Logo Lintasterkini

Musim Kemarau Kok Masih Ada Hujan? Ini Penjelasan BMKG

Maulana Karim
Maulana Karim

Minggu, 27 Juni 2021 13:45

Ilustrasi.
Ilustrasi.

MAKASSAR– Sejumlah wilayah di Indonesia khususnya di Sulawesi Selatan (Sulsel) diguyur hujan beberapa hari belakangan ini.

Padahal, bulan April atau selambat-lambatnya pada Mei umumnya di wilayah di Indonesia sudah memasuki musim kemarau. Namun, pada Minggu terakhir Juni ini, terjadi hujan di beberapa daerah.

Prakirawan Badan Metereologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Wilayah IV Makassar, Siti Nurhayati Hamzah mengatakan bahwa fenomena ini adanya hujan di musim kemarau masih dalam dikategorikan normal.

” Untuk wilayah Sulsel musim kemarau dimulai Mei. Adapun kejadian hujan di musim kemarau merupakan hal biasa.
Ini masih kategori normal, musim kemarau bukan berarti tidak ada hujan,” ucap Siti Nurhayati Hamzah saat
dikonfirmasi via sambung Whatsapp, Ahad (27/6/2021).

Ia menjelaskan, bahwa turunnya hujan di musim kemarau hanya dipengaruhi oleh kondisi lokal, tidak ada pengaruh atau fenomena global.

Apalagi, menurut dia, bahwa intensitas hujannya tidak terus menerus, tidak deras, tidak disertai angin kencang dan gelombang tinggi.

“Tidak ada fenomena lain yang mempengaruhi, itu cuma pengaruh lokal saja yang menyebabkan hujan-hujan sekarang terjadi,” tuturnya.

Nurhayati menyebut, bahwa pekan depan, masih ada perkiraan hujan di wilayah Sulsel. Meski kondisi iklim di tiap wilayah berbeda, kata dia, hanya Sulsel bagian utara yang diprediksi diguyur hujan dengan intensitas tinggi, seperti Malili, Belopa, dan Masamba.

“Hampir semuanya terjadi hujan pekan depan, cuman di bagian utara yang agak lebih tinggi intensitasnya di Sulsel,” katanya.

Berikut perkiraan cuaca untuk wilayah Sulsel hari ini, Ahad (27/6/2021).

Pagi Hari berawan, hujan ringan di wilayah Pare-pare, Barru, Watang Soppeng, Sengkang, Maros, Makassar, Gowa, Takalar, Jeneponto, Bantaeng, Watampone, Sinjai, Bulukumba, dan Selayar.

Siang/sore cerah berawan, berpotensi hujan ringan di wilayah Malili, Masamba, Belopa, Enrekang, Watampone, Sinjai.

Malam hari berawan, berpotensi hujan ringan di Masamba, Belopa, Sengkang, Watampone, Sinjai, Bulukumba, dan Selayar.(*)

Penulis : Mul

 Komentar

 Terbaru

Bersama Melawan Covid-1930 Juli 2021 00:02
Sinergitas dengan Kampus, Kapolrestabes Makassar Ajak Mahasiswa Vaksin
Witnu juga menambahkan bahwa semoga vaksin yang disalurkan untuk mahasiswa STMIK Handayani akan mencover sehingga tidak mudah untuk terpapar pandemi c...
Hukum & Kriminal29 Juli 2021 23:48
Polda Sulsel Akhirnya Tetapkan Tersangka Kasus Dugaan Korupsi RS Batua Makassar
MAKASSAR– Kasus dugaan korupsi proyek RS Batua Makassar terus berlanjut dalam penyelidikan polisi. Kali ini, Kepolisian Daerah (Polda) Sulsel ki...
News29 Juli 2021 23:09
Plt Gubernur Apresiasi Kakek 67 Tahun di Makassar yang Bersepeda Belasan Kilo demi Vaksinasi
MAKASSAR– Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, menemui seorang kakek yang rela bersepeda untuk mendapatkan vaksin. Perjuangannya diapres...
News29 Juli 2021 22:53
Wali Kota Makassar Bakal Naikkan Insentif Satgas Pengangkut Jenazah Corona
MAKASSAR– Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan (Danny) Pomanto akan menaikkan insentif tim satgas pengangkut jenazah covid-19. Tingginya kasus kemati...