Logo Lintasterkini

Refleksi Setahun COVID-19, Perkuat Sinergi Masyarakat dan Pemerintah

Abdul Gaffar Mattola
Abdul Gaffar Mattola

Rabu, 03 Maret 2021 02:19

Dialog refleksi setahun Indonesia melawan bersama-sama pandemi COVID-19.
Dialog refleksi setahun Indonesia melawan bersama-sama pandemi COVID-19.

JAKARTA – Pandemi COVID-19 yang melanda Indonesia tepat genap setahun pada 2 Maret 2021. Dalam setahun ini, optimisme Indonesia untuk segera pulih dari pandemi sangat tinggi.

Perbaikan sistem kesehatan termasuk 3T (Testing, Tracing, dan Treatment), terus dijalankan. Percepatan vaksinasi dan refocusing yang tepat sasaran juga memberikan optimisme bahwa Indonesia akan segera kembali pulih lebih cepat.

Wakil Menteri Kesehatan, dr. Dante Saksono Harbuwono Sp.PD, Ph.D, KEMD menyampaikan rasa duka mendalam karena pandemi ini telah menyebabkan 36.525 rakyat Indonesia meninggal dunia. Selain itu sudah ada 1,3 juta penduduk yang terinfeksi COVID-19.

“Ini kejadian yang tidak bisa dielakkan, saya paham masyarakat sudah mulai jenuh, tapi harus tetap ada kebersamaan untuk menghadapi ini bersama-sama antara masyarakat dan pemerintah,” kata Wakil Menteri Kesehatan, dr. Dante Saksono Harbuwono Sp.PD, Ph.D, KEMD, Selasa (2/3/2021) di Jakarta.

Dikatakan, intervensi kesehatan yang diupayakan pemerintah melalui program vaksinasi adalah satu bagian dari tiga pilar utama, dr. Dante menyebutkan, yang pertama adalah peran serta masyarakat menerapkan 3M (memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan).

“Kemudian peran pemerintah dalam menerapkan 3T. Jembatan antara yang dilakukan pemerintah dan masyarakat itu adalah program vaksinasi,” terangnya.

Pasien 01 COVID-19 (pasien pertama)
Sita Tyasutami, memberikan pendapatnya mengenai program vaksinasi pemerintah. Ia mengatakan sangat mendukung program vaksinasi ini.

“Menurut saya pemerintah sudah hebat sekali karena langkah vaksinasi di luar negeri masih belum seperti di Indonesia,” jelasnya.

Sita berharap pandemi di Indonesia bisa terkendali secepatnya. Ia pun berharap masyarakat sadar akan kondisi saat ini, dan tidak berpikir dengan menganggap bahwa ini bagian konspirasi dan kebohongan.

“Harapan saya tentunya sama dengan semua orang, agar pandemi ini cepat berakhir. Jadi aku senang sekali dengan kedatangan vaksin untuk rakyat Indonesia,” ucapnya.

Kata dia, saat sulit seperti inilah kemanusiaan kita diuji. Bila masyarakat tidak sinergi dengan pemerintah, pandemi ini tidak akan bisa dilalui. (*)

 Komentar

 Terbaru

Kadishub Barru Dipolisikan Stafnya, Dugaan Pencabulan
Hukum & Kriminal20 April 2021 21:22
Kadishub Barru Dipolisikan Stafnya, Dugaan Pencabulan
Kapolres Barru, AKBP Gregorius Liliek Tribhawoni Iryanto membenarkan perihal laporan itu....
Sinyal Pergantian Seluruh Direksi Perusda di Makassar Menguat
Pemerintahan20 April 2021 20:44
Sinyal Pergantian Seluruh Direksi Perusda di Makassar Menguat
Konstribusi perusda masih rendah terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD). Sehingga perlu penyegaran. Diawali dengan tahap evaluasi kinerja seluruh direk...
Mensos Santuni Korban Bom Gereja Katedral Makassar
News20 April 2021 20:12
Mensos Santuni Korban Bom Gereja Katedral Makassar
Dalam keterangannya, Risma menyebut, jika kondisi tiga korban mulai membaik. Hanya saja masih membutuhkan perawatan lanjutan....
6 Imigran di Makassar Diamankan Provokasi Larangan Berkendara
News20 April 2021 19:41
6 Imigran di Makassar Diamankan Provokasi Larangan Berkendara
Peran keenam Imigran tersebut sebagai provokator. Berupaya menghalang-halangi petugas saat hendak mengamankan motor di Wisma KPI....