Logo Lintasterkini

Wali Kota Makassar Bicara Empat Kategori Pemimpin pada Peluncuran Buku Prof. Aminuddin Ilmar

Redaksi
Redaksi

Kamis, 01 Februari 2024 08:08

(Foto: Pemkot Makassar)
(Foto: Pemkot Makassar)

MAKASSAR – Wali Kota Makassar, Moh. Ramdhan “Danny” Pomanto, bicara mengenai pemimpin peradaban pada peluncuran buku “Kepemimpinan Pemerintahan” karya Prof. Aminuddin Ilmar.

Danny Pomanto mengatakan ada empat kategori pemimpin. Pertama, pemimpin proyek. Kedua, pemimpin politik. Ketiga, pemimpin negarawan. Keempat, pemimpin peradaban.

Dia melanjutkan pemimpin proyek hanya memikirkan satu tahun jabatannya, pemimpin politik hanya memikirkan lima tahun kekuasaannya, sedangkan negarawan memikirkan masa depan negaranya hingga 25 tahun.

Lebih jauh, sosok pemimpin yang terbaik ialah peradaban memikirkan masa depan negaranya lebih jauh lagi, melebihi batas umurnya.

“Sosok pemimpin peradaban yang jangkauan pikirannya mencapai 100 tahun ke depan,” kata Danny Pomanto pada sela-sela acara di Hotel Aryaduta, Makassar, Rabu (31/1/2024).

Selain itu, yang terpenting baginya ialah mendidik para birokrat menjadi pemimpin terbaik di masa depan yang mampu bekerja dalam badai.

Ibarat bekerja dan berjalan di dalam badai dengan payung. Payung tidak mampu menahan badai, tetapi bisa berjalan atau bekerja dalam badai.

“Jadi, saya mendidik birokrat Makassar seperti itu, tahan terhadap badai, hadapi badai, bekerja dengan baik dengan kehati-hatian,” ucapnya.

Itulah, kata dia, salah satunya ada dalam buku yang ditulis Prof. Aminuddin itu. Makanya pesannya mesti menjadi pembelajaran bagi semua pihak.

Di samping itu, dalam sisi religiositas, dia mengutip hadis Nabi Muhammad saw. yang mengatakan setiap orang adalah pemimpin dan setiap pemimpin akan dimintai pertanggungjawaban.

 Komentar

 Terbaru

News22 Februari 2024 23:59
Presiden Jokowi Bagikan Bantuan Pangan ke 1.000 KPM di Maros
MAROS – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyalurkan Cadangan Beras Pemerintah untuk Bantuan Pangan Tahap 1 Tahun 2024 kepada 1.000 Keluarga Penerima M...
News22 Februari 2024 23:44
Presiden Jokowi Janjikan Pembangunan Stadion Baru di Makassar
MAKASSAR – Kabar gembira untuk masyarakat pecinta olahraga di Sulawesi Selatan. Presiden Republik Indonesia Joko Widodo menjajikan akan membangun se...
Ekonomi & Bisnis22 Februari 2024 23:14
CIMB Niaga Apresiasi Nasabah Istimewa di Makassar Lewat Gelaran Wealth Xpo
MAKASSAR – PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) menghadirkan signature event Wealth Xpo mengusung tema The Prospect of Indonesia’s Economy ...
Nasional22 Februari 2024 22:12
Muhammadiyah Tetapkan 1 Ramadan 11 Maret 2024 dan Idul Fitri 10 April 2024
JAKARTA – Awal puasa atau 1 Ramadan 1445 H akan segera ditetapkan oleh pemerintah melalui sidang isbat. Sidang isbat tersebut digelar oleh Kemen...