pos Yakyu

Muh Syukri
Muh Syukri

Jumat, 06 Maret 2020 22:56

Dansatgas Pamtas Resmikan Bangunan Baru Pos Yakyu

MERAUKE – Komandan Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Dansatgas Pamtas) RI-PNG Yonif MR 411/Pdw Kostrad Mayor Inf Rizky Aditya S.Sos., M.Han. meresmikan bangunan baru Pos Yakyu, bertempat di RT 03 Yakyu, Kampung Rawa Biru, Distrik Sota, Kab. Merauke, Papua, Jumat (6/3/2020).

Dansatgas Yonif 411 Kostrad Mayor Inf Rizky Aditya S.Sos., M.Han., mengungkapkan bahwa peresmian bangunan baru Pos Yakyu menjadi kado istimewa pada HUT Kostrad ke-59 tahun 2020. Hal tersebut menjadi simbol persatuan menjaga NKRI yang dipersembahkan Satgas Yonif MR 411/Pdw Kostrad dan masyarakat Suku Kanum Papua, tepatnya di RT 03 Yakyu, Kampung Rawa Biru, Distrik Sota.

Menurutnya, menjadi istimewa lantaran Pos Yakyu sejak pertama berdirinya tahun 2015 menempati tanah dan rumah kecil semi permanen yang dipinjamkan warga atas nama Bapak Railey Baiau Maywa (61 th).  Dengan tekad dan semangat, diawal tugasnya pada Oktober 2019, Satgas Yonif MR 411/Pdw Kostrad Pos Yakyu bersama dengan masyarakat membangun pos baru di tanah yang dihibahkan Kepala Suku Kanum Yakyu Bapak Dominggus Maiwa (71 th).

“Atas nama TNI AD kami mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh masyarakat Yakyu dan para donatur yang telah membantu kelancaran pembangunan pos ditempat baru. Dikerjakan secara gotong royong selama lebih dari 4 bulan dari Oktober 2019-Maret 2020, tentunya menjadi simbol persatuan TNI-Rakyat dalam menjaga keutuhan NKRI,” terangnya.

Keberadaan pos yang baru ini, tambah Mayor Inf Rizky, harapannya dapat meningkatkan moril para anggota dalam melaksanakan tugas pokok menjaga keamanan wilayah perbatasan RI-PNG. Nantinya Satgas Pamtas selanjutnya sudah bisa menempati bangunan pos baru. Pos Yakyu yang baru juga menjadi kebanggaan masyarakat Yakyu.

Sementara itu, Kepala Suku Kanum Yakyu Bapak Dominggus Maiwa dalam sambutannya menyampaikan rasa bangga dan senang, karena saat ini Pos Yakyu sudah  berdiri kokoh memiliki bangunan baru semi permanen yang lebih besar dan layak.

“Kami masyarakat Yakyu yang tinggal dipedalaman ini sangat senang sudah memiliki Pos TNI yang bagus, terimakasih banyak Satgas Yonif MR 411/Pdw Kostrad sudah menjadi pelopor untuk membangun pos baru dengan penuh semangat bersama-sama dengan warga Yakyu,” ucapnya.

Letda Inf I Komang Adhi selaku Danpos Yakyu mengatakan, selama lebih dari 4 bulan personel Pos Yakyu yang berjumlah 18 orang setiap hari bahu membahu bergotong royong membangun pos semi permanen ditempat yang baru. Semangat, kebersamaan, kekompakan, dan kekeluargaan antara Satgas dan masyarakat Yakyu menjadi modal dalam mendirikan pos baru ditengah-tengah segala keterbatasan yang ada

Turut hadir dalam acara peresmian diantaranya Pasi Ops Korem 174/ATW Mayor Inf Nuryono, Danramil Sota, Danki D Satgas (Danpos Kuler), para Pasi Satgas Yonif MR 411/Pdw Kostrad, Perwakilan BPJS Merauke dan Noken Show Merauke. (*)

 Komentar

 Terbaru

News16 April 2024 22:51
Pasca Libur Lebaran Idul Fitri, Pemkab Pinrang Gelar Apel Gabungan
PINRANG — Bupati Pinrang Irwan Hamid bersama Wakil Bupati Pinrang Alimin memimpin langsung Apel Gabungan dalam rangkaian Halal bi halal hari per...
Pemerintahan16 April 2024 20:38
Indira Yusuf Ismail Ajak Kolaborasi Wujudkan Makassar Terus Dua Kali Tambah Baik
MAKASSAR – Keluarga Besar Perumda Air Minum (PDAM) Kota Makassar menggelar Halal Bihalal di hari pertama berkantor pasca Lebaran Idul Fitri 1 Sy...
Ekonomi & Bisnis16 April 2024 20:33
Verso Kursus Barista di Kota Makassar Resmi Menjadi Corporate Membership SCAI
MAKASSAR – Verso Barista Academy (VBA) adalah salah satu tempat kursus barista di Kota Makassar yang sangat populer dan telah melahirkan ratusan...
Pendidikan16 April 2024 20:21
ITB Nobel Alauddin Gagas Pengembangan Kerjasama ke Pemkot Makassar
MAKASSAR – Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) Nobel menawarkan kerjasama ke Pemerintah Kota Makassar. Kerjasama tersebut dalam bidang pengemban...