Logo Lintasterkini

Kasus Covid-19 Tinggi di Papua, Panglima TNI Ingatkan Patuhi Protokol Kesehatan

Abdul Gaffar Mattola
Abdul Gaffar Mattola

Selasa, 01 Desember 2020 18:05

Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto ingatkan protokol kesehatan di Papua.
Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto ingatkan protokol kesehatan di Papua.

TIMIKA — Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P didampingi Irwasum Polri Komjen. Pol. Drs. Agung Budi Maryoto, M.Si melakukan kunjungan kerja di Papua. Dalam kunjungannya, Jenderal TNI AU berpangkat Bintang Empat ini mengingatkan masyarakat Timika, Papua untuk tetap memperhatikan protokol kesehatan dalam beraktivitas sehari-hari.

Panglima TNI menyampaikan hal itu saat bersama Irwasum Polri bersilaturahmi dan bertatap muka langsung dengan forkopimda, tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh adat Papua. Pertemuan ini dilakukan dengan menerapkan Protokol kesehatan yang cukup ketat.

Pertemuan Panglima TNI dan Irwasum Polri bertempat di Rimba Papua Hotel Timika, Papua Indonesia, Sabtu (28/11/2020). Diungkapkan Hadi Tjahjanto, merupakan sebuah kehormatan baginya dapat bertatap muka dalam rangka silaturahmi bersama Forkopimda serta para tokoh agama, tokoh adat dan tokoh masyarakat Papua dan Papua Barat.

Menyikapi tingginya kasus Covid-19 di Papua, Hadi Tjahjanto menyampaikan agar seluruh elemen masyarakat tidak boleh lengah. Protokol kesehatan harus sudah menjadi kebutuhan dan bagian hidup sehari-hari.

“Slogan, Saya melindungi saudara dan saudara melindungi saya, harus menjadi kesadaran semua orang. Kita saling melindungi dengan disiplin melaksanakan 3M (Mencuci Tangan, Memakai Masker dan Menjaga Jarak),” jelas Hadi Tjahjanto.

Hal itu berarti persatuan dan kesatuan seluruh masyarakat dalam melaksanakan 3M sangat penting guna meraih kebebasan dari Pandemi Covid-19. Terlebih dalam waktu dekat, akan dilaksanakan Pilkada, Panglima TNI menambahkan, tentunya rangkaian penyelenggaraan Pilkada cukup rawan dengan berbagai dinamika, ditambah dengan adanya Pandemi Covid-19.

“Tentunya perlu kedewasaan dalam berpolitik, berdemokrasi, dan menyampaikan aspirasi, sehingga seluruh tahapan Pilkada dapat berjalan baik dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan,” kata Hadi Tjahjanto.

Kata Hadi, Papua dan Papua Barat merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari NKRI. Keindahan dan kekayaan alam adalah anugerah dari Tuhan.

Wilayah ini memiliki berbagai potensi dan tantangan yang harus dikelola bersama oleh seluruh elemen masyarakat demi kesejahteraan. Tokoh agama, tokoh adat dan tokoh masyarakat memegang posisi yang sangat penting, karena memiliki pemahaman yang baik terhadap situasi sosial kemasyarakatan dan kearifan lokal di daerahnya masing-masing.

“Tokoh masyarakat adalah jembatan antara pemerintah dan masyarakat luas agar masyarakan Papua sejahtera. Kita menyadari, terdapat banyak tantangan yang harus kita selesaikan. Hal tersebut harus kita hadapi bersama-sama, bahu-membahu dan berkoordinasi untuk kemajuan Papua, Papua Barat dan Seluruh Indonesia,” ungkap Panglima TNI. (*)

 Komentar

 Terbaru

KPK Tetapkan Gubernur Sulsel Tersangka Kasus Suap
Hukum & Kriminal28 Februari 2021 02:39
KPK Tetapkan Gubernur Sulsel Tersangka Kasus Suap
Firli lalu bilang, KPK akan mengusut kasus dugaan korupsi lainnya atas informasi yang diterima dari masyarakat....
Kontraktor yang Terjaring OTT Disebut Dekat dengan Nurdin Abdullah
News28 Februari 2021 01:18
Kontraktor yang Terjaring OTT Disebut Dekat dengan Nurdin Abdullah
Hal itu diungkap Kadir Halid, yang saat itu menjadi Ketua Panitia Khusus (Pansus) Hak Angket 2019....
Belum Ada Kabar Kepulangan Nurdin Abdullah, ini Kata Jubirnya
Hukum & Kriminal27 Februari 2021 23:52
Belum Ada Kabar Kepulangan Nurdin Abdullah, ini Kata Jubirnya
Nurdin Abdullah hingga saat ini masih dalam pemeriksaan bersama Edy dan empat orang lainnya....
Beli HP Curian, Pria di Makassar Ikut Diringkus
Hukum & Kriminal27 Februari 2021 23:29
Beli HP Curian, Pria di Makassar Ikut Diringkus
HD (Penadah) dijerat dengan pasal 480 KUHPidana tentang penadahan dengan ancaman hukuman 4 tahun penjara....