Logo Lintasterkini

Dua Terduga Teroris Ditangkap Densus 88 di Lutim

Maulana Karim
Maulana Karim

Rabu, 01 Desember 2021 22:00

Plt Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Pol Ade
Plt Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Pol Ade

LUTIM – Sebanyak dua terduga teroris ditangkap tim Detasemen Khusus atau Densus 88 Anti Teror Mabes Polri di Kabupaten Luwu Timur ( Lutim ), Sulawesi Selatan ( Sulsel ).

Kedua terduga teroris itu merupakan bagian dari jaringan Jamaah Islamiyah (JI). Keduanya pun telah ditetapkan sebagai tersangka.

“Dua (terduga pelaku tindak pidana) terorisme yang berhasil ditangkap di wilayah Sulsel dan sudah tersangka,” kata Kepala Divisi Humas Polri, Irjen Pol Dedi Prasetyo saat dikonfirmasi, Rabu (1/12/2021).

Irjen Pol Dedi Prasetyo menambahkan bahwa kedua tersangka kini masih dalam proses pemeriksaan oleh penyidik Densus 88.

“Saat ini masih sedang dalam pemeriksaan,” kata dia.

Sementara itu Plt Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Pol Ade Indrawan, dalam konferensi pers di Mapolda Sulsel mengatakan, keduanya mempunyai peran berbeda.

MU merupakan anggota Toliah Wilayah Sulawesi dan tergabung dalam Tim Askari Jaringan Jamaah Islamiyah.

“Tim Askari dibentuk melakukan aksi amaliah terhadap aparat negara,” kata Ade Indrawan saat merilis kasus itu di Mapolda Sulsel, Jl Perintis Kemerdekaan, Makassar, Rabu (1/12/2021) sore.

“Namun batal karena terkendala logistik senjata dan jumlah jamaah, sehingga rencana tersebut masih ditunda,” sambungnya.

Sementara MM, lanjut Ade, merupakan anggota Toliah Wilayah Sulawesi.

“Toliah ini bertugas untuk memfasilitasi peristirahatan tamu dari luar Sulawesi Selatan serta menyimpan dan mengamankan senjata milik Jamaah Islamiyah,” bebernya.

Dalam pengungkapan itu, Densus 88 lanjut Ade mengamankan sejumlah barang bukti.

Diantaranya, senjata laras panjang M16, sepucuk revolver organik, senjata M16 proses rakitan, dua magazine dan beberapa lainnya. (*)

Penulis : Mul

 Komentar

 Terbaru

News22 Februari 2024 23:59
Presiden Jokowi Bagikan Bantuan Pangan ke 1.000 KPM di Maros
MAROS – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyalurkan Cadangan Beras Pemerintah untuk Bantuan Pangan Tahap 1 Tahun 2024 kepada 1.000 Keluarga Penerima M...
News22 Februari 2024 23:44
Presiden Jokowi Janjikan Pembangunan Stadion Baru di Makassar
MAKASSAR – Kabar gembira untuk masyarakat pecinta olahraga di Sulawesi Selatan. Presiden Republik Indonesia Joko Widodo menjajikan akan membangun se...
Ekonomi & Bisnis22 Februari 2024 23:14
CIMB Niaga Apresiasi Nasabah Istimewa di Makassar Lewat Gelaran Wealth Xpo
MAKASSAR – PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) menghadirkan signature event Wealth Xpo mengusung tema The Prospect of Indonesia’s Economy ...
Nasional22 Februari 2024 22:12
Muhammadiyah Tetapkan 1 Ramadan 11 Maret 2024 dan Idul Fitri 10 April 2024
JAKARTA – Awal puasa atau 1 Ramadan 1445 H akan segera ditetapkan oleh pemerintah melalui sidang isbat. Sidang isbat tersebut digelar oleh Kemen...