Logo Lintasterkini

Agar Lansia tak Terpapar Covid-19, Keluarga Perlu Lindungi dengan 3M

Abdul Gaffar Mattola
Abdul Gaffar Mattola

Kamis, 01 Oktober 2020 17:41

Lansia rentan terpapar Covid-19.
Lansia rentan terpapar Covid-19.

JAKARTA–Para usia lanjut (lansia) sangat rentan terpapar virus Covid-19. Hal ini dikatakan Ketua PB Pergemi Prof. Dr. dr. Siti Setiati SpPD-KGer, MEpid.

Menurut dia, lansia adalah komponen masyarakat yang rentan terkena Covid-19 dengan gejala parah, bahkan, dapat berujung pada kematian. Akibatnya, para lansia terisolasi di rumah dan tidak dapat bersosialisasi seperti biasanya.

Akibat Covid-19, lanjut dokter ini, lansia menjadi terisolasi, merasa cemas, khawatir, dan depresi. Lansia yang biasanya dikunjungi oleh anak-anaknya, sekarang tidak bisa lagi bertemu.

“Sekarang ini para Lansia hanya bisa berkomunikasi dengan anak-anaknya via ponsel,” ujar Siti dalam Webinar Geriatri TV, Kamis (1/10/2020).

Dia mengimbau seluruh masyarakat untuk menjaga lansia dari berbagai potensi penularan virus. Pencegahan ini dapat dimulai dari lingkungan keluarga.

Hal pertama yang dapat dilakukan oleh keluarga untuk menjaga lansia adalah tetap melakukan 3M yaitu memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, dan menjaga jarak. (*)

 

 Komentar

 Terbaru

News06 Februari 2023 10:13
Prakiraan BMKG, Cuaca Ekstrem Landa Sulsel Sepekan ke Depan
JAKARTA– Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan cuaca ekstrem akan melanda sejumlah wilayah di Provinsi Sulawesi Selat...
News06 Februari 2023 09:33
Patut Dicontoh, Kapolres Soppeng Bersama Komunitas Gotong Royong Bersihkan Masjid
SOPPENG – Kapolres Soppeng, AKBP Muhammad Yusuf Usman, bersama Komunitas Bersih-bersih Masjid Soppeng melaksanakan gotong royong di Masjid Nurul...
News06 Februari 2023 08:13
Pasar Terong Makassar Terbakar, 24 Kios Ludes
MAKASSAR – Pasar Terong, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, terbakar pada Minggu (5/2/2023) malam sekitar pukul 21.00 Wita. Sedikitnya 24 kios lud...
Wisata dan Budaya05 Februari 2023 13:31
Mau Healing, Coba ke Taman Batu Karst Balocci
PANGKEP – Pusing mau kemana untuk healing atau sekadar jalan-jalan? Mungkin tempat ini bisa jadi salah satu pilihan untuk kalian. Apalagi, jika ...