Logo Lintasterkini

FKIP Unismuh Kembali Gandeng Singapore Polytechnic, Program Pertukaran Mahasiswa ASEAN

Isman
Isman

Sabtu, 03 April 2021 14:31

FKIP Unismuh Kembali Gandeng Singapore Polytechnic, Program Pertukaran Mahasiswa ASEAN

MAKASSAR — Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah (Unismuh) kembali menerima tawaran kerja sama dari Singapore Polytechnic.

Kegiatan yang ditawarkan adalah “Virtual Exchange Program 2021”, sebuah kegiatan pertukaran pelajar melalui virtual bersama mahasiswa dari perwakilan negara ASEAN, seperti Cambodia, Philipina, Vietnam, Singapura dan Indonesia.

Sebanyak 100 peserta dari Singapore Polytechnic dan 70 perwakilan peserta dari negara ASEAN. Kegiatan ini akan dilakasanakan pada pekan ke-3 Mei dan bekahir pada akhir Juni 2021 selama lima pekan.

“Kami menawarkan ke FKIP Unismuh Makassar, karena kami melihat program Mitra kampus dengan FKIP Unismuh Makassar yang sebelumnya berjalan dengan sangat baik seperti Learning Express yang telah berjalan tiga tahun terakhir. Sehingga, dalam kegiatan Virtual Exchange Program,” ujar Weijun, Program manager Singapore Polytechnic.

Dengan tawaran kerja sama ini, Erwin Akib sangat mengapresiasi Singapore Polytechnic. Dari berbagai mitra kampus yang dimiliki oleh pihak SPI, FKIP Unismuh menjadi Mitra yang dipercayakan kembali untuk kegiatan Virtual Exchange Program.

Erwin Akib menegaskan bahwa situasi Pandemi Covid-19 yang terjadi sekarang ini tidak menjadi rintangan untuk terus membangun jaringan kerja sama.

“Ini dibuktikan dengan sebulan yang lalu, FKIP Unismuh mengikuti program kerja sama dari KIT (Kanazawa Institute of Technology), kegiatan Virtual Exchange selama 3 minggu ini juga diikuiti dari berbagai negara ASEAN, dan alhamdullilah 4 peserta yang telah mengikuti program tersebut telah mendapatkan sertifikat Internasional dari KIT,” terangnya.

Melalui Unit Kerja Sama dan Publikasi Internasional, FKIP Unismuh akan menyeleksi 7 perwakilan dari berbagai fakultas di Unismuh Makassar. Rencana dibuka pada 5-14 April 2021.

Adapun persyaratan bagi calon peserta yaitu mampu berbahasa Inggris secara aktif, memiliki wawasan dan budaya tentang negara ASEAN, memiliki pengalaman beroraganisasi dan mampu berkontribusi aktif dalam setiap diskusi.

Selain itu, proses seleksi akan dilaksanakan wawancara setelah proses seleksi berkas. Pengiriman nama peserta ke pihak Singapore Polytechnic pada 19 April 2021.(*)

 Komentar

 Terbaru

Perebutan Juara Tiga Piala Menpora, PSM Pastikan Tetap All Out
Olahraga23 April 2021 13:45
Perebutan Juara Tiga Piala Menpora, PSM Pastikan Tetap All Out
Laga terakhir PSM Makassar di Piala Menpora 2021 berlangsung di Stadion Manahan Solo, Jumat malam (23/4/2021). Akan memperebutkan gelar jura tiga....
PAD Rendah, ASN Pemkot Terancam Gigit Jari Tak Terima TPP
News23 April 2021 13:13
PAD Rendah, ASN Pemkot Terancam Gigit Jari Tak Terima TPP
Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP) di Pemkot Makassar masih belum bisa dipastikan. Anggaran masih sangat terbatas....
Pembangunan Stadion Mattoanging Dipastikan Berlanjut Tanpa Pinjaman
News23 April 2021 12:17
Pembangunan Stadion Mattoanging Dipastikan Berlanjut Tanpa Pinjaman
Rencana redesain Stadion Mattoanging dinilai lebih rasional. Beban pembangunannya cenderung ringan. Tidak perlu lagi mengambil pinjaman anggaran....
Bayar Parkir di Makassar Kini Bisa Pakai Cashless
News23 April 2021 10:45
Bayar Parkir di Makassar Kini Bisa Pakai Cashless
Smart Parking with GoPay sudah diresmikan. Pembayaran tarif parkir di Makassar kini bisa dilakukan melalui cashless atau nontunai....