Logo Lintasterkini

SBY Diyakini Hanya Menunjuk Menpora Tanpa Reshuffle Kabinet

Muh Syukri
Muh Syukri

Kamis, 03 Januari 2013 17:55

SBY Diyakini Hanya Menunjuk Menpora Tanpa Reshuffle Kabinet

JAKARTA – Unit Kerja Presiden Bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP4) menyimpulkan kinerja kabinet tahun 2012 lebih baik dibanding tahun lalu. Presiden SBY diyakini tak akan mereshuffle kabinet.

“Leadership SBY ini kan leadership yang kompromistik itu sangat nggak mungkin SBY mengambil resiko berlebihan di injury time kekuasaannya. Jadi dia akan menghindari turbulensi. Yang saya maksud turbulensi akan terjadi kalau SBY melakukan reshuffle di tahun politik 2013,” kata pengamat politik UIN Jakarta, Gun Gun Heryanto, kepada detikcom, Kamis (3/1/2013).

Menurutnya Presiden SBY akan mengambil tindakan paling aman yakni mengisi kekosongan kursi Menpora saja. Apalagi UKP4 secara tegas tak bisa merekomendasikan reshuffle kabinet.

“Jadi saya yakin sekali Pak SBY hanya akan mengganti Menpora, karena sudah mengundurkan diri. Tapi kalau mengganti menteri lain apalagi menteri dari parpol itu sangat riskan. Apalagi sejak awal kabinet yang dibentuk adalah kabinet parpol koalisi,” kata Gun.

Diantara menteri-menteri juga ada yang berasal dari ketua umum parpol koalisi. Gun meyakini SBY akan berpikir dua kali sebelum mereshuffle kabinet.

“Otomatis memang apapun yang dilakukan SBY adalah meminimalisir konflik di injury time. Jangankan menggunakan momentum mundurnya Andi Mallarangeng, PKS yang jelas-jelas melanggar pakta integritas saja tidak diberikan punishment,” jelas Gun.

“Apa yang disampaikan UKP4 menurut saya bagian dari upaya untuk menjaga harmonisasi politik. Target minimumnya adalah tidak ada huru-hara politik hingga Pemilu 2014,” tandasnya.

Unit Kerja Presiden Bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP4) telah merampungkan evaluasi kinerja kementerian sepanjang tahun 2012. Kesimpulannya, kinerja kabinet tahun 2012 lebih baik dibanding tahun sebelumnya.

“Kinerja kabinet tahun ini (2012) lebih baik dari tahun lalu (2011),” kata Kepala UKP4, Kuntoro Mangkusubroto, usai konpers di kantornya, Jalan Veteran, Jakarta, Kamis (3/1/2012).

Kuntoro juga mengatakan UKP4 tidak bisa merekomendasikan perombakan ataupun reshuffle terkait hasil evaluasi tersebut. “Itu hak prerogatif presiden,” imbuh Kuntoro.

(dtc)

 Komentar

 Terbaru

News25 September 2022 13:29
Satpolair Polres Bontang Amankan Pria Asal Barru Serta 30 Kg Daging Penyu
BONTANG – Aparat Satpolair Polres Bontang menangkap pelaku perburuan penyu dilindungi berinisial R (50), Jumat (23/9/2022). Dari tangan pria asa...
News25 September 2022 13:17
Tokoh Agama Papua: Proses Hukum Lukas Enembe Berjalan Adil
PAPUA – Tokoh Agama Papua, Pendeta Alberth Yoku menghimbau agar KPK dapat menggunakan berbagai metode terkait proses hukum Lukas Enembe. Tujuannya u...
Ekonomi & Bisnis25 September 2022 13:05
EventFold.com Bergerak Dibidang E-Ticketing Baru Rilis 2022
MAKASSAR – EventFold.com merupakan website yang baru dirilis pada tahun 2022 dibawah naungan PT. EVENTFOLD MINDSET DIGITAL yang bergerak dalam b...
News24 September 2022 11:24
Kasus Video Viral Aipda S, Kapolres Pinrang Meminta Maaf
PINRANG – Kapolres Pinrang AKBP Roni Mustofa mengklarifikasi terkait dugaan pelanggaran oknum polisi Aipda S yang videonya viral di media sosial...