Logo Lintasterkini

Memasuki Usia 60 Tahun, UNM Target Peralihan Status Jadi PTN-BH

Andi Nur Isman
Andi Nur Isman

Senin, 02 Agustus 2021 17:16

Upacara Dies Natalis ke-60 UNM digelar di Menara Pinisi, Senin (2/8/2021).
Upacara Dies Natalis ke-60 UNM digelar di Menara Pinisi, Senin (2/8/2021).

MAKASSAR — Universitas Negeri Makassar (UNM) telah memasuki usia ke-60 tahun. Pada usia ini, target perubahan badan hukum mencadi cita-cita baru.

Saat ini, UNM berstatus Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Badan Layanan Umum (BLU). UNM menarget bisa merubah menjadi PTN Badan Hukum (PTN-BH).

Target tersebut disampaikan Rektor UNM, Prof Husain Syam pada upacara Dies Natalis ke-60 UNM, di Menara Pinisi UNM, Senin (2/8/2021).

Husain Syam mengatakan, UNM saat ini sedang mempersiapkan peningkatan status perguruan tinggi badan hukum atau PTN-BH.

“Saat ini UNM melakukan persiapan menuju PTN berbadan hukum atau PTN-BH. Kami sudah punya tim penyusun PTN-BH,” ucap Husain.

UNM juga akan menghadirkan Badan Pengelola Bisnis (BBP), Development Center, Lembaga Inovasi dan Kewirausahaan, serta Lembaga Sertifikasi Profesi. Begitu juga kapasitas kelembagaan lainnya.

Husain menjelaskan, selama periode kepemimpinannya, UNM telah bertransformasi secara kelembagaan dengan berbagai capaian strategis.

“Tahun 2018 kita mendapat kepastian Yuridis dengan disahkannya statuta UNM melalui Permenristekdikti Nomor 7 Tahun 2018. Selanjutnya, penguatan kelembagaan dengan Organisasi dan Tata Kerja (OTK) UNM yang baru dengan terbitnya Permenristekdikti Nomor 15 Tahun 2019,” ujarnya.

Kata dia, Lembaga Penelitian (Lemlit) dan Lembaga Pengabdian Masyarakat (LPM) kini bergabung menjadi Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M). Beberapa perubahan mendasar juga akan dilakukan yakni Fakultas Ekonomi menjadi Fakultas Ekonomi Bisnis. Juga ada Fakultas Ilmu Sosial menjadi Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum.(*)

 Komentar

 Terbaru

Hukum & Kriminal18 September 2021 09:22
Tiga Tersangka Arisan Online, Korbannya 300 Orang
Kasat Reskrim Polrestabes Makassar, Kompol Jamal Fathur Rakhman, mengatakan, ketiganya sudah diamankan dan ditahan di Mapolrestabes Makassar untuk pem...
Peristiwa18 September 2021 08:57
Rumah Sekaligus Bengkel Terbakar di Paccerakkang, Kerugian Capai Rp 200 Juta
Satu unit rumah yang juga merupakan bengkel hangus terbakar di BTN Mangga Tiga, Kelurahan Paccerakkang, Kecamatan Biringkanaya, Makassar, Jumat (17/9/...
News17 September 2021 19:23
Ini Harapan Ketua PMI Makassar di HUT PMI Ke-76 Tahun
MAKASSAR – Memperingati hari palang merah Indonesia (PMI) ke-76, PMI Makassar mengikuti upacara bersama PMI pusat yang dilaksanakan secara virtu...
Nasional17 September 2021 16:57
Kompolnas Dorong Polri Terapkan Layanan Berbasis Online di Bidang Lalu Lintas
MAKASSAR– Demi memudahkan masyarakat dalam mengakses layanan polisi Lalu Lintas secara online, Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) mendorong ...