Logo Lintasterkini

Stikes Stella Maris Makassar Tolak 70 Calon Maba

Abdul Gaffar Mattola
Abdul Gaffar Mattola

Selasa, 04 September 2018 21:00

Stikes Stella Maris Makassar.
Stikes Stella Maris Makassar.

MAKASSAR – Penerimaan mahasiswa baru (maba) Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) Stella Maris Makassar tahun akademik 2018 tercatat sebanyak 220 orang pendaftar. Dari jumlah itu, sebanyak 70 orang calon maba tersebut ditolak.

Hal itu dikatakan Wakil Ketua II Stikes Stella Maris Makassar, Rosdewi, S.Kp, MSN kepada media, Senin (3/9/2018) pada acara Bimtek Jurnal yang digelar LLDIKTI di Makasar. Dijelaskan, penolakan calon mahasiswa baru itu dilakukan hampir setiap tahun ajaran baru.

“Penolakan calon maba salah satu diantaranya karena syarat tinggi badan serta tidak lolos tes yang diselenggarakan pihak kampus,” tandas Sarjana Keperawatan UI Jakarta ini.

Selain itu, fakor rasio dosen dan mahasiswa serta sarana dan prasana infrastruktur kampus yang tidak mampu menampung. Ia mengatakan, proses pembelajaran di kampus berjalan sesuai regulasi, tiap tahun alumni yang lolos uji kompetennsi antara 70- 80 persen.

“Angka itu termasuk tinggi dan selalu bersaing dengan Keperawatan Unhas,” kata wanita kelahiran Medan 6 September 1970 ini.

Ia menambahkan, Kampus Stikes Stella Maris ini mengelola tiga prodi yakni D3 Keprawataan, S1 Keperawatan dan Profesi Ners. Untuk tahun 2018 karena peminat D3 Keperawatan mulai menurun, maka kebijakan kampus tidak menerima lagi maba dan mengarahkan yang memilih prodi D3 Keperawatan untuk memilih S1 Keperawatan.

“Dua prodi yang dikelola S1 Keperawatan dan Profesi Ners telah mendapat areditasi dengan nilai B dari BAN-PT,” ungkap Magister Keperawatan PPs-ST. Paul Universitay Philipina ini.

Menurut pengakuan Rosdewi, alumni yang dihasilkan Stikes Stella Maris ini jarang yang menganggur karena langsung terserap pada lapangan kerja. Selain itu, alumni sebagian langsung direkrut pada jaringan rumah sakit yang dikelola Yayasan Ratna Meriam yang tersebar pada 12 rumah sakit di Sulawesi.

“Alumni Juga terserap karena ada tawaran dari pihak RS Mitra Jakarta serta rumah sakit dan pusat pelayanan kesehatan lainnya,” papar Rosdewi. (*)

 Komentar

 Terbaru

News02 Mei 2024 20:24
Tim Surveyor Akreditasi Lafkespri Berkunjung di Klinik Firanum Medika
MAKASSAR – Tim Surveyor Akreditasi Lafkespri berkunjung di Klinik Firanum Medika di Jl Emmy Saelan, Kecamatan Sinjai Utara, Kabupaten Sinjai. Ku...
Pendidikan02 Mei 2024 16:13
PLN Icon Plus Semarakkan Hardiknas 2024 di SMK-SMTI Makassar
MAKASSAR – PLN Icon Plus SBU Regional Sulawesi & IBT memeriahkan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2024 dengan menyelenggarakan berbagai kegi...
Pendidikan02 Mei 2024 15:52
20.200 Mahasiswa Baru Unhas Ikuti Seleksi UTBK
MAKASSAR – Dalam rangka seleksi nasional, Universitas Hasanuddin (Unhas) kembali menggelar Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dengan semangat ...
News02 Mei 2024 13:05
Wali Kota Makassar Apresiasi Implementasi 18 Revolusi Pendidikan
MAKASSAR – Wali Kota Makassar, Moh. Ramdhan “Danny” Pomanto, mengapresiasi konten 18 Revolusi Pendidikan di Makassar yang merupakan ...