Logo Lintasterkini

Ungkapan Hati Dua Jenderal Mengawal Aksi Damai Ormas Islam Jilid III

Abdul Gaffar Mattola
Abdul Gaffar Mattola

Sabtu, 03 Desember 2016 09:39

Dua jenderal berboncengan sepeda motor mengawal aksi massa, Irjen Pol Anton Charliyan dan Pangdam VII Wirabuana, Mayjen TNI Agus SB.
Dua jenderal berboncengan sepeda motor mengawal aksi massa, Irjen Pol Anton Charliyan dan Pangdam VII Wirabuana, Mayjen TNI Agus SB.

MAKASSAR – Hal yang cukup menarik perhatian para pengunjuk rasa aksi damai Umat Islam jilid III, Jumat (2/12/2016) kemarin tidak lain ketika dua jenderal berpangkat dua bintang di bahunya, mengawal ribuan massa ormas Islam yang turun. Yang menarik, karena keduanya berboncengan sepeda motor, dimana Irjen Pol Anton yang mengemudikan motor, dan Pangdam VII Wirabuana Mayjen TNI Agus SB yang dibonceng.

Pangdam VII Wirabuana Mayjen TNI Agus Surya Bakti kepada awak media mengaku bangga dengan aksi yang benar-benar begitu damai. Ia mengungkapkan, jika dirinya bersama Kapolda Irjen Pol Anto Charliyan melakukan pengawalan jalannya aksi damai dengan berkendara sepeda motor.

“Ini luar biasa ya, pada hari ini kita menyaksikan sebuah kedamaian. Kita bersama-sama dalam satu tujuan. Kemudian aspirasi itu dilakukan dengan tertib sekali,” kata Agus Bangga dan mengapresiasi yang tinggi terhadap ribuan massa yang tumpah-ruah turun ke jalanan dengan damai.

Jenderal ini mengungkapkan, jika terpaksa bersepeda motor berboncengan Kapolda Sulsel karena mereka ingin melakukan pengawalan langsung di lapangan. Sementara kondisi yang tidak memungkinkan, kendaraan roda empat sangat sulit menembus ribuan massa.

“Selain karena mobil tidak bisa tembus, saya bersama Bapak Kapolda juga ingin melihat langsung tim pengamanan di setiap simpang jalan, jangan sampai petugas hanya nimbrung saja. Kami juga ingin menyaksikan langsung bagaimana massa itu melakukan aksi, dan saya terharu melihat mereka membawa bekal berupa makanan dan minuman, mereka pun menunjukkan Islam yang memberikan kesejukan, dengan rasa kebersamaannya, makan bersama-sama dan berbagi,” ungkapnya.

Sementara itu, Kapolda Sulsel Irjen Pol Anton Charliyan mengatakan pihaknya sangat bersyukur ribuan massa menggelar aksi sangat damai. Tidak ada sedikitpun gesekan yang terjadi di lapangan.

Selaku Kapolda Sulsel, dirinya bersama Pangdam VII Wirabuana Mayjen TNI Agus SB yang sangat bertanggungjawab dengan keamanan di daerah ini, sangat bersyukur. Pasalnya, massa betul-betul mewujudkan kedamaian, meski kabar sebelumnya tersiar jika aksi ini akan berujung ricuh.

“Kemarin kabar dari dunia barat jika aksi yang digelar 2 Desember ini bakal berujung rusuh. Tapi Alhamdulillah, umat Islam menunjukkan dimata dunia bahwa Islam itu mengutamakan silaturrahminya. Nah, inilah rahmatan lil alamiin. Polri sendiri tengah menegakkan amal ma’ruf nahi mungkar dan istitusi Polri telah tersangkakan penista agama yakni Ahok,” tutur Anton.

Untuk itu kata dia, Polri akan mengawal proses hukum seadil-adilnya. Dia menegaskan, agar rakyat tak perlu takut terhadap TNI dan Polri. Kehadiran TNI dan Polri, kata dia, melaksanakan tugasnya ikut mengawal agar tercipta kehidupan yang damai.

“Kita semua tahu bahwa kita semua diuji dan jangan sampai kita dipecah belah. Kita semua ada dalam kebersamaan dan sama-sama berjuang. Mari kita menegakkan kebaikan dengan kesabaran,” pesan Anton. (*)

 Komentar

 Terbaru

KPU Batasi Undangan Penetapan Wali Kota Makassar Terpilih
News22 Januari 2021 16:29
KPU Batasi Undangan Penetapan Wali Kota Makassar Terpilih
Seluruh pasangan calon yang ikut berkontestasi ikut diundang. Termasuk Danny-Fatma....
Listyo Jabat Kapolri, IPW: Akan ada Mutasi Besar-besaran
Lintas Info22 Januari 2021 15:27
Listyo Jabat Kapolri, IPW: Akan ada Mutasi Besar-besaran
Tidak hanya itu, Neta juga meyakini bakal ada pergantian Kapolda di sejumlah daerah....
526 CPNS di Makassar Terima SK, Rudy Berpesan untuk jadi Edukator Penanganan Covid-19
Pemerintahan22 Januari 2021 15:01
526 CPNS di Makassar Terima SK, Rudy Berpesan untuk jadi Edukator Penanganan Covid-19
Ratusan CPNS itu diketahui menyingkirkan 18.026 pelamar CPNS di Pemkot Makassar....
Penyidik Polda Metro Jaya Hentikan Kasus Dugaan Pelanggaran Prokes Raffi Ahmad
Nasional22 Januari 2021 10:14
Penyidik Polda Metro Jaya Hentikan Kasus Dugaan Pelanggaran Prokes Raffi Ahmad
Acara itu dilakukan di hall basket yang luasnya sekitar 30x20 meter persegi. Memang sebenarnya tuan rumah ini setiap tahun melaksanakan acara kegiatan...