Logo Lintasterkini

8 Tips Berkendara Aman saat Banjir dan Musim Hujan, Nomor 7 Sangat Penting

Supriadi Lintas Terkini
Supriadi Lintas Terkini

Sabtu, 04 Januari 2020 23:55

Ilustrasi Berkendara Saat Musim Hujan (Foto: LintasTerkini)
Ilustrasi Berkendara Saat Musim Hujan (Foto: LintasTerkini)

‪Musim hujan telah tiba, setelah sekian lama dihadapkan dengan musim kemarau yang cukup ekstrim, akhirnya hujan turun juga. Hujan memang selalu di damba-damba oleh siapapun karena mampu membawa cuaca yang sejuk.

Namun, tidak bisa dipungkiri jika terlalu sering terjadi hujan, maka hujan bisa tidak bersahabat dengan kondisi tubuh kita dan lingkungan. Tak hanya terjadi bencana alam, tetapi juga dapat menyebabakan juga kerusakan lain seperti jalan rusak, air tergenang dan aspal licin sehingga dapat membuat celaka.

Nah, olehnya itu, agar anda berkendara lebih aman dan nyaman, silahkan simak beberapa tips untuk berkendara saat musim hujan, yang dikutip dari TMC Polda Metro Jaya berikut ini:

‪1. Periksa semua lampu kendaraan apakah semua dapat berfungsi dengan baik. Agar lampu tersebut bermanfaat membantu anda melihat di jarak pandang yang terbatas karena hujan. Nyalakan lampu utama meskipun siang hari dan hujan rintik-rintik karena membantu pengendara lain melihat kendaraan anda.

‪2. Periksa kondisi tekanan udara dalam ban dan kedalaman alur ban secara rutin minimal seminggu sekali. Kondisi tekanan ban yang cukup dan alur ban yang masih baik akan menghindari kendaraan anda melayang di atas air (aquaplaning) dan tergelincir (slip) pada saat hujan. Jangan mengambil risiko dengan menggunakan ban yang sudah tipis.

‪3. Periksa kondisi kontrol utama komponen kendaraan anda yaitu kemudi, pedal rem, gas maupun kopling apakah sudah dalam kondisi baik dan berikan perawatan extra selama musim hujan karena untuk mengantisipasi keadaan darurat atau akibat kesalahan orang lain yang dapat menyebabkan kecelakaan.

‪4. Pergunakan alas kaki yang tidak licin, tahan air dan aman untuk berkendaraan dan persiapkan juga jas hujan yang berbentuk baju dan celana karena jas hujan seperti ini lebih aman dibandingkan yang berbentuk ponco.

‪5. Kurangi kecepatan Anda dalam mengendarai kendaraan karena pada saat hujan karena permukaan jalan licin akibat dari bercampurnya oli dengan air agar ban anda tidak tergelincir (slip). Mengemudikan kendaraan dalam kodisi kecepatan rendah akan membuat alur ban kendaraan Anda lebih banyak bersentuhan langsung dengan aspal dan membuat daya cengkaram ban lebih baik.

‪6. Jaga jarak aman kendaraan Anda dengan pengendara lain karena pada saat hujan jarak aman pengereman kendaraan membutuhkan jarak yang lebih jauh daripada kondisi kering.

‪7. Jangan sembarang menerobos genangan air karena kita tidak tahu kedalamannya, ini jarang anda ketahui, hal ini bisa mengakibatakan kendaraan Anda mogok atau terperosok ke dalam lubang yang mungkin ada di dalamnya genangan air tersebut.

‪8. Apabila terjebak banjir dan kendaraan Anda mogok karena air masuk ke saluran pembuangan gas kendaraan, jangan menghidupkan mesin kembali. Lebih baik didorong ke tempat aman, karena dikhawatirkan sistem pengapian anda mengalami konsleting dan dapat membuat kendaran Anda terbakar.

Nah, gimana dengan tipsnya.? Jadi, buat Anda yang beraktifitas di luar rumah harus berhati-hati, karena keselamatan itu penting.

 Komentar

 Terbaru

Pemerintahan12 April 2024 16:17
Open House Idul Fitri Pemkab Gowa Tingkatkan Silaturahmi Masyarakat dan Pemerintah
GOWA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa kembali menggelar open house dalam rangka Idul Fitri 1445 Hijriah. Dimana kegiatan ini terakhir dilaks...
Politik12 April 2024 14:43
Menguat Kabar Istrinya Dampingi ASS Di Pilkada Gubernur, Begini Klarifikasi RMS
PINRANG — kabar yang beredar dan semakin menguat akan figur Fatmawati Rusdi yang bakal mendampingi Bakal Calon (Balon) petahana Gubernur Sulsel ...
News12 April 2024 10:10
Kepala Daerah Se-Sulsel Hadiri Open House Lebaran Pj Gubernur Bahtiar
MAKASSAR – Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, berharap agar kepala daerah se-Sulsel senantiasa menjaga silaturahmi dan kekompakan demi kesu...
Peristiwa11 April 2024 22:41
Terlibat Laka Lantas, Karyawan Indomaret Di Pinrang Dikabarkan Meninggal Dunia Di TKP
PINRANG — Kecelakaan tragis yang melibatkan seorang pengendara motor terjadi di kampung Ongkoe Kecamatan Paleteang Kabupaten Pinrang, Kamis sore...