Logo Lintasterkini

Kini, 9 Dokter di Makassar yang Gugur Akibat Covid-19

Abdul Gaffar Mattola
Abdul Gaffar Mattola

Minggu, 03 Januari 2021 21:55

Ketua IDI Makassar,DR dr Siswanto Wahab Sp.KK.
Ketua IDI Makassar,DR dr Siswanto Wahab Sp.KK.

MAKASSAR — Sdah selayaknya para tenaga kesehatan (nakes), termasuk dokter mendaoat prioritas jaminan keamanan, keselamatan dan kesejahteraan dari pemerintah. Pasalnya, para tenaga kesehatan menjadi garda terdepan dalam upaya menanggulangi pandemi Covid-19.

Sejak pemerintah mengumumkan kasus Covid-19 mulai masuk di Indonesia tanggal 2 Maret 2020 lalu, sudah terdapat 9 orang dokter yang gugur dalam tugasnya. Jumlah tersebut termasuk dokter yang gugur terakhir ini sebanyak 3 orang.

“Keluarga besar IDI Kota Makassar kembali berduka, tiga dokter anggota IDI Makassar meninggal sebagai pahlawan kemanusiaan Covid-19,” tutur Ketua IDI Makassar, dr. Siswanto Wahab di Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu (2/1/2021).

Tiga dokter tersebut masing-masing, dr. Leonard Hasudungan, dr. Robert Vincentius Philips, dan dr. Nasriyadi Nasir. Ketiga dokter ini menambah deretan dokter anggota IDI Makassar yang gugur berjumlah 9 orang.

Selain ada 9 dokter di Makassar yang meninggal dunia terinfeksi virus di tengah menjalankan tugas, Siswanto juga menyebut, sejak masa pandemi Maret-Desember 2020, tercatat 237 dokter gugur sebagai pahlawan kemanusiaan Covid-19. Dia berpesan gugurnya rekan sejawatnya itu bisa menyadarkan masyarakat untuk tidak menganggap remeh pandemi tersebut.

“Saat ini tingkat penyebarannya lebih massif akibat klaster keluarga, klaster perkantoran dan diperparah lagi adanya klaster pilkada dari awal penyebaran virus Corona,” ungkapnya.

Untuk itu, IDI Kota Makassar menghimbau masyarakat agar tetap waspada serta disiplin menerapkan protokol kesehatan 3M (Memakai masker, Menjaga jarak, Mencuci tangan). Dengan meningkatnya kasus Covid-19 di Kota Makassar, sehingga kebijakan pelonggaran aktifitas bisnis, kantor, sosial dan pendidikan perlu diperketat kembali.

“Karena itu, IDI Makassar mendukung Pemerintah Kota untuk memperketat protokol kesehatan, serta mendukung kebijakan pembatasan-pembatasan di tempat keramaian,” tegasnya. (*)

 Komentar

 Terbaru

Panglima TNI Pimpin Sertijab Pangkohanudnas
News04 Maret 2021 03:49
Panglima TNI Pimpin Sertijab Pangkohanudnas
JAKARTA — Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. memimpin upacara serah terima jabatan (sertijab) Panglima Komando Pertahanan Udara Na...
Pengungsi di Lokasi Bencana Dibagikan Masker Berkualitas  
Bersama Melawan Covid-1904 Maret 2021 03:43
Pengungsi di Lokasi Bencana Dibagikan Masker Berkualitas
“Kami telah mengirimkan ratusan paket bahan pangan dan masker ke beberapa titik terparah bencana gempa di Majene dan Mamuju. Masker medis yang diber...
Update 3 Maret, Positif COVID-19 Bertambah Mencapai 1.353.834 Kasus
Bersama Melawan Covid-1904 Maret 2021 03:35
Update 3 Maret, Positif COVID-19 Bertambah Mencapai 1.353.834 Kasus
JAKARTA – Perkembangan pasien COVID-19 per Rabu (3/3/2021), pasien terkonfirmasi positif hari ini masih bertambah sebanyak 6.808 kasus. Dan juml...
Peningkatan Zona Kuning Menjadi Motivasi Daerah Masuk Zona Hijau
Bersama Melawan Covid-1904 Maret 2021 03:32
Peningkatan Zona Kuning Menjadi Motivasi Daerah Masuk Zona Hijau
"Yang perlu diperhatikan ialah jumlah kabupaten/kota di zona oranye perlu segera ditekan, agar dapat berpindah ke zona kuning, mengingat sebagian besa...