Logo Lintasterkini

Makassar Terancam Akan Kembali ke Zona Merah

Muh Syukri
Muh Syukri

Kamis, 03 Desember 2020 14:08

ilustrasi
ilustrasi

MAKASSAR – Sebelumnya, Kota Makassar berstatus Orange. Namun kini hal itu terancam dikarenakan terjadi lonjakan kasus dalam sepekan terakhir. Diduga akibat libur panjang akhir bulan lalu. Jika berlanjut, bisa jadi kembali ke zona merah.

Menurut Guru Besar Fisika Teoretik FMIPA Universitas Hasanuddin, Prof. Tasrief Surungan pembatasan sosial adalah hal yang mutlak dilaukan. Pasalnya, karena belum adanya vaksin, pengendalian pandemik itu sepenuhnya bergantung pada pembatasan sosial, dari skala kecil hingga besar.

Sebagaimana dipahami, pada gelombang pertama, Pandemik ini terdeteksi masuk ke tanah air pada sekitar bulan Maret 2020. Beberapa bulan sebelumnya, yakni sekitar Desember 2019 wabah ini telah melanda Wuhan, China. Lalu beberapa negara Eropa pada bulan Januari-Mei, yang puncaknya sekitar Maret April.

“Gelombang ini mirip, bahkan datang lebih awal, sebab pada November tahun ini sejumlah negara Eropa sudah mulai melakukan pembatasan sosial skala besar lockdown). Contohnya, Inggris Perancis dan Jerman dan beberapa negara lain,” terang Prof. Tasrief Surungan kepada fajar.co.id, Rabu (2/12/2020).

Parahnya, lanjut Tasrief, rekor terbaru dalam penambahan jumlah kasus Covid-19 secara nasional dalam dua hari terakhir, masing-masing 5.000 kasus lebih pada 28 November dan 6.000 lebih pada 29 November jelas menunjukkan fenomena osilasi, bahkan aplitudonya (jumlahnya) semakin besar.

“Pertanyaannya tentu, apa yg harus dilakukan masyarakat (pemerintah)? Frase kuncinya, tidak boleh lengah dan tidak boleh bosan. Terutama juga, karena kita sedang masuk musim dingin (hujan),” jelasnya. (*)

 Komentar

 Terbaru

Sebelum Memperkosa, Pria di Pinrang Ancam Akan Bunuh Korbannya
Hukum & Kriminal21 April 2021 03:00
Sebelum Memperkosa, Pria di Pinrang Ancam Akan Bunuh Korbannya
"Kejadiannya pada 18 Maret 2021, di Sulili Barat Paleteang," ungkapnya melalui keterangan resminya....
Pengurus KPMP Cabang Tiroang Pinrang Resmi Dilantik
Dunia Kampus21 April 2021 02:08
Pengurus KPMP Cabang Tiroang Pinrang Resmi Dilantik
Ketua Umum PP KPMP, Abdullah Pocing berharap, jika pengurus cabang Tiroang yang telah dilantik dapat mengemban amanah organisasi dengan penuh tanggung...
Polres Soppeng Gelar Patroli Blue Light Sasar Balapan Liar
News21 April 2021 01:21
Polres Soppeng Gelar Patroli Blue Light Sasar Balapan Liar
Ada pun tujuan patroli ini, untuk menciptakan Kamseltibcar Lantas. Serta demi memberi rasa aman dan nyaman bagi masyarakat pengguna jalan....
Dana Kelurahan di Makassar Direfocusing ke Penanganan Covid-19
Bersama Melawan Covid-1920 April 2021 22:53
Dana Kelurahan di Makassar Direfocusing ke Penanganan Covid-19
Hal tersebut disampaikan Plt Kepala BPKA Makassar, Helmi Budiman kepada awak media, Selasa (20/04/2021)....