Logo Lintasterkini

Kasus Covid-19 Tinggi di Papua, Panglima TNI Ingatkan Patuhi Protokol Kesehatan

Abdul Gaffar Mattola
Abdul Gaffar Mattola

Selasa, 01 Desember 2020 18:05

Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto ingatkan protokol kesehatan di Papua.
Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto ingatkan protokol kesehatan di Papua.

TIMIKA — Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P didampingi Irwasum Polri Komjen. Pol. Drs. Agung Budi Maryoto, M.Si melakukan kunjungan kerja di Papua. Dalam kunjungannya, Jenderal TNI AU berpangkat Bintang Empat ini mengingatkan masyarakat Timika, Papua untuk tetap memperhatikan protokol kesehatan dalam beraktivitas sehari-hari.

Panglima TNI menyampaikan hal itu saat bersama Irwasum Polri bersilaturahmi dan bertatap muka langsung dengan forkopimda, tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh adat Papua. Pertemuan ini dilakukan dengan menerapkan Protokol kesehatan yang cukup ketat.

Pertemuan Panglima TNI dan Irwasum Polri bertempat di Rimba Papua Hotel Timika, Papua Indonesia, Sabtu (28/11/2020). Diungkapkan Hadi Tjahjanto, merupakan sebuah kehormatan baginya dapat bertatap muka dalam rangka silaturahmi bersama Forkopimda serta para tokoh agama, tokoh adat dan tokoh masyarakat Papua dan Papua Barat.

Menyikapi tingginya kasus Covid-19 di Papua, Hadi Tjahjanto menyampaikan agar seluruh elemen masyarakat tidak boleh lengah. Protokol kesehatan harus sudah menjadi kebutuhan dan bagian hidup sehari-hari.

“Slogan, Saya melindungi saudara dan saudara melindungi saya, harus menjadi kesadaran semua orang. Kita saling melindungi dengan disiplin melaksanakan 3M (Mencuci Tangan, Memakai Masker dan Menjaga Jarak),” jelas Hadi Tjahjanto.

Hal itu berarti persatuan dan kesatuan seluruh masyarakat dalam melaksanakan 3M sangat penting guna meraih kebebasan dari Pandemi Covid-19. Terlebih dalam waktu dekat, akan dilaksanakan Pilkada, Panglima TNI menambahkan, tentunya rangkaian penyelenggaraan Pilkada cukup rawan dengan berbagai dinamika, ditambah dengan adanya Pandemi Covid-19.

“Tentunya perlu kedewasaan dalam berpolitik, berdemokrasi, dan menyampaikan aspirasi, sehingga seluruh tahapan Pilkada dapat berjalan baik dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan,” kata Hadi Tjahjanto.

Kata Hadi, Papua dan Papua Barat merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari NKRI. Keindahan dan kekayaan alam adalah anugerah dari Tuhan.

Wilayah ini memiliki berbagai potensi dan tantangan yang harus dikelola bersama oleh seluruh elemen masyarakat demi kesejahteraan. Tokoh agama, tokoh adat dan tokoh masyarakat memegang posisi yang sangat penting, karena memiliki pemahaman yang baik terhadap situasi sosial kemasyarakatan dan kearifan lokal di daerahnya masing-masing.

“Tokoh masyarakat adalah jembatan antara pemerintah dan masyarakat luas agar masyarakan Papua sejahtera. Kita menyadari, terdapat banyak tantangan yang harus kita selesaikan. Hal tersebut harus kita hadapi bersama-sama, bahu-membahu dan berkoordinasi untuk kemajuan Papua, Papua Barat dan Seluruh Indonesia,” ungkap Panglima TNI. (*)

 Komentar

 Terbaru

Hukum & Kriminal20 Januari 2022 14:54
Polisi Tangkap Penyebar Video Mesum Pelajar di Tana Toraja
TORAJA – Aparat Reskrim Polres Tana Toraja melakukan penangkapan terhadap YP (22) karena diduga merekam dan menyebarkan video mesum. YP (22), ad...
News20 Januari 2022 13:30
Sampah di Jalan Deppasawi Dalam Dibersihkan, Warga Apresiasi Camat Tamalate
"Hampir setiap hari warga membuang sampah di lokasi tersebut karena melihat ada penumpukan sampah. Jadi warga mengira kalau tempat itu jadi tempat sam...
Hukum & Kriminal20 Januari 2022 10:08
Sempat Ditahan di Polres Palopo, Warga Palopo ini Minta Keadilan ke Presiden Jokowi
"Selama 56 hari dari sejak tanggal 31 Desember 2020 sampai dengan tanggal 28 Februari 2021 saya ditersangkan membuat dan memalsukan surat kematian ole...
Hukum & Kriminal20 Januari 2022 01:35
Klinik Kecantikan di Makassar Ini Sudah Palsukan 100 Lembar Hasil PCR
Ia ditahan setelah disangkakan dugaan pemalsuan hasil tes PCR COVID-19. Pelaku diamankan Polrestabes Makassar di klinik miliknya pada Jumat (14/1/2022...