Logo Lintasterkini

Pungutan Liar di Pantai Losari, Danny Ingin Oknum Penagih Ditangkap

Isman
Isman

Kamis, 01 April 2021 23:02

Suasana di kawasan kuliner Anjungan Pantai Losari (Istimewa)
Suasana di kawasan kuliner Anjungan Pantai Losari (Istimewa)

MAKASSAR — Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto angkat bicara soal dugaan aksi pungutan liar (pungli) kepada pedagang di Anjungan Pantai Losari.

Aparat kepolisian diminta untuk mengusut tuntas dugaan pungli tersebut. Pasalnya, pedagang kecil di Pantai Losari diresahkan.

Adapun bentuk pungli berdasarkan pengakuan pedagang di Anjungan Pantai Losari, yakni gerobak dipungut Rp10.000 per hari. Sementara asongan ditarik Rp5.000 setiap harinya.

“Tangkap orang-orang begini, silakan lapor, suruh tangkap saja,” tegas Danny, sapaannya, Kamis (01/4/2021).

Danny menegaskan tak ada toleransi terhadap mereka yang merenggut kesejahteraan pedagang kecil. Apalagi dengan cara memungut biaya kepada mereka.

“Siapa pun yang menikmati uang pungli suruh tangkap,” sebut Danny.

Apalagi aksi pungli tersebut mengatasnamakan oknum Unit Pelaksana Tugas Daerah (UPTD) Losari.

Plt Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Makassar, Muhammad Rum mengaku sudah mendapatkan laporan ihwal adanya pungli tersebut.

Roem menegaskan tak ada pungutan kepada para pedagang di kawasan Pantai Losari. Sehingga, penarikan pungutan dalam bentuk apapun adalah ilegal.

“Saya juga sudah liat itu video, dan saya sudah perintahkan kepada kepala UPTD untuk mencari dan mengusut tuntas persoalan itu. Kalau perlu dilaporkan,” ungkap Rum.

Menurut Rum, meskipun kejadian di video itu sudah berlangsung lama namun perlu dilakukan pengusutan. Sebab, hal itu sangat meresahkan para pedagang, apalagi pungli itu sudah mengatasnamakan UPTD Losari.

“Itu harus diproses sesuai ketentuan, kalau memang UPTD tidak terlibat di situ harusnya dilaporkan, ini sudah merusak tatanan pemerintahan,” tuturnya.

Ia pun mengimbau kepada seluruh pedagang untuk terus berkoordinasi. Kemudian melaporkan segera jika peristiwa serupa terjadi lagi.(*)

 Komentar

 Terbaru

Sekkot Ajak Masyarakat jadi Motivator Makassar Recover
Bersama Melawan Covid-1916 April 2021 01:10
Sekkot Ajak Masyarakat jadi Motivator Makassar Recover
Dia juga menyelipkan pesan lainnya. Agar masyarakat senantiasa mencegah dan mendeteksi masuknya paham radikalisme di lingkungan tempat tinggalnya....
Teroris yang Ditembak di Makassar Nyaris Bunuh Menteri SYL
Hukum & Kriminal16 April 2021 00:51
Teroris yang Ditembak di Makassar Nyaris Bunuh Menteri SYL
MT pernah ditahan selama tiga tahun. Terlibat kasus percobaan pembunuhan "pemboman" Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo (SYL) di 2013 lalu...
Puluhan Teroris di Lapas Gunung Sindur Berikrar NKRI
News15 April 2021 23:44
Puluhan Teroris di Lapas Gunung Sindur Berikrar NKRI
Para napi itu diketahui berasal dari berbagai jaringan. Ada yang berpaham Jamaah Ansharut Daulah (JAD), simpatisan ISIS dan Daulah....
Bermandikan Kartu, PSM Harus Puas dengan Skor Imbang Lawan Persija
Olahraga15 April 2021 23:41
Bermandikan Kartu, PSM Harus Puas dengan Skor Imbang Lawan Persija
SLEMAN — PSM Makassar harus puas dengan skor imbang melawan Persija Jakarta. Peluang-peluang yang tercipta di babak kedua tak berhasil membuahkan go...