Logo Lintasterkini

Hardiknas, Bupati Gowa: Program Pendidikan Butuh Keberlanjutan

Redaksi
Redaksi

Jumat, 03 Mei 2024 10:10

Bupati Gowa, Adnan Purichta, bertindak sebagai inspektur upacara pada peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tingkat Kabupaten Gowa di Lapangan Upacara Kantor Bupati Gowa, Kamis (2/5/2024). (Foto: Pemkab Gowa)
Bupati Gowa, Adnan Purichta, bertindak sebagai inspektur upacara pada peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tingkat Kabupaten Gowa di Lapangan Upacara Kantor Bupati Gowa, Kamis (2/5/2024). (Foto: Pemkab Gowa)

GOWA – Bupati Gowa, Adnan Purichta, bertindak sebagai inspektur upacara pada peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tingkat Kabupaten Gowa di Lapangan Upacara Kantor Bupati Gowa, Kamis (2/5/2024).

Adnan mengatakan program pendidikan akan berdampak terhadap peningkatan SDM, tetapi hasilnya tidak kelihatan dalam waktu dekat sehingga dibutuhkan adanya keberlanjutan pembangunan.

“Pendidikan itu bisa terlihat kemajuannya jika ada keberlanjutan sebuah pembangunan. Contoh misalnya program pusat merdeka belajar itu baru berjalan kurang lebih 5 tahun, sedangkan indikator keberhasilan pendidikan tidak bisa kita ukur dalam waktu 5 tahun, namun butuh waktu minimal 20 tahun. Sehingga sangat penting program yang sudah berjalan termasuk program pendidikan yang ada di Kabupaten Gowa dapat terus dilanjutkan,” ungkapnya.

Olehnya, ia berharap di peringatan Hardiknas ini menjadi momentum untuk berkomitmen dalam melanjutkan seluruh program pendidikan yang ada.

“Memang pada tahun ini akan ada pesta demokrasi, yaitu ada transisi kepemimpinan, baik nasional maupun provinsi dan kabupaten/kota. Oleh karena itu, mari melihat seluruh komitmen-komitmen untuk melanjutkan seluruh program pendidikan untuk mencetak SDM yang lebih baik agar SDM di Kabupaten Gowa semakin unggul dan lebih maju di masa yang akan datang,” harapnya.

Pada kesempatan itu, Adnan yang membacakan sambutan seragam Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Makarim, mengatakan bukan hal mudah untuk mentransformasi sebuah sistem yang sangat besar untuk mengubah perspektif tentang proses pembelajaran, Sejak menggalakkan gerakan Merdeka Belajar, semakin menyadarkan tentang tantangan untuk memajukan pendidikan Indonesia.

“Lima tahun bukan waktu sebentar untuk menjalankan tugas memimpin gerakan merdeka belajar, kita sudah berjalan menuju arah yang benar. Tetapi, tugas kita belum selesai, semua yang telah kita jalankan dan upayakan harus diteruskan sebagai gerakan yang berkelanjutan dan perjalanan ke arah perwujudan sekolah yang kita cita-citakan,” katanya.

Dia menyebut, hal ini bukanlah titik akhir dari gerakan merdeka belajar, sehingga berharap penerapan Merdeka Belajar terus dilanjutkan para penggerak perubahan yang tidak mengenal kata menyerah untuk membawa Indonesia melompat ke masa depan.

“Selamat Hari Pendidikan Nasional, mari terus bergotong-royong menyemarakkan dan melanjutkan gerakan Merdeka Belajar,” serunya.

 Komentar

 Terbaru

News29 Mei 2024 16:47
Aston Makassar Gelar Kunjungan Sosial ke Rumah Harapan Indonesia di Makassar
MAKASSAR – Kali ini Aston Makassar berkesempatan berkunjung ke Rumah Harapan Indonesia di Makassar dalam rangka kegiatan sosial menyambut hari ulang...
Pemerintahan29 Mei 2024 16:11
Ombudsman RI Pantau Pelaksanaan Pemberian Perlindungan Sosial Bagi Pekerja Informal di Gowa
GOWA – Wakil Bupati Gowa, Abdul Rauf Malaganni didampingi Pj Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa, Abdul Karim Dania menerima kunjungan Tim Kajian S...
News29 Mei 2024 13:01
Perumda Parkir Makassar Edukasi Jukir agar Sopan Melayani di Wilayah Wajo
MAKASSAR — Koordinator Kecamatan Wajo, Perumda Parkir Makassar, Muh Hamzah turun langsung mengedukasi Jukir Toko 16 di Jalan Tentara Pelajar dan...
News29 Mei 2024 12:44
Pengemudi Bajaj Komersil Wajib Miliki SIM A, Ini Penjelasan Ditlantas Polda Sulsel
MAKASSAR – Keberadaan transportasi jenis Bajaj mulai diminati sejumlah masyarakat di Kota Makassar. Untuk pengemudi, diwajibkan  memiliki Surat Izi...