Logo Lintasterkini

Wabup Gowa Harap Nilai Pancasila Diimplementasikan Dalam Kehidupan Bermasyarakat

Fakra
Fakra

Sabtu, 01 Juni 2024 19:22

Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tingkat Kabupaten Gowa Tahun 2024 di Lapangan Upacara Kantor Bupati Gowa, Sabtu (1/6).(Foto:pemkabgowa)
Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tingkat Kabupaten Gowa Tahun 2024 di Lapangan Upacara Kantor Bupati Gowa, Sabtu (1/6).(Foto:pemkabgowa)

GOWA – Wakil Bupati Gowa, Abdul Rauf Malaganni mengajak seluruh elemen masyarakat untuk menjadikan momentum Peringatan Hari Lahir Pancasila ini, dengan lebih mempererat hubungan dan persatuan khususnya dalam membangun bangsa dan negara Indonesia menuju Indonesia Maju.

Hal tersebut diungkapkan saat dirinya bertindak sebagai inspektur Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tingkat Kabupaten Gowa Tahun 2024 di Lapangan Upacara Kantor Bupati Gowa, Sabtu (1/6).

“Kita sebagai masyarakat dan bangsa Indonesia harus bersatu padu membangun bangsa dengan kebersamaan, karena dengan kerjasama dan kolaborasi maka akan menghasilkan sesuatu yang lebih baik di masa yang akan datang,”ujarnya.

Olehnya ia berharap, nilai-nilai Pancasila sebagai ideologi bisa diterapkan dan menjadi pedoman dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara.

“Inilah tugas kita bersama seluruh komponen untuk menjadikan pancasila sebagai ideologi yang dirasakan manfaatnya oleh seluruh tumpah darah Indonesia,” harapnya.

Pada kesempatan itu, Wabup Gowa juga membacakan sambutan seragam Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia, Yudian Wahyudi. Ia mengatakan, Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 ini mengambil tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045” dimana tema ini mengandung maksud bahwa Pancasila menyatukan kita dengan segala perbedaan suku agama budaya dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia emas yang maju, mandiri dan berdaulat.

“Dalam momentum yang sangat bersejarah ini saya mengajak komponen bangsa dimanapun berada, untuk bahu-membahu membumikan nilai-nilai Pancasila ke dalam setiap aspek kehidupan kita. Karena Pancasila terbukti mampu mempersatukan kita dalam menghadapi beragam gelombang tantangan dan ujian sejarah sehingga sampai dengan saat ini Indonesia tetap berdiri kokoh dan tangguh sebagai bangsa yang besar,” ajaknya.

Peringatan Hari Lahir Pancasila Tingkat Kabupaten Gowa ini turut diikuti Forkopimda Kabupaten Gowa, Pimpinan SKPD dan seluruh jajaran ASN Lingkup Pemkab Gowa dengan menggunakan pakaian adat.(***)

 Komentar

 Terbaru

News03 Juli 2024 21:02
Basarnas Cari ABK KMN Cahaya Madinah yang Terjatuh di Muara Sungai Tangka Sinjai
MAKASSAR – Seorang ABK (Anak Buah Kapal) KMN Cahaya Madinah dilaporkan terjatuh dari kapalnya saat hendak mencari ikan di muara sungai Tangka, S...
Ekonomi & Bisnis03 Juli 2024 16:46
Pelindo Jasa Maritim Catat Pertumbuhan Laba di Tahun 2023
MAKASSAR – Subholding Pelindo Jasa Maritim (SPJM), bagian dari Pelindo Group, berhasil membukukan laba bersih sebesar Rp 647 Miliar (audited) se...
Ekonomi & Bisnis03 Juli 2024 13:46
Musim Liburan Sekolah, Pergerakan Penumpang di Bandara Sultan Hasanuddin Naik 20 Persen
MAROS – Pergerakan penumpang di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin pada musim liburan sekolah meningkat sebanyak 20% dibandingkan dengan perger...
Pemerintahan03 Juli 2024 11:23
Minim Pengetahuan Mengolah PMT, TP PKK Tombolopao Hadirkan Gerbang Daeng Sibali
GOWA – Kecamatan Tombolopao merupakan kecamatan yang dikenal dengan tanaman pangan lokal bernilai gizi tinggi yang sangat melimpah. Sayangnya, m...