Logo Lintasterkini

Sosok Nurfakhirah, Siswi SMAN 5 Gowa Pemenang Lomba Baca Surat Kartini, Ingin Jadi Guru

Fakra
Fakra

Rabu, 01 Mei 2024 14:31

Nurfakhirah Sumar, siswi SMAN 5 Gowa ini berhasil meraih Juara I Lomba Baca Surat Kartini Tahun 2024 yang diselenggarakan oleh TP PKK Kabupaten Gowa bersama Dinas Pendidikan Kabupaten Gowa yang berlangsung di Baruga Tinggimae, Rujab Bupati Gowa, Senin (29/4) kemarin.
Nurfakhirah Sumar, siswi SMAN 5 Gowa ini berhasil meraih Juara I Lomba Baca Surat Kartini Tahun 2024 yang diselenggarakan oleh TP PKK Kabupaten Gowa bersama Dinas Pendidikan Kabupaten Gowa yang berlangsung di Baruga Tinggimae, Rujab Bupati Gowa, Senin (29/4) kemarin.

GOWA – Nurfakhirah Sumar, siswi SMAN 5 Gowa ini berhasil meraih Juara I Lomba Baca Surat Kartini Tahun 2024 yang diselenggarakan oleh TP PKK Kabupaten Gowa bersama Dinas Pendidikan Kabupaten Gowa yang berlangsung di Baruga Tinggimae, Rujab Bupati Gowa, Senin (29/4) kemarin.

Siswi kelas XI MIPA 2 ini fasih dalam membacakan surat Kartini dihadapan dewan juri dan berhasil menarik perhatian siswa lainnya berkat performance yang cukup baik.

Ditanya perihal tantangan dalam membaca surat Kartini, menurutnya bagian yang paling menantang ialah ketika sudah tampil dan menyampaikan surat Kartini di depan banyak orang.

“Karena banyaknya orang jadinya kita nervous dan bisa saja gagal fokus dan ini pasti bisa berakibat fatal dalam penyampaiannya tetapi Alhamdulillah untung saja kemarin penampilan saya semuanya sesuai dengan yang saya harapkan,” tutur Nurfakhirah.

Anak bungsu dari dua bersaudara ini memaknai Hari Kartini sebagai hari dimana mengenang sosok pahlawan wanita Indonesia yaitu Raden Ajeng Kartini atas perjuangannya dalam memperjuangkan hak-hak perempuan Indonesia saat itu.

“Pada momentum hari Kartini, mengingatkan lagi kepada kita bahwa wanita juga berhak mendapatkan perlakuan yang sama yang didapatkan oleh pria. Jadi menurut saya Kenapa Hari Kartini dilakukan setiap tahunnya karena untuk mengenang dan mengingat perjuangan Raden Ajeng Kartini ini dan juga untuk menumbuhkan semangat wanita-wanita Indonesia untuk mendorong perubahan yang lebih besar untuk wanita di Indonesia kedepannya, ” terangnya.

Bercita-cita sebagai tenaga pendidik di bidang Kimia hingga Guru Bahasa Inggris tak heran jika dirinya meraih Juara I. Bahkan kata dia, setelah meninggalkan bangku SMA, Nurfakhirah berniat untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi.

“Untuk jurusan yang akan saya pilih Sebenarnya saya masih bimbang antara dua jurusan yaitu kimia dan juga Sastra Inggris,” pungkasnya.(Rilis)

 Komentar

 Terbaru

News25 Mei 2024 22:36
SAR Gabungan Evakuasi Pendaki Hipotermia di Gunung Bawakaraeng
MAKASSAR – Satu dari empat orang yang tengah mendaki gunung Bawakaraeng, Kabupaten Gowa telah dievakuasi pada Sabtu (25/5) oleh tim sar gabungan...
News25 Mei 2024 21:50
Personel Sat Lantas Polres Sidrap Beri Teguran ke Pengendara yang Tidak Tertib Berlalu Lintas dengan Humanis
SIDRAP – Personel Satuan Lalu Lintas Polres Sidrap memberikan teguran dengan cara humanis saat mendapati pengemudi mobil yang melanggar aturan l...
News25 Mei 2024 10:10
KJS Gelar Workshop dan Apresiasi Jurnalis
MAKASSAR – Komunitas Jurnalis Sulsel (KJS) kembali menggelar “Workshop dan Apresiasi Jurnalis” minggu 26 Mei 2024. Dalam kegiatan in...
News25 Mei 2024 08:15
Pj Gubernur Zudan Dukung Festival Anak Sholeh Indonesia di Bantaeng
MAKASSAR – Festival Anak Sholeh Indonesia (FASI) XII Sulawesi Selatan (Sulsel) dengan tema Santri Hebat: Hebat Prestasi, Hebat Mengaji, dan Bera...